Catat! Ini Resep Kupat Tahu Banyumas Otentik Pasti Enak

by -100 views
resep kupat tahu banyumas

Banyumas memiliki banyak sekali ragam kuliner yang lezat dan juga menggugah selera. Mulai dari soto sokaraja, kraca, templek, gethuk goreng, hingga kupat tahu. Kupat tahu terkenal akan rasanya yang legit dan juga kaya akan rempah. Anda pun bisa menjumpai penjual kupat tahu dengan mudah saat ke Banyumas. Nah kalau kebetulan Anda ingin membuat sendiri masakan ini, resep kupat tahu Banyumas berikut bisa jadi referensi.

Resep Kupat Tahu Banyumas Otentik

resep kupat tahu banyumas
sumber gambar: solopos.com

Kupat tahu Banyumas pada dasarnya adalah sebuah hidangan berkuah dengan rasa yang gurih dan sedikit manis. Isi dari hidangan ini terbilang sederhana, mulai dari irisan kol, tauge, tahu goreng, ketupat, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk kuahnya terbuat dari gula jawa cair yang didalamnya terdapat cabe, kecap, bawang putih, dan juga gula jawa.

Dari segi isi memang hidangan ini terlihat sederhana saja. Akan tetapi, rasanya sangat nikmat apalagi jika Anda sajikan dalam keadaan hangat. Biasanya kupat tahu ini juga bisa Anda pesan sesuai tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Bisa tidak pedas, sedang, hingga sangat pedas. Untuk pelengkap, biasanya banyak orang yang mengonsumsi kupat tahu bersama kerupuk ataupun tempe mendoan yang sudah dipotong-potong.

Karena sebenarnya resep masakan ini termasuk hidangan yang tidak terlalu rumit, membuat sendiri kupat tahu juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah resep kupat tahu Banyumas yang otentik:

1. Bahan Utama

Dalam membuat kupat tahu, ada beberapa bahan utama yang harus Anda siapkan. Berikut adalah beberapa bahan tersebut:

  • 1-2 buah kupat atau bisa Anda ganti dengan lontong. Kemudian potong sesuai selera dan sisihkan terlebih dahulu
  • 3-5 buah tahu putih goreng dan sisihkan terlebih dahulu
  • 250 gram tauge atau kecambah hijau. Rebus dahulu sebentar saja jika sudah sisihkan terlebih dahulu
  • 250 gram kubis atau kol. Iris tipis dan sisihkan terlebih dahulu
  • Kerupuk warna yang sudah digoreng
  • Bawang merah goreng

2. Bahan Bumbu Kuah Kupat Tahu

Selain bahan utama, resep kupat tahu Banyumas juga tidak lengkap tanpa kuah cairnya. Berikut adalah bahan bumbu kuah cair kupat tahu Banyumas:

  • 250 gram kacang tanah, goreng terlebih dahulu
  • 1 1/2 siung bawang putih
  • 100 gram gula merah atau gula jawa
  • 3 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • kecap manis, cuka atau air asam jawa, garam, dan air matang secukupnya

3. Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah selesai Anda siapkan, maka saatnya masuk ke proses pembuatan. Inilah cara membuat dari resep kupat tahu Banyumas selengkapnya:

  1. Langkah pertama, silahkan ulek atau haluskan kacang tanah yang sudah Anda goreng kering terlebih dahulu. Ulek bersama dengan cabai rawit, gula merah, garam, dan juga bawang putih sampai benar-benar halus
  2. Jika sudah, tuangkan hasil ulekan tersebut ke dalam mangkok. Setelah itu masukkan cuka atau air asam jawa dan tambahkan air secukupnya. Aduk seluruh campuran tersebut sampai benar-benar rata
  3. Pastikan tidak ada bagian kacang yang masih menggumpal karena bisa mengganggu teksturnya nanti saat Anda makan. Selain itu, jangan lupa juga lakukan koreksi rasa. Tambahkan bumbu yang Anda rasa masih kurang. Atau jika Anda merasa kurang pedas, bisa tambahkan cabai sesuai selera
  4. Apabila sudah terasa pas, mulai lakukan penyajian kupat tahu
  5. Susun kupat di piring atau mangkok. Setelah itu, tambahkan tahu, irisan kubis, dan tauge diatasnya
  6. Kemudian tuangkan ulekan sambal kacang cair yang sudah Anda buat sebelumnya
  7. Tuang sedikit kecap manis untuk menambahkan cita rasa manis agar rasanya bisa lebih balance
  8. Terakhir Anda bisa menaburkan bawang merah sebagai sentuhan akhir dan juga kerupuk untuk pelengkap
  9. Hidangkan selagi hangat.

Rekomendasi Jual Kupat Tahu Paling Enak di Banyumas

resep kupat tahu banyumas
sumber gambar: youtube.com

Saat pergi ke suatu daerah, memang paling enak jika bisa langsung mencicipi penjual otentik dari kuliner tersebut. Nah, kalau Anda kebetulan juga sedang ke Banyumas, maka bisa berkunjung ke salah satu penjual kupat tahu yang sangat populer dan legendaris di kota ini. Kedua penjual itu adalah Mbah Djawi 1 dan Mbah Djawi 2. Memang namanya sama karena kedua penjual ini masih satu keluarga dan lokasinya pun tidak terlalu jauh satu dan yang lainnya.

