Catat! Ini Resep Dawet Ayu Banjarnegara Lengkap dan Otentik

oleh -163 views
resep dawet ayu banjarnegara

Salah satu minuman khas yang sangat populer di Indonesia adalah Dawet Ayu. Minuman ini berasal dari Kabupaten Banjarnegara dan identik dengan rasanya yang legit serta manis. Resep dawet ayu Banjarnegara sendiri terbilang sederhana sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Lalu, seperti apa resepnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Resep Dawet Ayu Banjarnegara Lengkap

resep dawet ayu banjarnegara
(sumber gambar: detik.net.id)

Untuk membuat minuman ini, Anda tidak membutuhkan terlalu banyak bahan. Teknik pembuatannya sendiri tidak terlalu sulit. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 sampai 45 menit tergantung dari jumlah dawet yang Anda buat. Semakin banyak, maka waktunya semakin lama. Berikut resep lengkap dawet ayu:

1. Bahan Utama Dawet

Ada beberapa bahan utama yang harus Anda siapkan, diantaranya adalah:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 250 gram tepung beras
  • es batu secukupnya (bisa diserut atau utuh)
  • 100 ml air sari daun pandan
  • 600 ml air matang

2. Bahan Kuah Santan

Setelah mempersiapkan bahan utama dawet, Anda pun harus menyiapkan bahan kuah santan. Tidak terlalu banyak komponen yang harus disiapkan. Diantaranya adalah:

  • 3 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 liter santan dari kelapa murni

3. Bahan Larutan Gula Merah

Selain pemanis, Anda juga membutuhkan larutan gula merah. Berikut bahan yang harus Anda siapkan:

  • 250 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 500 gram gula aren sisir

4. Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan. Anda tidak membutuhkan teknik yang sulit saat membuat dawet ayu. Karena memang minuman ini terbilang sederhana. Berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

a. Membuat Dawet

  1. Pertama, silahkan campurkan semua bahan dawet. Mulai dari daun pandan, air, tepung tapioka, dan juga tepung beras. Aduk rata semua bahan tersebut kemudian rebus sampai teksturnya berubah jadi kental
  2. Sembari menunggu dawet matang, silahkan siapkan sebuah wadah atau baskom bersih dan isi menggunakan es batu dan air dingin
  3. Apabila adonan dawet sudah mengental, maka silahkan cetak dawet ayu tersebut. Untuk mencetak, Anda bisa menggunakan cetakan dawet agar prosesnya lebih cepat. Tapi jika tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan piping bag atau plastik kemudian Anda pencet dan gunting kecil-kecil
  4. Cetak dawet ayu dan langsung masukkan pada wadah yang sudah berisi air dingin. Tujuannya agar tekstur dawet bisa kenyal
  5. Lakukan pencetakan dawet sampai semua adonannya habis.

b. Membuat Santan

  1. Rebus santan dan campurkan dengan daun pandan serta garam. Rebus sampai larutannya mendidih. Sebagai catatan, pastikan untuk selalu mengaduk santan supaya larutannya nanti tidak pecah
  2. Apabila sudah mendidih, maka matikan api kemudian sisihkan larutan santan lebih dulu

c. Membuat Larutan Gula Merah

  1. Pertama, silahkan rebus air, gula pasir, dan gula merah sampai benar-benar mendidih
  2. Selama merebus jangan lupa aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan gula yang masih mengendap
  3. Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu

d. Cara Penyajian

Apabila semua komponen resep dawet ayu Banjarnegara sudah Anda buat, maka saatnya untuk menyajikan. Untuk menyajikannya, silahkan siapkan sebuah gelas atau mangkuk kecil. Jika sudah, silahkan masukkan es batu terlebih dahulu. Kemudian tambahkan dawet dan larutan santan. Terakhir, siram dengan larutan gula merah dan sajikan!

Beberapa Tips Tambahan

Meski resep dawet ayu Banjarnegara terbilang mudah untuk Anda buat, namun ada beberapa tips memasak yang bisa Anda perhatikan. Tips ini bermanfaat agar hasil dawet yang Anda buat bisa lebih maksimal dan memiliki rasa yang otentik. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

  1. Saat memasak adonan dawet, gunakan api yang kecil dan pastikan selalu mengaduk adonannya sampai benar-benar tercampur dengan rata. Masak sampai teksturnya molor namun tidak putus saat diangkat. Selain itu, pastikan bahwa warna adonan dawetnya sudah terlihat mengkilap
  2. Perlu Anda ingat juga bahwa saat memasak adonan, jangan sekali-kali meninggalkanya di atas api tanpa ada yang mengaduk ya. Sebab, adonan tepung bisa jadi bergumpal dan kasar meskipun Anda tinggal sebentar saja. Jadi memang butuh effort ekstra untuk memasak adonannya
  3. Untuk memastikan adonan dawet matang dan siap cetak, silahkan cium aromanya. Jika tidak berbau tepung dan teksturnya sudah pas, maka barulah adonan siap untuk Anda cetak
  4. Apabila Anda hanya membuat resep dawet ayu Banjarnegara untuk konsumsi sendiri di rumah, maka tidak perlu menggunakan tambahan bahan apapun. Khususnya untuk menambah dan mengawetkan tekstur kenyalnya. Akan tetapi, jika membuat dawet untuk kebutuhan dijual lagi, maka Anda bisa menambahkan bahan pengenyal. Tujuannya agar dawet tidak mudah hancur dan lebih enak teksturnya ketika Anda makan. Jenis pengenyal yang bisa Anda pakai adalah Soda ASH yang layak konsumsi. Untuk tiap 1 kilogram adonan, Anda bisa menambahkan soda ASH ini sebanyak 1 sdt saja.

