Daftar Sekolah Pelayaran Di Cilacap dan Prospek Kerjanya

oleh -482 views

Tumbuh dengan ilmu pelayaran memang cukup menyita perhatian orang banyak, sebab gaji yang untuk lulusan ini cukup tinggi. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan pelayaran asing pastinya bisa mencapai USD 500 per bulannya. Namun untuk bisa sekolah pelayaran Anda tidak perlu jauh-jauh, sebab kini ada beberapa sekolah pelayaran di Cilacap yang ternyata juga punya kualitas terbaik.

Tentu saja sekolah-sekolah pelayaran tersebut sudah berhasil mengantarkan lulusan terbaiknya ke tempat-tempat kerja yang bagus. Sehingga bukanlah suatu hal yang mengherankan apabila sekolah pelayaran di Cilacap banyak peminatnya.

Sekolah Pelayaran di Cilacap

Dengan adanya minat yang tinggi untuk berkarir di ruang pelayaran membuat sekolah pelayaran pun mulai tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Sehingga untuk Anda yang tertarik dan ingin bekerja di bidang pelayaran, berikut kami berikan rekomendasi sekolah pelayaran di Cilacap yang cocok untuk tempat Anda menimba ilmu.

1. SMK Pelayaran Samudera Cilacap

SMK Pelayaran Samudera Cilacap berlokasikan di Jalan Soekarno – Hatta Np. 84 RT 04/ RW 03 Karangkandri, Kecamatan  kesugihan, Kabupaten Cilacap. Usai Anda lulus dari sini, apabila masih ingin melanjutkan studi maka bisa ke Akademi Maritim Nusantara.

2. Dream World Cilacap – Sekolah Perhotelan & Kapal Pesiar

Dream World Cilacap adalah sebuah lembaga Pendidikan yang khusus menangani bidang keahlian dan keterampilan perhotelan serta kapal pesiar. Lokasinya ada di Cilacap dan telah berhasil meluluskan ratusan peserta didiknya yang mana kini sudah bekerja di hotel dan kapal pesiar.

Adapun saat Anda masuk ke Dream World Cilacap ini, maka peserta programnya akan mendapatkan bekal berupa 3 Program Pembinaan Utama. Bekal tersebut berperan sekali sebelum Anda memasuki dunia kerja.

Program tersebut antara lain personal development, professional development, dan juga kepemimpinan atau leadership. Dengan adanya program ini, amak peserta program bisa lebih kreatif, terampil, dan unggul.

3. Akademi Maritim Nusantara

Saat ini, Akademi Maritim Nusantara menyelenggarakan Pendidikan tinggi untuk jenjang diploma 3 (D3). Ada 3 program studi yang bisa Anda pilih yaitu Program Studi Teknika (TMK), Program Studi Nautika (NTK), dan Program Studi Pengelolaan Pelabuhan (PP).

Hingga kini ada sebanyak 26 dosen yang mengajar di Akademi Maritim Nusantara. Sedangkan untuk jumlah mahasiswanya yaitu cukup banyak 1012 mahasiswa.

Adapun untuk ketiga program studi diatas kini sudah diakreditasi oleh BAN – PT (Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi) dan DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) dengan nilainya yaitu Baik (B).

Tidak hanya berhasil mendapatkan akreditasi baik saja, namun juga sudah memperoleh approval langsung dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Sehingga ini pun menambah kredibilitas dari Akademi Maritim Nusantara.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan saat berkuliah disini seperti sarana ibadah, perpustakaan, wifi, fasilitas olahraga, dan sebagainya. Untuk lokasi Akademi Maritim Nusantara berada di Jalan Kendeng No. 307, Kelurahan Sidanegara, Jawa Tengah.

Prospek Kerja Sekolah Pelayaran

prospek kerja sekolah pelayaran

Bagi sebagian orang mungkin jurusan satu ini terdengar sedikit asing. Padahal ada banyak sekali sekolah pelayaran yang tersedia di berbagai kota, termasuk Cilacap. Kalau Anda mengetahui berapa besarnya gaji yang didapatkan lulusan pelayaran pastinya juga ikut tertarik.

Tentu saja, sebab prospek kerja dari jurusan pelayaran cukup besar dan memang menjanjikan sekali. Inilah peluang kerja jurusan pelayaran dan juga telah kami lengkapi dengan gajinya sehingga bisa menjadi referensi bagi Anda yang masih kebingungan saat memilih jurusan.

