Daftar 6 Pondok Pesantren di Purwokerto untuk Menuntut Ilmu

by -541 views
pondok pesantren di purwokerto

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang bisa Anda pilih untuk tempat menuntut ilmu putra putri. Keunggulan dari lembaga ini adalah porsi pendidikan agama Islam yang lebih banyak daripada sekolah biasa. Ada banyak sekali pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Purwokerto. Pondok pesantren di Purwokerto pun memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja ponpes tersebut?

6 Pondok Pesantren di Purwokerto yang Bisa Anda Ketahui

Apabila Anda ingin menyekolahkan putra putri ke pondok yang ada di Purwokerto, inilah daftar pondok pesantren yang bisa Anda pilih:

1. Pondok Pesantren At Thohiriyah Karangsalam

pondok pesantren di purwokerto
(sumber gambar: thohiriyyah.com)

Ponpes pertama yang ada di Purwokerto adalah At Thohiriyah yang berlokasi di daerah Karangsalam. Bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya, ponpes ini tentu sudah cukup populer karena kualitasnya. Salah satu ciri khas yang mencolok dari pondok ini adalah aspek hafalan Al-Qur’annya yang bagus. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Kyai yang ada di Pondok Pesantren At Thohiriyah, yaitu Toha Alawiy adalah seorang Hafidz Qur’an.

Atas alasan itulah tidak heran jika ponpes ini sangat terkenal dengan aspek hafalan tersebut. Selain itu, kegiatan para santri pun juga sangat erat dengan Al-Qur’an dan seolah menjadi nyawa di ponpes ini. Setelah subuh selesai santri akan lanjut untuk tartilan Al-Qur’an. Bagi yang sudah hafal, maka akan menjalani sima’an.

Pada sore hari, santri pun akan lanjut untuk mengaji dan selepas maghrib sampai malam hari pun demikian. Selain itu, ponpes ini juga memiliki madrasah diniyah yang selalu memulai pembelajaran pada pukul 8 malam. Sementara untuk pendidikan yang sifatnya formal akan berjalan pada pagi siang hari sampai sore hari.

Lokasi: Jalan K.S. Tubun, RT 03 RW 05, Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Dusun II, Karangsalam Kidul, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

2. Pondok Pesantren Darul Abror

Pondok pesantren di Purwokerto selanjutnya adalah Darul Abror yang terletak di daerarh Purwanegara. Untuk ponpes yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya karena sudah berdiri sejak tahun 1997. Pendirinya sendiri adalah K.H Taufiqurrahman bersama dengan tokoh masyarakat.

Disini Anda bisa mendapatkan pendidikan agama Islam dengan baik dan juga komprehensif. Selain itu, ponpes ini juga sangat dekat dengan kehidupan masyarakat karena sering menjadi tempat berkumpulnya masyarakat tiap ada kegiatan yang penting. Seperti contohnya kegiatan pengajian ibu-ibu sekitar, yasinan untuk bapak-bapak, pendidikan kitab klasik bagi masyarakat, dan ada pula Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPQ.

Lokasi: Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53127

3. Pondok Pesantren API Al-Hidayah

pondok pesantren di purwokerto
(sumber gambar: smk-alkautsar.sch.id)

Selanjutnya ada ponpes API Al-Hidayah yang terletak di daerah Purwanegara. Tidak hanya pendidikan agama Islam, para santri yang menuntut ilmu disini juga bisa mendapatkan pendidikan formal. Mereka bisa bersekolah di SMK Al Kautsar. Sementara untuk pendidikan non formal, santri akan mendapatkan pelajaran dari madrasah diniyyah.

Kajian yang akan santri dapatkan adalah dari Kitab Salaf. Dimana santri akan mendapatkan metode pengajaran yang bervariasi, seperti contohnya sorogan dan pengajian badongan. Dengan adanya pendidikan formal dan non formal, maka santri bisa mendapatkan porsi ilmu yang imbang dan maksimal.

Lokasi: Purwojati, Kec. Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53175

4. Pesantren Darussalam Purwokerto

Pondok pesantren di Purwokerto selanjutnya adalah Pesantren Darussalam yang terletak di daerah Dukuhwaluh. Dari usia, memang ponpes ini masih terbilang baru karena baru saja berdiri di tahun 2003 silam. Akan tetapi, ponpes ini sudah berhasil mendapatkan popularitas yang sangat baik dan memiliki perkembangan yang baik. Bahkan orang nomor 1 di Indonesia, yaitu Presiden Joko Widodo pun sudah pernah berkunjung ke pondok ini.

