Rumah Sakit DKT di Purwokerto Berikan Sistem Pelayanan Optimal Kepada Pasien

oleh -54 views
rumah sakit DKT di Purwokerto
(Sumber gambar : halodoc.com)

Apakah Anda mengenal rumah sakit DKT di Purwokerto yang sangat populer? Pasalnya, rumah sakit tersebut merupakan peninggalan pada masa penjajahan Belanda di tahun 1949. Di mana, awal berdirinya di Banyumas dengan nama RST Brigade 8 / III “Sunan Gunung Jati”.

Mengalami peningkatan dari berbagai sisi, pada tanggal 20 September 1950 rumah sakit ini berganti nama Brigade 8/III menjadi Sub Terr/Brigade ‘N’ Yudonegoro. Masih berlanjut perubahan terus terjadi kembali di tanggal 9 Februari 1953.

Menjadi salah satu titik perawatan kesehatan terbaik, membuat beberapa pihak penasaran dengan informasi rumah sakit DKT di Purwokerto. Melalui artikel kali ini kami akan membagikannya secara lengkap dan detail berikut ini.

Sistem Pelayanan Rumah Sakit DKT di Purwokerto

rumah sakit DKT di Purwokerto
(sumber gambar : jadwaldokterrs.com)

Rumah sakit DKT di Purwokerto merupakan salah satu pusat penanganan kesehatan yang banyak menjadi pilihan. Sebab, selain memiliki pelayanan yang lengkap, rumah sakit ini juga cukup besar sehingga mudah untuk menjadi rujukan.

Namun, meskipun begitu banyak beberapa diantara masyarakat belum begitu paham dan mengenal. Beberapa sistem pelayanan yang ada di rumah sakit DKT di Purwokerto antara lain :

1. Instalasi Bedah Sentral

Rumah sakit DKT di Purwokerto dikenal sebagai salah satu pusat perawatan kesehatan dengan sistem pelayanannya yang sangat lengkap. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk menjalani berbagai pengobatan dalam skala ringan, sedang, hingga berat di sini.

Pasalnya, pada rumah sakit ini Anda akan mendapatkan pelayanan berupa instalasi bedah sentral. Di mana, fasilitas pelayanannya mencangkup banyak hal seperti ruangan operasi yang terdiri dari 3 ruangan.

Selain itu, di sana juga terdapat ruang pemulihan kesadaran yang meliputi 1 ruangan. Poliklinik bedah sebanyak 1 ruangan dan terakhir poliklinik orthopedi 1 ruangan. Sehingga, ketika Anda merujuk di sini tidak perlu khawatir akan diberikan rujukan ulang ke pusat pemulihan lainnya.

Tidak hanya itu, rumah sakit DKT di Purwokerto juga memberikan berbagai fasilitas lain yang berhubungan dengan instalasi bedah sentral. Beberapa diantaranya seperti ruangan persiapan, ruang instrument, sterilisasi, hingga ruang khusus dokter.

Untuk melakukan kegiatan bedah, di Instansi satu ini Anda juga akan mendapatkan fasilitas peralatan yang cukup memadai. Secara dasar, peralatan tersebut cukup sebagai penunjang operasional Rumkit TK III 04.06.01 Wijayakusuma.

Di rumah sakit ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai bentuk fasilitas lain seperti IGD, Rawat Jalan, dan Rawat Inap. Tentunya dengan dukungan dari berbagai dokter bedah ahli dan profesional. Mulai dari bedah umum, saluran cerna, urologi, saraf, ortopedi, THT, hingga obstetric ginekologi.

2. Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit DKT

Jika Anda tidak ingin mendapatkan perawatan inap di rumah sakit DKT di Purwokerto. Maka pelayanan rawat jalan juga terfasilitasi lengkap di pusat perawatan ini. Pasalnya, rumah sakit TK III Wijayakusuma Purwokerto ini memberikan berbagai bentuk pelayanan prima.

Tentunya meliputi banyak jenis pelayanan seperti spesialistik, pelayanan di pagi hari setiap jam kerja, penyelenggaraan layanan BPJS untuk pasien PBI maupun Non PBI. Dan terakhir bentuk kerjasama maupun sistem pelayanan yang tertuju kepada pasien umum.

Pada rumah sakit DKT di Purwokerto Anda bisa melihat pola pelayanan yang tertata dengan rapi. Mulai dari peralatannya yang lengkap hingga tenaga medis handal serta perawat profesional di bidangnya.

Meskipun Anda mendapatkan sistem pelayanan rawat jalan, tentu tetap membutuhkan kontrol dokter secara berkala. Oleh karena itu, rumah sakit ini memberikan sarana ruang tunggu yang sangat efisien sebab berhadapan langsung dengan poli sesuai kebutuhan pasien.

Untuk meminimalisir pergerumbulan yang cukup banyak. Rumah sakit milik TNI ini memberikan inovasi dengan sistem pendaftaran berbasis digital. Sehingga, memungkinkan setiap pasien mendapatkan pelayanan terbaik.

Beberapa daftar klinik yang memberikan fasilitas rawat jalan kepada pasien antara lain Poliklinik mata, bedah umum, ortopedi, urologi, THT.

Anda juga bisa mengajukan pelayanan rawat jalan di poliklinik saraf, internis, kulit dan kelamin, gigim obgyn, paru, hemodialisa, dan kesehatan jiwa (psikiatri) apabila dokter yang bertuga di rumah sakit DKT di Purwokerto telah memberikan izin.

