Profil Rumah Sakit Ananda Purwokerto dan Layanan Lengkapnya

oleh -110 views
rumah sakit ananda purwokerto

Sebagai salah satu kota di Jawa Tengah yang cukup besar, Anda bisa menemukan berbagai infrastruktur publik di Purwokerto dengan mudah. Baik di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, maupun kesehatan yang terwujud pada keberadaan Rumah Sakit (RS). Salah satu RS yang populer di Purwokerto adalah Rumah Sakit Ananda Purwokerto. Inilah berbagai hal yang bisa Anda ketahui mengenai RS ini.

Profil Rumah Sakit Ananda Purwokerto

rumah sakit ananda purwokerto
(sumber gambar: rsananda.co.id)

Rumah Sakit Ananda Purwokerto adalah sebuah rumah sakit yang ada di daerah Purwokerto, Jawa Tengah. Lokasinya adalah di Jalan Pemuda No. 30, Kober, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pendirian RS ini terjadi pada tahun 1989 berdasarkan Akta Notaris Nomor 39 tertanggal 20 Februari 1989.

Rumah sakit ini didirikan oleh “Yayasan Sutari” yang merupakan milik dari keluarga Bapak Sutari. Izin operasional RS ini keluar sejak 26 Desember 1990. Berdasarkan Surat Izin Sementara Rumah Sakit Wilayah Departemen Kesehatan Daerah Tingkat 1 Provinsi Jawa Tengah No. 29/Kanwil/RSIA/XII/90.S1. Setelah itu, barulah surat izin yang bersifat tetap keluar lewat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor YM.02.04.3.5.3469.

Surat tersebut mulai berlaku sejak 24 Mei 1993 sampai 24 Mei 1998. Pada awal pendiriannya, RS ini memang memiliki kegiatan operasional khusus untuk Ibu dan Anak atau Rumah Sakit Bersalin. Akan tetapi, pada perkembangan selanjutnya RS Andanda Purwokerto berkembang menjadi sebuah Rumah Sakit Umum.

Perubahan status ini berdasarkan Surat Izin Penyelenggaraan Rumah Sakit Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: YM.02.04.3.5.2555. Surat tersebut terbit pada awal tahun 1995 dan sejak itu, secara resmi Rumah Sakit Ananda Purwokerto adalah sebuah RS umum. Bagi Anda yang tinggal di daerah Purwokerto dan sekitarnya, maka bisa berobat di sini dengan berbagai fasilitas dan layanan kesehatan yang ada.

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, RS ini juga bekerja sama dengan banyak sekali mitra asuransi yang ada di Indonesia. Artinya, jika Anda adalah anggota atau nasabah dari asuransi tertentu, maka bisa menggunakan perlindungan tersebut untuk mengcover biaya kesehatan di RS ini.

Beberapa asuransi yang bekerja sama dengan RS Ananda Purwokerto adalah AIA, PT. Asuransi Bina Dana Arta Tbk., Astra Buana, AXA Financial, CIMB Sun Life Financial, JIWA Sinarmas, Manulife, MNC Life, dan lain sebagainya. Untuk daftar lengkap asuransi yang menjadi mitra Rumah Sakit Ananda Purwokerto, bisa Anda lihat di link berikut https://rsananda.co.id/asuransi/.

Lingkup Layanan RS Ananda

rumah sakit ananda purwokerto
(sumber gambar: readymap.com)

Rumah Sakit Ananda Purwokerto juga memiliki layanan yang cukup lengkap. Berbagai layanan ini juga ditunjang dengan fasilitas modern dan tenaga kesehatan yang kompeten. Secara umum ada 5 (lima) layanan di RS ini, diantaranya adalah:

1. Homecare

Pertama, ada layanan homecare yang bisa Anda pergunakan ketika menbutuhkan pelayanan kesehatan di rumah. Homecare akan memiliki beberapa jenis layanan lagi, seperti:

  • Perawatan luka (diabetes, ulkus decubitus, dan luka operasi),
  • Pemasangan atau pelepasan kateter atau NGT
  • Laboratorium (asam urat, rapid test, kolesterol, cek gula darah)
  • Perawatan ibu dan anak
  • Konsultasi dokter dengan penjadwalan terlebih dahulu
  • Perawatan Geriatri
  • Fisio terapi

Berbagai lingkup layanan Homecare ini akan tersedia pada setiap hari kerja mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB. Untuk pendaftaran, Anda bisa menghubungi kontak di 08112611308.

