Ingin Sekolah Pilot di Cilacap? Ketahui Dulu Fakta Unik Profesi Ini

by -50 views
Sekolah Pilot di Cilacap
(sumber gambar : aviationnepal.com)

Apakah Anda memiliki cita-cita ingin menjadi seorang pilot? Pasalnya, sopir pesawat terbang ini memiliki tingkat kekerenan yang sangat tinggi. Salah satu rujukan yang banyak dipilih adalah sekolah pilot di Cilacap.

Namun, tidak berbeda dengan profesi pada umumnya. Anda tentunya paham bahwa setiap profesi memiliki fakta uniknya masing-masing. Di mana hal tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan terbaik sebelum memutuskan untuk mengambil profesi ini.

Beberapa fakta unik yang akan Anda dapatkan jika sekolah pilot di Cilacap. Akan kami bahas secara lengkap dan detail pada artikel kali ini.

Fakta Unik Sekolah Pilot yang Wajib Anda Ketahui

Menjadi seorang pilot tentu membuat Anda akan tampak lebih keren. Pasalnya, jika kebanyakan kendaraan berjalan di atas daratan, kini Anda bisa mengendarai sebuah teknologi di atas udara.

Lantas, apa saja fakta unik sekolah pilot di Cilacap? Berikut ulasan lengkapnya :

1. Wajib Memiliki Sertifikat Pilot Komersial

Sama seperti profesi pada umumnya, sertifikat menjadi dasar kevalidan data yang Anda kirimkan untuk menjadi seorang pilot. Apabila Anda melamar di sekolah percontohan, maka gelar sarjana sebenarnya tidak wajib. Tetapi jika Anda memilikinya, hal tersebut akan menjadi poin positif.

Berada di sekolah pilot di Cilacap, Anda nantinya akan melalui banyak pelatihan ekstensif. Di mana, pelatihan akan fokus pada keterampilan simulator penerbangan dan pesawat nyata. Tujuannya agar praktek dasar berkendara di udara bisa Anda terapkan dengan baik kedepannya.

Sebelum Anda sah menjadi seorang pilot, ketika berada di sekolah Anda wajib memiliki minimal 250 jam terbang. Setelah lulus ujian tertulis, seorang calon pilot akan memiliki check-ride di bawah pengawasan pemeriksa.

Di mana, mereka memiliki rencana penerbangan dan melakukan berbagai pekerjaan tentunya manuver atas permintaan pengawas pemeriksa. Jika Anda ingin mendapatkan hak menerbangkan mesin ganda dan menjadi seorang kapten. Maka, di sekolah pilot di Cilacap Anda wajib mendapatkan sertifikat pilot transportasi penerbangan.

2. Roaling Kru Terjadi Sewaktu-waktu

Jika Anda mendapati pekerjaan pada umumnya melakukan perombakan tim setelah project selesai. Maka, ketika Anda menjadi seorang pilot wajib memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Sebab, kru bisa saja mengalami perubahan atau justru tetap dalam kurun waktu yang lama.

Fakta ini berkaitan dengan peraturan yang dibuat oleh maskapai masing-masing. Tetapi biasanya, Anda akan mendapatkan penjelasan selama mengikuti pelatihan sekolah pilot di Cilacap.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena, semua kru menerapkan sistem pemeriksaan silang. Di mana satu anggota memeriksa anggota lainnya. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih dan bisa mengenal secara keseluruhan dari anggota penerbangan baik dalam satu kru maupun tim lainnya.

3. Menu Makanan Pilot Tidak Berbeda Jauh dengan Penumpang Kelas Bisnis

Sekolah Pilot di Cilacap
(sumber : twitter.com)

Anda tentunya paham kalau penerbangan yang memakan waktu cukup lama akan memberikan fasilitas berupa akomodasi. Tetapi, untuk menjaga hal tidak diinginkan selama perjalanan berlangsung. Pihak maskapai mengatur agar menu makanan pilot dan kopilot memiliki sajian yang berbeda.

Mengapa demikian? Tujuannya agar jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada salah satu pilot atau kopilot seperti serangan sakit maupun keracunan. Salah satu di antara mereka bisa mengendalikan penerbangan.

Hal ini juga akan Anda pelajari selama sekolah pilot di Cilacap. Sebab, pengetahuan dasar ini akan membantu Anda untuk memahami apa saja peran dan tugas dari pilot setelah lulus menyelesaikan akademiknya.

4. Pengalaman Setiap Pilot dalam Pra-Penerbangan Berbeda-beda

Apakah Anda mempercayai sebuah takhayul? Jika benar, hal tersebut juga berlaku pada hampir seluruh pilot yang melakukan pra-penerbangan. Sebab, bisa jadi karena mereka masih baru dan perlu melakukan banyak penyesuaian.

Selama sekolah pilot di Cilacap, mungkin Anda nantinya tidak akan mendapatkan fakta unik ini. Tetapi hal tersebut nyata terjadi pada hampir 70% pilot baru yang baru saja rilis melakukan penerbangan.

Beberapa dari mereka menyatakan bahwa jika ingin lancar dalam penerbangan. Maka sebaiknya hindari menggunakan kata ‘terakhir’ ketika membahas tentang terbang. Sebab, biasanya hal tersebut akan menjadi salah satu tanda bahwa itulah penerbangan terakhir yang akan Anda rasakan.