Rekomendasi Kedai Dawet Ayu Enak di Banjarnegara

resep dawet ayu banjarnegara
(sumber gambar: tribunnews.com)

Setelah melihat resep lengkap dawet ayu Banjarnegara, maka ketika Anda ke daerah ini sempatkan juga untuk mencicipi dawet ayu asli. Ada beberapa kedai dawet terbaik yang wajib Anda kunjungi saat ke Banjarnegara. Inilah rekomendasinya:

1. Dawet Ayu Mbak Neneng

Dawet ayu di kedai Mbak Neneng terkenal akan rasa manisnya yang legit dan juga otentik. Rasa yang khas ini berasal dari cara penyajian yang masih tradisional dengan menggunakan mangkuk tanah liat. Selain itu, rasa manis legitnya juga berasal dari campuran juruh atau larutan gula merah yang berbeda dengan kedai dawet lain. Di kedai Mbak Neneng, juruhnya menggunakan cincangan buah durian.

Buah durian cincang inilah yang membuat rasa larutan gula jadi lebih legit dan manis, namun tidak membuat eneg. Jika Anda bukan pecinta duria, ada varian dawet original yang larutan gulanya tanpa durian. Harganya pun sangat murah meriah, hanya 5 ribu rupiah per mangkuknya. Untuk membelinya, Anda bisa datang ke seberang Kantor Pos Purwonegoro atau dekat dengan BRI Cabang Purwonegoro.

2. Dawet Ayu Hj.Munadjo

Kedai dawet ayu yang satu ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1945. Namanya adalah Dawet Ayu Hj. Munardjo. Lokasinya sendiri ada di Jalan Dipayuda, Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah. Saat berkunjung kesini, Anda bisa memilih 3 (tiga) varian dawet yang berbeda. Mulai dari dawet original seharga 7 ribu, dawet topping durian seharga 10 ribu, dan dawet topping nangka seharga 8 ribu.

Semuanya enak dan sangat otentik untuk Anda nikmati, bahkan untuk variasi originalnya. Akan tetapi, jika Anda adalah pecinta buah nangka dan durian, maka 2 variasi lain dawet ini sangat wajib Anda cicipi. Sangat legit dan menawarkan rasa es dawet yang sangat lezat. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan es dawet dengan rasa yang sangat otentik dan legendaris.

3. Dawet Ayu Indonesia Power

Nama Indonesia Power sendiri berasal dari nama PT yang terletak tidak jauh dari kedai dawet ini. Lokasinya memang berada di Jalan Raya Banyumar No. KM 8 sepanjang lingkungan PT. Indonesia Power UP Mrica. Saat datang ke daerah ini Anda bisa melihat banyak penjual dawet ayu berjejer. Tinggal pilih saja sesuka hati.

Meski memilih sesuka hati, namun mayoritas rasa dawet ayu di daerah ini memiliki karakter yang sama. Rasa dawetnya manis namun juga ada rasa gurih yang cukup dominan. Asal dari rasa gurih ini adalah dari santan yang digunakan lebih kental dan pekat. Satu gelas dawet hanya 5 ribu rupiah saja.

4. Dawet Ayu Kang Jamil

Terakhir adalah kedai dawet ayu Kang Jamil yang berada di daerah Pasar Mandiraja. Tidak jauh dari RS PKU Muhammadiyah Banjarnegara. Nah, untuk dawet ayu ini menawarkan rasa dawet yang manis dan juga legit. Untuk varian original, Anda bisa merasakan rasa otentik dawet dengan lebih asli. Hanya saja, ada variasi lain yang bisa dicoba, yaitu dawet spesial.

Untuk dawet spesial, ada 1 sendok daging durian yang diletakkan pada dawet ayunya. Ini membuat sensasi manis dan legit lebih terasa. Untuk dawwet ori harganya adalah 6 ribu rupiah. Sementara untuk dawet spesial, harganya adalah 12 ribu rupiah. Sangat terjangkau sekali bukan?

Nah, itulah resep dawet ayu Banjarnegara sekaligus rekomendasi kedai yang bisa Anda kunjungi. Pastikan menyempatkan diri untuk mencoba sendiri resep otentik ini ya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.