1. Nahkoda

Tidaklah gampang untuk menjadi seorang nahkoda, sebab Anda pu harus mempunyai bekal berupa ilmu nautika. Namun selain ilmu mengemudikan kapal, juga belajar cara menjadi perwira jaga bagi navigasi laut.

Bisa dilihat bahwa kini nahkoda masih sepi, sehingga kuota yang tersisa sangat banyak sekali. Ini pun bisa menjadi peluang kerja bagi Anda nantinya. Sedangkan kisaran gaji seorang nahkoda dibayar per jam nya yang mencapai Rp. 6.500.000.

2. Pembuat Hukum Regulasi dan Transportasi

Pekerjaan yang satu ini langsung diawasi oleh Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan, dimana orang pelayaran pun juga diperlukan dalam membuat hukum serta regulasi tentang transportasi laut.

Untuk kisaran gaji pegawai negerinya beragam mulai Rp. 2.500.000 sampai Rp. 33.000.000. Pasti Anda sangat terheran-heran dengan besarnya gaji seorang jurusan pelayaran bukan?

3. Pegawai kementerian Kelautan dan Perikanan

Tentu saja jurusan pelayaran mempunyai peluang untuk bekerja di instansi pemerintahan, salah satunya adalah Kementerian Kelautan dan perikanan. Dimana untuk kisaran gajinya bagi pegawai negeri sipil yaitu Rp. 2.500.000 hingga Rp. 3.300.000.

4. Perusahaan pelayaran

Adapun prospek kerja keempat yaitu bekerja di sebuah perusahaan pelayaran baik itu negeri maupun swasta. Anda akan mendapatkan banyak sekali posisi kosong yang bisa ditempati di perusahaan tersebut. Biasanya untuk kisaran gaji pegawai di perusahaan tersebut bisa mencapai 2 digit.

5. Industri Perikanan

Masih banyak industri-industri lain yang bisa Anda masukkan lamaran kerja seperti industri perikanan. Kunci utamanya hanyalah satu yaitu benar-benar paham akan ilmu kelautan. Untuk kisaran gajinya yaitu mencapai Rp. 15.000.000.

6. Industri Manufaktur

Di industri manufaktur ternyata lukusan pelayaran pun diperlukan juga, khususnya untuk bagian pekerjaan yang ada kaitannya dengan proses pengiriman jalur laut. Adapun gaji terendah seorang pekerja industry manufaktur untuk jurusan pelayaran yaitu Rp. 9000.000.

7. Wiraswasta

Ini tentu saja tidak hanya bisa dilakukan oleh lulusan pelayaran saja, namu j gua bidang lainnya. Namun berbekalkan ilmu yang sudah didapatkan selama di jenjang sekolah, maka tidak kemungkinan untuk lebih memilih wiraswasta yang juga punya pendapatan tak terhingga setiap harinya.

8. Tenaga Pengajar

Apabila Anda tertarik menjadi seorang tenaga pengajar, maka tidak ada salahnya untuk memilih prospek kerja saat ini. Sebab kini semakin banyak sekolah pelayaran yang baru saja didirikan di Indonesia.

Sekola pelayaran tersebut masih banyak yang kekurangan tenaga pengajar, terutama untuk bidang ilmu yang relevan dengan Anda. Oleh karena itu, selepas lulus maka Anda pun bisa menjadi guru. Untuk gajinya sangat bervariasi sekali tergantung Anda menempati posisi apakah di sekolah itu.

9. Pelabuhan dan Galangan Kapal

Jika bosan bekerja di industri terus, maka beralih ke pelabuhan dan galangan kapal bisa jadi salah satu rekomendasi teteknya. Apabila kita bandingkan dengan staff di industri, maka staff disini gajinya jauh lebih besar yaitu kisaran Rp. 4000.000.

10. Perusahaan Minyak dan Gas Bumi

Bekerja di wilayah laut lepas pantai memang harus dijelajahi oleh seorang lulusan pelayaran. Sebab laut adalah tempat keseharian mereka usai lulus dari sekolahnya. Gaji dari perusahaan Minyak dan Gas Bumi ini sangat besar sekali bahkan nominal terendahnya saja adalah Rp. 27.000.000.

Itulah beberapa sekolah pelayaran di Cilacap yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk melanjutkan studi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.