3 Cerita Unik dan Sejarah Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah

oleh -511 views
sejarah benteng pendem cilacap

Jika Anda ingin menghabiskan masa liburan di Jawa Tengah, maka Cilacap layak menjadi pertimbangan destinasi yang mengasyikkan. Pasalnya ada banyak sekali pilihan wisata yang bisa Anda kunjungi termasuk Benteng Pendem. Anda bisa mempelajari sejarah Benteng Pendem Cilacap yang panjang sekaligus menikmati wisata yang menyenangkan. Inilah berbagai hal tentang Benteng Pendem yang harus Anda pahami.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

sejarah benteng pendem cilacap
(sumber gambar: nativeindonesia.com)

Lokasi benteng ini berada di Jalan Benteng, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ketika mengunjungi benteng, Anda bisa menggunakan 2 (dua) alternatif yang berbeda. Pertama adalah menggunakan kendaraan pribadi, dan yang kedua adalah dengan naik transportasi umum.

Jika naik transportasi umum, Anda bisa naik kereta api menuju ke Stasiun Cilacap. Dari stasiun itu barulah Anda bisa naik berbagai kendaraan umum yang lain. Kawasan Cilacap juga terbilang sudah ramah bagi transportasi berupa ojek online. Jadi jika Anda ingin menuju lokasi benteng, bisa dengan mudah menggunakan transportasi ini. Lalu bagaimana harga tiket masuknya?

Harga tiket masuk Benteng Pendem adalah sebesar Rp. 8.000. Tentunya harga ini termasuk sangat terjangkau. Anda juga bisa berkunjung mulai dari pukul 8 pagi sampai 6 sore dan menikmati keindahan dan cerita sejarah yang ada di Benteng Pendem sampai benar-benar puas.

Sejarah Benteng Pendem Cilacap

Indonesia memang memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang sampai menjadi sebuah negara merdeka seperti saat ini. Salah satu bukti peninggalan bangsa lain di Indonesia adalah adanya bangunan berupa benteng. Melansir dari laman KBBI, benteng merupakan sebuah bangunan yang menjadi tempat bertahan atau berlindung dari adanya serangan musuh.

Selama ini di Indonesia ada banyak sekali benteng yang pembangunannya oleh Belanda, termasuk Benteng Pendem. Sejarah Benteng Pendem Cilacap sebenarnya mulai pada abad ke-18 atau tepatnya tahun 1861 yang merupakan masa pembangunannya. Saat itu, pemerintah Hindia Belanda membangun benteng ini sebagai markas pertahanan tentara pasukan Belanda saat itu.

Dalam Bahasa Belanda, benteng ini memiliki nama Kustbatterij op de Landtong te Cilacap. Artinya adalah Benteng yang ada di atas tanah dan menjorok ke laut menyerupai lidah. Pembangunan benteng berada di lahan seluas 6,5 hektar dan memiliki bangunan yang megah. Pembangunan benteng berlangsung mulai dari tahun 1861 sampai dengan 1879 dan memiliki proses pembangunan yang bertahap.

Megahnya bangunan benteng merupakan hasil desain dari arsitek asal Belanda yang ingin membuat benteng dengan tujuan untuk menahan serangan yang berasal dari arah laut. Tidak hanya Benteng Pendem saja namun juga ada benteng lain seperti Benteng Cepiring, Benteng Klingker, dan Benteng Karang Bolong yang bersama-sama menjadi pertahanan dari pihak Hindia Belanda pada saat itu.

Benteng ini Belanda pakai sampai pada tahun 1942. Ketika Belanda berperang melawan pihak Jepang dan kalah, pada akhirnya benteng ini menjadi kekuasaanya berpindah ke Jepang. Akan tetapi pada tahun 1945 ketika Jepang menyerah kepada sekutu maka Jepang meninggalkan Indonesia.

Sejak saat itu, Benteng Pendem berhasil diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah. Setelah berpindah tangan, fungsi benteng ini beralih menjadi lokasi pelatihan perang dan juga menjadi tempat pendaratan laut.

Baca Juga: Pantai Karang Pandan Cilacap

Kisah yang Mewarnai Megahnya Benteng Pendem

Tidak hanya menjadi saksi dari pendudukan bangsa asing di Indonesia benteng ini juga memiliki kisah pilu yang mengiringinya. Berdasarkan penuturan pemandu benteng, dulunya benteng ini pernah menghilang selama bertahun-tahun sejak sudah tidak digunakan lagi. Tidak ada jejak fisik maupun dokumen yang bisa menjelaskan mengenai keberadaan benteng.

Dendy Sutrisno, pemandung benteng mengungkapkan bahwa rencana PT. Pertamina lah yang akhirnya berhasil membuat pemerintah menemukan benteng ini. Dulu Pertamina memiliki niatan untuk menggali daerah dekat teluk laut Cilacap agar mendapatkan pasokan minyak. Akan tetapi, ketika menggali Pertamina justru menemukan benteng di dalam gundukan tanah yang dalam sehingga jadilah nama benteng ini adalah “Pendem” yang berarti “Terpendam” dalam Bahasa Indonesia.

