Rekomendasi 9 Pondok Pesantren Gratis di Cilacap dengan Pendidikan Terbaik

oleh -61 views
Pondok pesantren gratis di Cilacap
(Sumber gambar : liputan6.com)

Mencari pondok pesantren gratis di Cilacap merupakan pilihan terbaik agar tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Alternatif lain yang dapat para orang tua pilih adalah mencari pondok pesantren di Cilacap dengan biaya terjangkau.

Tentukan pilihan tepat dengan memilih pondok pesantren gratis dan harga terjangkau di Cilacap yang menyediakan pembelajaran terbaik. Simak ulasan berikut ini rekomendasi pondok pesantren gratis serta terjangkau di Cilacap.

Daftar Pondok Pesantren Gratis di Cilacap dan Murah

Cilacap merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pondok pesantren dengan pembelajaran berkualitas. Tak hanya itu saja, biaya pesantren di Cilacap terbilan terjangkau, bahkan gratis. Berikut ini daftar pondok pesantren gratis di Cilacap serta biayanya terjangkau.

1. Pondok Pesantren Al Hidayah Kroya

Rekomendasi pondok pesantren gratis di Cilacap serta biaya murah adalah Al Hidayah Kroya. Pondok pesantren ini beralamat di Jalan Merak No.24, Rumput, Bajing Kulon, Kec. Kroya, Kabupaten Cilacap.

Al Hidayah Kroya merupakan pesantren rintisan KH. Muhammad Minhajul Adzkiya’. Mulanya pondok pesantren yang berada di sebelah Selatan stasiun Kroya ini hanya menampung pesantren putra.

Pesantren ini terdiri dari 2 asrama yang terbagi menjadi beberapa kamar untuk menampung sekitar 200 orang santri. Selain itu, ada mushola kecil untuk mengaji bersama para santri.

Saat ini, pondok pesantren Al Hidayah Kroya hanya menampung santri putri dari jenjang pendidikan setingkat SD/SMP/SMA/SMK. Pesantren ini memiliki 5 jenjang pendidikan dan mempelajari berbagai kitab dari ulama salaf.

2. Pondok Pesantren Gratis di Cilacap Al Fatah Maos

Pondok pesantren gratis di Cilacap
(Sumber gambar : minanews.net)

Al Fatah Maos merupakan pilihan berikutnya pondok pesantren gratis di Cilacap beserta harganya terjangkau. Pesantren yang berdiri sejak tahun 1978 ini menggunakan kurikulum berbasis pendidikan islami berasrama.

Setiap santri wajib menempuh pendidikan berbasis integral asrama selama enam tahun penuh. Pondok Al Fatah Maos juga memadukan 4 jenis kurikulum berbasis islami dan modern.

Kurikulum tersebut dari kementerian agama, pesantren modern, serta ilmu dan tahfidz Al-Qur’an. Al Fatah Maos membimbing setiap santrinya untuk mendalami ilmu tentang agama islam dari sumber aslinya.

Penerapan empat kurikulum tersebut bertujuan untuk memudahkan pesantren dalam mencapai visi dan misi pesantren. Pondok pesantren Al Fatah Maos memiliki tujuan untuk menghasilkan santri yang memiliki ilmu pengetahuan mumpuni serta berakhlak mulia sesuai ajaran islam.

3. Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten

Bagi orang tua yang sedang mencari pondok pesantren gratis di Cilacap atau biaya terjangkau, maka Darul Qurro Kawunganten merupakan pilihan tepat. Pondok pesantren yang telah ada sejak tahun 1992 ini telah menggunakan sistem pengajaran modern, sehingga anak Anda tidak akan ketinggalan zaman.

Pesantren Darul Quro menyajikan pendidikan seimbang antara ilmu pengetahuan dan keislaman. Darul Qubro memberikan penguatan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan kepada para santri.

Selain mengajarkan ilmu keagamaan yang mendasar, pesantren ini juga memiliki fasilitas pendidikan formal berisi pembelajaran umum. Metode pendidikan formal di pesantren ini adalah mengajarkan ilmu yang sesuai dengan perkembangan saat ini.

Sementara pendidikan non formal berupa Madrasah Diniyah sebagai sarana para santri untuk mengaji kitab-kitab. Penerapan metode tersebut bertujuan untuk menghasilkan santri yang fleksibel sesuai dengan tuntutan hidup saat ini.

4. Pondok Pesantren Gratis di Cilacap Al-Ihya Ulumaddin

Rekomendasi pondok pesantren gratis di Cilacap dan terjangkau lainnya, yaitu Al-Ihya Ulumaddin. Pondok pesantren ini menyediakan pendidikan formal dengan beberapa jenjang, mulai dari TK, MI, SLTP, SMU, MA, SMA Telkom, dan Institut Islam Al Ghazali.

Ada juga pendidikan non formal berupa pengajian Jum’at Kliwon, Pengajian selasaan setiap satu minggu sekali, dan madrasah diniyah. Selain itu, ada juga beberapa lembaga binaan, yaitu pusat informasi pesantren.

Pondok pesantren Al-Ihya Ulumaddin juga membentuk forum kajian ilmiah keagamaan. Ada juga penerbitan buletin berkala dan pengelolaan mading untuk menyajikan informasi kepada para santri.

5. Pondok Pesantren Mahasiswa Dewasa Imam Syafi’i

Bagi Anda yang sedang mencari pondok pesantren gratis di Cilacap dan biaya murah untuk usia dewasa, maka MAIS bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Pondok pesantren ini menerima santri yang telah lulus dari SMA.