3. Pelayanan Rawat Inap

Apalagi Anda tidak mendapatkan persetujuan oleh dokter untuk melakukan rawat jalan. Maka, mendapatkan sistem pelayanan rawat inap juga tidak menjadi masalah. Pasalnya, rumah sakit DKT di Purwokerto selalu memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik kepada setiap pasiennya.

Hingga saat ini Rumah sakit TK III 04.06.01 memiliki kapasitas 214 tempat tidur untuk kebutuhan rawat inap. Pembagiannya antara lain :

  • Bangsal bedah pria dan wanita (untuk kelas II dan III) sebanyak 32 tempat tidur (TT)
  • Bangsal penyakit dalam pria dan wanita (untuk kelas II dan III) sebanyak 46 tempat tidur (TT)
  • Bangsal paru (Kelas I, II, dan III) sebesar 38 TT
  • Bangsal anak (Kelas II dan III) sebesar 22 TT
  • Bangsal kebidanan dan penyakit kandungan (Kelas II dan III) dengan jumlah tempat tidur 16
  • Ruang Abimanyu untuk kelas I dan VIP, total tempat tidur : 28
  • Paviliun Kresna untuk ruang VIP dan VVIP dengan total tempat tidur 23
  • ICU 9 tempat tidur

Tentunya pada masing-masing ruangan terdapat berbagai fasilitas pokok yang sesuai dengan kebutuhan. Namun dari segi perbedaaan ruangan tentu terdapat selisih budget yang harus dikeluarkan oleh pasien.

Sehingga hal tersebut juga mempengaruhi kelengkapan fasilitas ruangan yang akan diterima. Semakin besar biaya yang Anda keluarkan, maka fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit DKT di Purwokerto akan mengikuti. Sebab, pelayanannya memang sangat baik dan cocok untuk Anda yang benar-benar membutuhkan perawatan khusus dengan cepat.

4. Pelayanan Penunjang Medis di Rumah Sakit DKT

rumah sakit DKT di Purwokerto
(Sumber gambar : rri.com)

Terakhir, Anda bisa menemukan pelayanan rumah sakit DKT di Purwokerto dari segi penunjang medis. Beberapa pelayanan penunjang pada pengobatan di rumah sakit milik TNI ini sebagai berikut :

A. Instalasi Farmasi

Farmasi merupakan tempat yang bisa Anda temukan untuk menebus obat berdasarkan resep dokter. Berdasarkan kinerja pada rumah sakit DKT di Purwokerto ini Anda bisa mendapatkan banyak pelayanan seperti :

  • Instalasi yang selalu buka 24 jam dalam memberikan pelayanan obat resep baik rawat jalan maupun rawat inap serta obat bebas.
  • Obat yang Anda dapatkan dari instalasi ini sudah terjamin kualitas dan keasliannya
  • Pelayanan farmasi juga berorientasi terhadap keamanan pasien dengan sistem pelayanan yang cepat dan tanggap.

Beberapa pelayanan yang bisa Anda dapatkan di Instalasi Farmasi seperti :

  • Instalasi Farmasi umum yang memberikan pelayanan kepada pasien umum dan rawat jalan di Rumkit Tk. III 04.06.01 Wijayakusuma
  • Instalasi BPJS yang siap memberikan pelayanan resep dari pasien BPJS, baik untuk keperluan rawat jalan maupun rawat Inap di Rumkit Tk. III 04.06.01 Wijayakusuma.

B. Instalasi Laboratorium

Pelayanan penunjang medis lainnya di rumah sakit DKT di Purwokerto adalah Instalasi laboratorium. Anda bisa melakukan pengecekan mulai dari darah, feces, urine, hingga kimia darah.

Untuk jenis pelayanan lengkap sebagai berikut :

  • Melakukan pemeriksaan laboratorium RT-PCR
  • Pemeriksaan specimen (darah, urine, tinja, cairan tubuh) sebagai penunjang diagnosis menggunakan alat otomatis dan modern. Pemeriksaaan ini biasanya terdiri dari hematologic lengkap, Immuno-serologi dan kimia klinik
  • Pemeriksaan kandungan zat adiktif dalam darah dan urine (narkoba)
  • Bank darah untuk menunjang ketersediaan pendonor
  • Pemeriksaan laboratorium ini tidak bisa dilakukan di Rumkit Tk. III tetapi harus dikirim ke luar

C. Instalasi Radiologi

Pelayanan umum yang terakhir dan bisa Anda dapatkan adalah Instalasi Radiologi. Pelayanan ini bertujuan untuk menunjang pemantauan perjalanan penyakit melalui pemeriksaan Radiologi.

Kegiatannya meliputi :

  • Pengolahan foto X-Ray
  • Melakukan foto Rontgen mulai dari Kepala, Thorak, Abdomen, Pelvis, Columna Vertebralis, Ekstremitas
  • USG dan USG 4 dimensi
  • CT Scan menggunakan MSCT 160 Slice

Nah, itulah beberapa sistem pelayanan yang bisa Anda dapatkan di rumah sakit DKT di Purwokerto. Dengan berbagai fasilitas terbaik yang sudah rumah sakit sediakan, Anda tidak perlu lagi takut terhadap sistem pemberian layanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.