Jika menuntut ilmu di ponpes ini, maka santri akan mendapatkan 3 (tiga) pilihan fokus pendidikan. Pendidikan pertama adalah untuk pembelajaran kitab klasik dimana bisa memberikan kesempatan santri untuk memperdalam ilmu Islam. Fokus pendidikan kedua adalah memperdalam bahasa asing seperti Inggris maupun Arab. Dengan pendidikan ini, santri bisa memiliki ketrampilan dan skill mumpuni untuk menghadapi persaingan di masa depan.

Fokus pendidikan yang ketiga adalah tahfidz Qur’an yang bertujuan untuk membentuk santri hafal Al-Qur’an. Khusus untuk fokus pendidikan yang ketiga ini santri akan ditempatkan di gedung yang berbeda agar tidak campur dengan santri lain. Tujuannya supaya lebih fokus dalam menghafal Al-Qur’an dan bisa mencapa target yang ada. Selain ketiga fokus ini, ponpes ini juga sedikit berbeda dengan pondok lainnya.

Jika biasanya ponpes membatasi penggunaan ponsel, maka disini santri boleh membawa smartphone mereka. Akan tetapi, tetap ada pengawasan yang sangat ketat. Boleh membawa ponsel ini bertujuan agar santri memiliki ketrampilan yang baik juga dalam segi teknologi. Karena menggabungkan pendidikan modern dan tradisional, tidak heran jika ponpes ini tergolong populer di Purwokerto.

Lokasi: Jalan Sunan Bonang, Dusun I, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

5. Pesantren Khusus Putri Al Jamil

Jika Anda ingin memasukkan putri tercinta ke ponpes, maka pesantren khusus putri Al Jamil bisa menjadi pilihan yang tepat. Nama Al Jamil sendiri berasal dari nama pendirinya, yaitu K.H Abdul Jamil. Pembangunan pesantren ini juga tergolong sudah lama bahkan sebelum Indonesia merdeka. Tidak heran jika popularitasnya sudah sangat terkenal bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

Berlokasi di daerah Purwokerto Timur, santri yang masuk ke pondok ini berasal dari banyak daerah. Bahkan tidak sedikit pula yang berasal dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Disini para santri akan mendapatkan pendidikan formal dan juga non formal. Untuk pendidikan formal, tersedia MTs dan juga Madrasah Aliyah. Sementara untuk pendidikan non formal berfokus pada pembelajaran kitab kunung.

Saat memasuki bulan Ramadhan, kajian Al-Qur’an pun menjadi diperbanyak sehingga santri bisa lebih fokus untuk beribadah di bulan yang suci dan penuh dengan berkah. Karena memiliki pendidikan yang lengkap dan berimbang sekaligus menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk santri, tidak heran jika ponpes ini sangatlah ramai.

Lokasi: Jalan KH. Abdul Jamil, Kepetek, Mersi, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

6. Pesantren Mahasiswa Al Amin

Pondok pesantren di Purwokerto selanjutnya adalah Pesantren Mahasiswa Al Amin. Nama Al Amin sendiri diambil dari nama sosok yang berjasa dalam pendiriannya, yaitu Siti Aminah. Sejak mulai berdiri di tahun 1994 sampai saat ini, ponpes ini sudah sangat berkembang dengan pesat hingga memiliki jumlah santri sebanyak 300 an yang berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Memiliki nama mahasiswa bukanlah tanpa alasan. Ponpes ini memiliki banyak penghuni santri yang sudah berstatus sebagai mahasiswa. Alasan ini juga yang membuat isi pendidikan di ponpes ini sudah disesuaikan dengan materi pendidikan untuk para santri yang dewasa. Di ponpes ini, santri akan mempelajari banyak sekali jenis kitab klasik.

Berbagai kitab tersebut adalah Hidayatus Sibyan, Kitab Aqidatul Awam, Mabadi Fiqih, dan lain sebagainya. Dengan pendidikan agama Islam yang berdasarkan kitab klasik, ponpes ini memiliki tujuan gar para santrinya memiliki ilmu agama yang kuat dan mendasar untuk bekal kehidupan mereka di masa depan.

Lokasi: Jalan H.R Benyamin Gn. Sindoro, No 13A, Pabuwaran, Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Itulah daftar pondok pesantren di Purwokerto yang bisa Anda pilih untuk menuntut ilmu. Pada dasarnya, setiap pesantren ini memiliki sistem yang berbeda dari segi materi pembelajaran. Nantinya tinggal Anda sesuaikan saja dengan preferensi dan ilmu yang Anda ingin tekuni. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi menuntut ilmu yang baik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.