Sejak saat itulah benteng ini mulai mendapatkan tindakan penggalian yang intensif dan menjadi salah satu buktisejarah yang sangat bernilai. Dendy juga menuturkan bahwa pembangunan benteng ini juga menjadi saksi betapa pada saat itu pekerja rodi pribumi yang harus dengan bersusah payah membangunnya.

3 Cerita Unik Benteng Pendem

sejarah benteng pendem cilacap
(sumber gambar: kalderanews.com)

Ada beberapa cerita unik yang perlu Anda pahami tentang Benteng Pendem Cilacap, Jawa Tengah. Inilah cerita tersebut:

1. Lokasi yang Strategis

Cerita pertama mengenai Benteng Pendem adalah lokasinya yang strategis. Memiliki luas lahan yang luas, benteng ini Belanda bangun atas pertimbangan yang sangat matang. Pertama, lokasinya sangat strategis untuk pendaratan laut karena terlindungi oleh adanya Selat Nusakambangan. Adanya selat ini yang membuat benteng menjadi pertahanan yang sangat bagus untuk bagian selatan Pulau Jawa.

2. Kisah Mistis

Selain mengenai lokasi, kisah yang mengiringi benteng ini juga terbilang menarik untuk Anda simak. Pasalnya, ada banyak sekali kisah mistis yang menyertai kehadiran benteng ini. Konon, banyak masyarakat sekitar yang sering mengalami kejadian tidak mengenakkan di lokasi benteng seperti mendengar wanita menangis, dan lain sebagainya.

Adanya berbagai cerita inilah yang membuat Benteng Pendem menjadi lokasi uji nyali oleh masyarakat. Apalagi sampai saat ini juga masih ada beberapa bagian benteng yang sepenuhnya belum tergali. Di dalam kompleks benteng Anda juga bisa melihat adanya penjara-penjara yang menambah nilai mistis dan angker dari benteng ini karena menjadi saksi peristiwa yang terjadi pada masa lalu.

3. Bangunan dan Ruangan yang Kokoh

Seperti kebanyakan benteng pada umumnya, ada banyak sekali ruangan yang bisa Anda temukan di dalam benteng ini. Hingga saat ini semua ruangan dan bangunan tersebut masih berdiri kokoh. Beberapa ruangan yang bisa Anda temukan adalah ruang barak, gudang mesiu, gudang senjata, ruang rapat, ruangan pengintai, ruang pertahanan, penjara, ruang amunisi dan peluru, dapur, ruangan untuk pengobatan, dan ruang perwira.

Tidak hanya itu, masih banyak sebenarnya ruangan yang masih belum tahu fungsi dan juga keberadaannya. Pasalnya memang hingga saat ini Benteng Pendem belum sepenuhnya tergali dan bisa Anda lihat. Banyak pihak yang percaya bahwa sebenarnya ada sebuah terowongan rahasia yang berada di bawah laut.

Terowongan rahasia tersebut apabila ditelusuri bisa menuju ke berbagai benteng lain bahkan bisa menuju goa yang ada di Pulau Nusakambangan. Selain itu, banyak pula orang yang percaya jika terowongan tersebut sudah banyak bagian dindingnya yang bocor sehingga membuatnya tertutup tanah dan juga tergenang air.

Benteng Lain yang Bisa Anda Kunjungi

Apakah destinasi eduwisata yang ada di Cilacap hanya itu saja? Maka jawabannya adalah tidak. Anda masih bisa mengunjungi beberapa benteng lain yang memiliki cerita dan sejarah yang panjang pula. Benteng yang pertama adalah Benteng Karang Bolong yang bisa Anda datangi ketika ke Cilacap.

Ada 4 lantai megah yang bisa Anda lihat dan juga banyak ruangan yang masih berdiri kokoh di dalam benteng. Ketika berkunjung ke benteng ini Anda juga bisa melihat banyak meriam Belanda yang berada dalam kondisi utuh. Sebab benteng ini memang berfungsi sebagai benteng pertahanan yang akan menyerang kapal musuh ketika di laut.

Selain itu, ada banyak ruangan yang juga bisa Anda lihat di benteng ini. Mulai dari ruang senjata, ruang prajurit, ruang logistik, ruang penjara, bahkan ruang penyiksaan. Memang dari luar penampakan benteng ini terlihat sangat menyeramkan dan penuh dengan kesan angker.

Akan tetapi dari segi estetik Anda bisa melihat kemegahan benteng yang masih terlihat jelas sampai saat ini. Tidak hanya Karang Bolong, Anda juga bisa mendatangi benteng lain yaitu Benteng Cepiring dan juga Benteng Klinger ketika mengunjungi Cilacap, Jawa Tengah.

Nah itulah informasi yang harus Anda tau mengenai destinasi dan sejarah Benteng Pendem Cilacap, Jawa Tengah. Pada tahun 1987, barulah Benteng Pendem Cilacap resmi dibuka untuk masyarakat sekitar sebagai salah satu destinasi eduwisata di darah Jawa Tengah.

Saat ini Anda juga bisa menjadikan lokasi benteng sebagai spot foto yang sangat menarik dan juga estetik. Tentu sambil belajar, Anda tetap bisa mengabadikan momen dengan lengkap bukan? Jadi, jangan ragu untuk memasukkan benteng ini ke dalam salah satu tujuan Anda ketika ke Cilacap ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.