Santri yang tinggal di pondok pesantren mahasiswa dewasa Imam Syafi’i wajib mengikuti pembelajaran selama 6 semester bidang keilmuan yang akan santri dalami, antara lain Bahasa Arab, Qur’an, Hadits, dan Tauhid.

Pondok pesantren yang telah ada sejak tahun 1995 ini hanya mampu menampung 25 santri saja. Pesantren ini menargetkan para santrinya memiliki jiwa kemandirian, mampu berdakwah untuk menyebarkan islam dengan baik, serta memiliki kemampuan Bahasa Arab mumpuni. Selain itu, pesantren juga menyiapkan para santri untuk bisa menjadi penghafal Al Qur’an.

6. Pondok Pesantren Modern Nurul Ihsan Jeruklegi Cilacap

Pondok pesantren gratis di Cilacap yang harganya terjangkau ini masih tergolong baru karena berdiri sejak 2006 lalu. Pesantren Nurul Ihsan Jeruklegi memiliki banyak pilihan bidang ilmu yang bisa para santri dalami, terutama berkaitan dengan tahfidz Qur’an.

Pilihan program menghafal Al Quran yang ada di pesantren Nurul Ihsan Jeruklegi sangat bervariasi. Salah satu program unik di pesantren ini adalah menghafal sembari bekerja.

Ada juga program menghafal 30 juz AL Quran hanya dalam jangka waktu 6 bulan saja. Lalu, pesantren ini juga menyediakan program melancarkan hafalan 30 juz. Pesantren modern Nurul Ihsan Jeruklegi, Cilacap memang memiliki program khusus untuk menghafalkan Al Quran.

7. Pesantren Tahfidz Quran Tarbiyatul Aulad

Pondok pesantren gratis di Cilacap
(Sumber gambar : pptacilacap.files.wordpress.com)

Pilihan berikutnya pondok pesantren gratis di Cilacap serta biaya terjangkau adalah Tahfidz Quran Tarbiyatul Aulad. Sesuai dengan namanya, pondok pesantren ini memiliki pendidikan tahfidz atau menghafal Al Qur’an dengan target 30 juz.

Tarbiyatul Aulad merupakan salah satu pesantren terbaik di Cilacap karena memiliki pendidikan formal dan khataman bersama. Tak hanya itu saja, pesantren ini juga menyediakan banyak kegiatan ekstrakulikuler yang tidak akan membuat anak bosan.

Pondok pesantren ini gratis bagi anak yang sudah yatim piatu dan ingin menghafalkan Al Quran. Sementara bagi santri biasa, biaya untuk menempuh pendidikan di pesantren ini sangat terjangkau. Setiap santri akan mendapatkan fasilitas asrama dan makan sebanyak tiga kali sehari.

8. Pondok Pesantren Gratis di Cilacap Al-Barokah Kawunganten

Pondok pesantren gratis di Cilacap dengan biaya ekonomis selanjutnya, yaitu Al Barokah Kawunganten. Pesantren salafiyyah ini telah berdiri sejak 1963 oleh Syaikh Mas’ud yang merupakan ulama’ dengan ilmu tinggi di bidang fiqih.

Syaikh Mas’ud mendirikan pesantren ini dengan tujuan memajukan agama islam serta mengajak santri memperdalam ilmu fiqih. Pondok pesantren AL Barokah Kawunganten mengajak santri untuk memahami Aswaja yang menjadi ciri khas NU.

Tak hanya itu saja, pesantren ini juga mengajarkan berbagai kitab dengan metode tradisional. Santri juga bisa mendapatkan pendidikan formal dengan jenjang pendidikan MTs dan MA.

Fasilitas pendidikan tersebut membuat para santri memiliki pengetahuan seimbang antara akademik dan ilmu keislaman. Para santri juga bisa memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan keinginannya.

9. Pondok Pesantren Miftahul Huda Majenang

Rekomendasi pondok pesantren gratis di Cilacap yang biaya perbulannya murah, yaitu Miftahul Huda Majenang. Masyarakat sekitar lebih mengenal pondok pesantren ini dengan nama cigaru.

Miftahul Huda Majenang sendiri sangat familiar di kalangan masyarakat Cilacap dan sekitarnya karena termasuk pondok pesantren tertua yang sudah berdiri semenjak puluhan tahun lalu,

Anda tidak perlu ragu jika ingin memasukkan anak ke pondok pesantren ini, sebab fasilitasnya sangat lengkap. Para santri akan mendapatkan pendidikan formal dari berbagai tingkatan, mulai dari MI, MTs, MA dan Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri.

Selain itu, para santri juga akan belajar mendalami ilmu agama islam beserta kitab lainnya. Pesantren ini memiliki visi menjadi ponpes terdepan untuk membimbing santri menjad pribadi yang memiliki wawasan luas dan akhlak mulia.

Setiap santri akan mendapatkan bimbingan agar menjadi pribadi profesional sesuai dengan perubahan zaman. Santri di pondok pesantren Miftahul Huda Majenang juga mempelajari mengenai kitab kuning serta pengembangan Bahasa Arab.

Beberapa rekomendasi pondok pesantren gratis di Cilacap tersebut bisa menjadi pilihan para orang tua jika menginginkan anaknya mendalami agama islam. Orang tua bisa memilih pondok pesantren yang mengajarkan ilmu agama islam serta memberikan pendidikan akademis modern sesuai tuntutan zaman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.