Saking populernya, warung kupat tahu Banyumas Mbah Djawi ini selalu ramai dan laris oleh pembeli setiap harinya. Saat kesini Anda pun tidak hanya bertemu dengan masyarakat sekitar saja yang membelinya, melainkan ada banyak wisatawan dari daerah lain yang menyempatkan diri untuk makan di tempat ini. Bahkan setiap hari banyak pembeli yang harus rela tidak mendapatkan bagian porsi karena setiap harinya warung Mbah Djawi 1 hanya menyediakan sekitar 100 porsi saja. Jadi jangan kaget kalau meski warung ini buka pukul 11 siang, tapi jam 1 siang Anda bisa sudah kehabisan.

Perbedaan Mbah Djawi 1 dan Mbah Djawi 2

Mungkin Anda akan bingung dengan dua warung Mbah Djawi 1 dan 2. Pada dasarnya, kedua warung ini masih satu keluarga dan pendiri aslinya adalah Mbah Salam Djawikarta atau yang akrab dengan nama Mbah Djawi. Berdiri sejak tahun 1948, awalnya beliau menjual kupat tahu dengan cara berkeliling dengan menggunakan pikulan. Akan tetapi, karena banyaknya konsumen, kemudian beliau membuka warung kecil. Nah, warung pertama inilah yang sekarang menjadi Warung Mbah Djawi 1.

Lokasi warung Mbah Djawi 1 adalah di Selatan Pertigaan Jalan Kaligawe dan Jalan Kulon Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas. Anda bisa menemukannya satu kompleks dengan bakmi gareng. Sepeninggal Mbah Djawi, warung ini sepenuhnya dikelola oleh Bu Karti yang merupakan putri pertama beliau.

Akan tetapi, pada tahun 1994 Bu Karti menyerahkan warung ini kepada adiknya yang bernama Ibu Surati yang baru kembali dari Jakarta. Jadi sejak tahun 1994 sampai sekarang pengelola dari warung Mbah Djawi adalah Bu Surati. Lalu, bagaimana dengan Bu Karti dan warung Mbah Djawi 2?

Warung Mbah Djawi 2 sendiri berdiri atas inisiatif dari Bu Karti dan beliaulah yang mengelolanya. Lokasi dari warung Mbah Djawi 2 ini sebenarnya juga tidak jauh dari warung pertama, yaitu sekitar 350 meter saja ke arah utara. Lokasi persisnya adalah di sebelah utara Kelenteng Banyumas dan sebelah barat Pasar Banyumas.

Meski banyak yang khawatir kalau dua warung ini akan kehilangan pembeli karena buka dua cabang, tapi buktinya sampai saat ini baik warung pertama maupun kedua sama ramainya. Banyak pembeli yang datang ke warung pertama, tapi banyak juga yang memilih datang ke warung kedua. Karena pada dasarnya pun resep dari warung kupat tahu Mbah Djawi masih sama dan otentik.

Ciri Khas Warung Mbah Djawi

Resep kupat tahu Banyumas yang otentik memang menggunakan kacang. Tapi di warung Mbah Djawi resep ini justru berbeda karena tidak menggunakan bumbu kacang maupun kerupuk dalam penyajiannya. Selain itu, meski sudah ada teknologi penghalus bahan makanan seperti blender, warung ini tetap mempertahankan cara pemasakan dengan cara manual, yaitu dengan cara menguleg sendiri bumbunya.

Dari segi tahu, bahkan tahu putihnya juga secara khusus dipesan dan dibuat untuk warung ini tanpa menggunakan bahan pengawet apapun. Setelah itu tahu masuk ke proses penggorengan dan penyajian bersama dengan ketupat, tauge, kubis, sambal, air gula, dan taburan bawang goreng. Saat membeli di warung ini Anda pun bisa meminta tambahan berupa irisan tempe mendoan.

Selain itu, jika ingin memakannya dengan kerupuk warung ini juga menyediakan kerupuk mie goreng atau mireng yang berwarna kuning. Sampai saat ini satu porsi kupat tahu Banyumas di Mbah Djawi tetap tidak berubah dari segi harga. Anda bisa menimati sepiring kupat tahu seharga Rp 7.000 saja. Sangat murah meriah bukan?

Itulah ulasan lengkap tentang resep kupat tahu Banyumas yang otentik. Jika Anda ingin membuat sendiri kupat tahu yang enak, maka bisa mengikuti resep tersebut. Selain mudah untuk Anda masak, bahan-bahannya juga sangat mudah untuk Anda dapatkan. Bahkan mungkin Anda sudah memilikinya di stok kulkas di rumah.

Kalau kebetulan nantinya Anda liburan ke Banyumas, maka jangan lupa untuk sempatkan mampir mencicipi langsung olahan kupat tahu disana ya. Salah satu tempat yang kami rekomendasikan adalah warung Mbah Djawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.