Selain itu, sebagai calon pilot baru dalam dunia penerbangan. Pastikan tidak menunjuk kea rah langit sebab hal tersebut bisa memicu cuaca buruk. Terakhir, Anda pastinya nanti akan dilarang untuk mengambil foto di luar sebelum penerbangan berlangsung.

5. Sekolah Pilot di Cilacap Mengajarkan Redundansi, Aturan Keselamatan Penerbangan

Mayoritas maskapai penerbangan, akan memberikan aturan ketat terhadap redundansi. Di mana aturan ini memberlakukan bahwa setiap dalam satu pesawat terbang, wajib ada dua pilot sebagai salah satu cara mengatasi keselamatan penerbangan apabila terjadi kendala di tengah perjalanan.

Nantinya, tanggung jawab kedua pilot akan terbagi secara merata. Tetapi, penanggung jawab penerbangan dan setiap keputusan akan diambil berdasarkan perintah kapten. Fakta unik ini menjadi pembelajaran dasar ketika Anda sekolah pilot di Cilacap.

Anda akan diajak untuk terbiasa mendiskusikan fungsi mana yang akan menjadi tanggungjawab masing-masing. Siapa saja yang akan melakukan uji coba dan pemantauan. Diskusi ringan seperti ini akan terjadi sebelum penerbangan dilakukan.

Salah satu contoh mudahnya, ketika kapten melakukan take-off, navigasi autopilot dan mendarat. Maka, kopilot akan bertugas melakukan pengawasan terhadap pekerjaan kapten dan melakukan komunikasi radio dengan operator.

6. Sekolah Pilot di Cilacap akan Memberikan Banyak Pelatihan untuk Mengatasi Situasi Darurat

Menjadi seorang pilot tidak hanya fokus pada sistem kendara penerbangan saja. Anda pastinya akan mempelajari banyak hal seperti pelatihan bela diri, fitur-fitur darurat yang bisa saja terjadi selama penerbangan berlangsung. Hingga menunjukkan bagaimana cara mengatasi situasi darurat tersebut.

Keseluruhan mekanisme pembelajaran itu, nantinya Anda dapatkan ketika sekolah pilot di Cilacap. Sistem pembelajaran umum yang akan Anda dapatkan seperti kewajiban melakukan pemeriksaan media secara lengkap. Hal tersebut berlaku dua kali setahun apabila pilot memiliki usia lebih dari 40 tahun.

Tidak hanya itu, seorang pilot wajib mengambil tes untuk kompatibilitas psikologis kru. Fakta unik ini terasa sangat melelahkan sebab ternyata tugas dari pilot cukup besar. Oleh karena itu, dengan mengetahui apa saja fakta uniknya, akan membuat Anda lebih paham dan bisa mempertimbangkan dengan baik apakah masih ingin menjadi profesi Pilot.

7. Pilot Mendapat Tuntutan untuk Irit Bahan Bakar

Setelah Anda menyelesaikan sekolah pilot di Cilacap, dan mulai terjun langsung ke lapangan secara langsung. Maka, Anda akan mendapatkan fakta bahwa Pilot mendapatkan tekanan dari maskapai untuk bisa menggunakan bahan bakar seirit mungkin.

Di mana, hal tersebut ternyata memberikan pengaruh terhadap keputusan yang harus Pilot ambil. Sebab apabila Pilot keluar rute karena suatu alasan maupun dituntut untuk pergi ke bandara alternatif. Bisa saja, selama perjalanan pesawat kehabisan bahan bakar dan menjadi salah satu hal buruk yang akan terjadi.

8. Persiapan Penerbangan Dilakukan Minimal 2 Jam Sebelumnya

Fakta lain berikutnya berkaitan dengan persiapan sebelum penerbangan. Mayoritas maskapai menghendaki persiapan terjadi minimal 2 jam sebelum keberangkatan. Sebab, kantor perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk meminimalisir hal buruk terjadi.

Hal pertama yang wajib melewati pemeriksaan adalah Pilot. Nantinya akan timbul pertanyaan terkait kesehatan mulai dari tekanan darah, nadi, hingga melakukan pengujian terhadap kondisi darah saat ini.

Apabila kondisi anggota kru ada yang kurang sehat. Maka, pilot cadangan harus siap untuk dipanggil menggantikan penerbangan. Sebab, jika terlalu dipaksakan, hal tersebut bisa mempengaruhi keselamatan penumpang di pesawat.

9. Kapten Wajib Memeriksa Semua Sistem Internal dan Eksternal Pesawat

Sekolah Pilot di Cilacap
(sumber gambar : detik.com)

Selama perjalanan, kapten memiliki tanggung jawab penuh terhadap keselamatan penumpangnya. Oleh karena itu, sebelum keberangkatan ia wajib memeriksa seluruh sistem baik internal maupun eksternal.

Pemeriksaan dilakukan mulai dari kerusakkan ringan, cacat hingga formasi es. Jika seluruh penumpang telah naik, maka kru kokpit melakukan keseluruhan tugas terakhirnya. Menyelesaikan rute, memeriksa kembali cuaca dan beberapa masalah lainnya.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik yang akan Anda lalui setelah lulus akademik dari sekolah pilot di Cilacap. Meskipun beberapa akan diajarkan dengan baik di akademik, tetapi mempelajari apa saja tanggungjawab dan langkah kerjanya akan memberikan Anda gambaran terhadap profesi ini.

Jadi, apakah masih ingin menjadi pilot setelah mengetahui fakta unik di atas? Pertimbangkan dengan baik sebelum benar-benar melaluinya. Selamat berusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.