2. Gawat Darurat

Selain memiliki layanan Homecare, RS Ananda Purwokerto juga memiliki layanan Gawat Darurat yang bertujuan untuk setiap keadaan kesehatan yang darurat dan genting. Layanan ini masih terbagi lagi menjadi 3 (tiga), yaitu Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), dan Layanan Ambulans. Berikut adalah ulasan dari tiga layanan tersebut:

a. Instalasi Gawat Darurat (IGD)

IGD RS Ananda Purwokerto hadir selama 24 jam untuk menangani segala kasus kesehatan gawat darurat. Dalam layanan ini juga terdapat peralatan medis yang modern, tim Dokter Spesialis dan Umum, Bidan, serta para Perawat yang terlatih dan kompeten. Untuk mengakses layanan ini, Anda bisa langsung menghubungi emergency call di (0281) 636417 / 08112936417 / 08112888990.

b. Intensive Care Unit (ICU)

ICU merupakan ruang perawatan yang bersifat intensif dan memiliki peralatan medis serta staff khusus. Perawatan di ruangan ini bertujuan untuk menangani pasien gawat darurat karena penyakit, trauma, maupun komplikasi lain.

c. Layanan Ambulans

Saat membutuhkan kendaraan untuk mengantar ke RS karena kondisi gawat darurat, RS Ananda Purwokerto juga melayani ambulans. Anda bisa menghubunginya melalui emergency call di (0281) 636417 / 08112936417 / 08112888990.

3. Rawat Jalan

Rumah Sakit Ananda Purwokerto juga memiliki layanan rawat jalan yang memiliki banyak sekali klinik dengan spesialisasi tersendiri. Mulai dari klinik kebidanan dan kandungan, klinik radiologi, klinik THT-KL, klinik saraf, klinik estetika, klinik bedah mulut, dan klinik laktasi. Selain itu, juga ada berbagai spesialis seperti spesialis radiologi, spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis kulit dan kelamin, spesialis jantung, dan spesialis bedah umum.

Untuk pendaftaran rawat jalan, Anda bisa melakukannya secara offline dengan datang langsung ke RS maupun lewat jalan online. Pasalnya, RS Ananda Purwokerto sudah memiliki aplikasi RSU Ananda Purwokerto yang bisa Anda unduh lewat Google PlayStore. Dengan menggunakan app ii, Anda bisa melakukan pendaftaran rawat jalan secara online.

4. Penunjang Medis

Untuk menunjang segala kegiatan medis, RS ini juga memiliki beberapa penunjang medis yang penting seperti Laboratorium, Fisioterapi, hingga Pelayanan Radiologi. Laboratoriumnya sudah memiliki berbagai peralatan medis yang modern sehingga bisa memberikan hasil uji yang terpercaya. Anda bisa melakukan banyak jenis pemeriksaan di laboratorium ini.

Sementara itu, untuk layanan Fisioterapi bisa Anda gunakan apabila membutuhkan terapi menyangkut kesehatan. Untuk pelayanannya pada setiap hari kerja mulai pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB. Anda bisa mendaftarkan diri ke Fisioterapi melalui nomor 08112611308.

Sedangkan untuk Radiologi, Anda bisa memanfaatkannya jika membutuhkan hasil pemeriksaan kesehatan berupa foto, gambar atau imaging yang bisa membantu diagnosa medis. Seperti USG, Abdomen, Vertebra, Thorax, Head, dan lain sebagainya.

5. Imunisasi dan Layanan Lain

Jika Anda membutuhkan pelayanan imunisasi untuk anak, RS ini juga menyediakan layanan tersebut. Nantinya Anda bisa melakukan imunisasi sesuai dengan kebutuhan vaksin dan juga usia anak di RS ini sesuai arahan Dokter. Selain itu, ada juga berbagai layanan lain yang bisa Anda temukan disini, termasuk layanan New Normal pandemi COVID-19.

Mengingat Indonesia juga terkena dampak pandemi, Rumah Sakit Ananda Purwokerto juga menyediakan beberapa layanan terkait pemeriksaan COVID-19. Mulai dari Rapid Antigen, Layanan Mandiri SWAB PCR, dan layanan Genose. Secara penuh, RS juga memberlakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan rumah sakit dengan optimal.

Kontak Layanan

Rumah Sakit Ananda memiliki banyak sekali kontak yang bisa masyarakat hubungi. Baik itu melalui media sosial, email, CS, maupun telefon. Berikut adalah detail kontak dari RS Ananda selengkapnya:

Itulah informasi lengkap yang bisa Anda simak mengenai Rumah Sakit Ananda Purwokerto. Mulai dari profil, layanan, sampai dengan kontak lengkapnya. Apabila membutuhkan fasilitas medis, Anda bisa menghubungi rumah sakit ini dengan berbagai layanan mereka yang lengkap dan siap untuk membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.