Profil SMA Al Irsyad Purwokerto yang Berkualitas dan Berprestasi

by -109 views
SMA al irsyad purwokerto

Sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang maju, Anda bisa menemukan banyak fasilitas pendidikan berkualitas di Purwokerto. Salah satunya adalah SMA Al Irsyad Purwokerto. Dalam hal ini, ada 2 (dua) macam SMA yang bisa Anda pilih untuk tempat menuntut ilmu anak. Pertama adalah SMA IT Al Irsyad Purwokerto dan yang kedua adalah Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto.

Melansir dari berbagai sumber yang telah kami kumpulkan, kedua SMA ini sama-sama berada dalam satu lingkup yayasan, yaitu Al Irsyad Purwokerto. Hanya saja pada perjalanan pengajarannya kedua SMA tersebut memiliki titik berat yang berbeda. Lalu, apa saja perbedaan tersebut? Dan seperti apa prestasi dari kedua sekolah berkualitas dan berprestasi ini?

Profil SMA Al Irsyad Purwokerto

SMA al irsyad purwokerto
sumber gambar: smaitalirsyad.sch.id

Saat membahas tentang SMA Al Irsyad Purwokerto, maka Anda harus mengetahui profil dari kedua SMA yang ada dalam yayasan Al Irsyad. Berikut adalah profil lengkap dari kedua sekolah tersebut:

1. SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto adalah sebuah sekolah menengah atas (SMA) yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Suharso, Arcawinangun, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sekolah ini adalah sekolah swasta yang memiliki segudang prestasi dan terkenal akan kualitas pengajaran karakter dan IT (teknologi) yang bagus untuk para muridnya.

Memasuki tahun 2021, sekolah ini memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas karakter dari para murid. Caranya adalah dengan menanamkan nilai-nilai ibadah yang punya sifat ghairu mahdhah. Melalui sifat ini diharapkan sekolah bisa berperan dengan aktif untuk mewujudkan adab yang baik pada setiap peserta didik sesuai perannya sebagai seorang muslim.

Sekolah ini menyadari bahwa perbaikan karakter sanga penting untuk murid karena dari karakter yang baiklah akan muncul seorang yang sukses. Tidak hanya sukses dalam hal karir, tapi juga kehidupan sosial terhadap sesama. Dengan begitu, setiap murid nantinya diharapkan tidak hanya punya nilai akademik yang baik tapi bisa menjadi manusia yang beradab dan berakhlak.

a. Akses Pendidikan yang Berkualitas

Selain itu, SMA Al Irsyad Purwokerto ini juga memberikan akses pendidikan yang terbaik. Hal ini bisa Anda lihat dari para guru yang sudah menjalani pelathian untuk melakukan pembelajaran online dengan baik. Sekolah ini menggunakan Google Education Suite untuk kegiatan pembelajaran. Sementara untk kebutuhan ujian, akan menggunakan platform bernama Edulastic.

Nantinya, setiap peserta didik akan mendapatkan akses penuh untuk seluruh fitur yang ada di dalam Google Education Suite. Selain itu para guru juga menggunakan platform lain untuk menunjang proses pembelajaran berbasis online seperti Google Meet. Tidak hanya dari segi teknologinya, SMA ini juga mulai mengubah sistem pengajaran Bahasa Inggris di sekolah mereka.

Mulai dari tahun 2020, SMA IT Al Irsyad Purwokerto, tidak lagi menggunakan kurikulum dari Kemendikbud dalam bidang Bahasa Inggris. Sebagai gantinya, SMA ini menggunakan kurikulum Pearson Education yang berarti, pembelajaran Inggris benar dilakukan untuk belajar dengan baik, mulai dari vocabulary, grammar, reading, listening, writing, dan speaking.

b. Prestasi

Dengan berbagai keunggulan yang SMA ini miliki, prestasi adalah hal yang bisa Anda temukan dengan mudah di sekolah ini. Melansir dari laman resmi SMA IT Al Irsyad Purwokerto tercatat dari bulan Maret sampai Desember 2020 silam, SMA ini berhasil mendapatkan 8 prestasi baik tingkat Provinsi maupun Internasional. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Medali Perak dalam gelaran The 13th International Exhibition for Young Inventor, atas nama Marcelia Sekar A. P dan Shabrina Azadirach P
  2. Medali Emas dalam gelaran ISIF (International Science and Innovation Fair) 2020, atas nama Syarifah Nabila dan Syafira Wahyuhadi Wibowo
  3. Medali Perak dalam gelajaran Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI ke-53, atas nama Amira Kumala S., dan Edenia Evelina L
  4. Juara ke-1 dan ke-2 dalam gelaran Olimpiade Ekonomi Syariah tingkat nasional, atas nama Rifqi Abidah, Nabila Anindita, Dyah Aulia, Syamil Amanullah, Helmi Wildan, Hanif Abdullah
  5. Juara ke-2 dalam gelaran the 24th ALSA National English Competition Universias Indonesia, atas nama Adzkiya Ilmi Zahida
  6. Juara ke-2 dalam gelaran LKIR CHEAO Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Atas nama Amelia, Syafira, dan Lamia
  7. Juara ke-1 dalam gelaran The 3rd EDITION (Cabang Poetry reading), atas nama Mawaddatul Warahmah
  8. Juara ke-2 dalam gelaran The 3rd EDITION (Cabang Newscasting), atas nama Nayla Fathiarahma.

c. PPDB

SMA IT Al Irsyad Purwokerto sudah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun pelajaran 2022/2023. Tahun ini SMA ini akan menerima 232 siswa yang akan terbagi menjadi 8 kelas (4 kelas putra dan 4 kelas putri). Untuk informasi lebih lanjut mengenai PPDB, bisa Anda simak informasinya pada laman berikut ini https://ppdb.alirsyadpwt.sch.id/index.php?r=pendaftaran%2Fpersyaratan&id=7.

2. SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto

SMA al irsyad purwokerto
sumber gambar: ppdb.aabs.sch.id

Berbeda dengan SMA Al Irsyad Purwokerto sebelumnya, sekolah ini adalah sekolah asrama atau boarding school. SMA ini juga populer dengan singkatan AABS dan berlokasi di Jl. Raya Kebumen-Baturraden Km. 10, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Sebagai sekolah berasrama, sekolah ini punya kualitas pendidikan yang baik dan memiliki dukungan fasilitas yang lengkap.

Akreditasi sekolah ini juga sudah A sekaligus menawarkan overseas program dimana siswa bisa belajar Al-Qur’an dan Bahasa Arab di negeri para nabi. Sekolah ini memiliki jumlah kamar 256 dengan daya tampung siswa sebanyak 768. Sementara untuk jumlah pengajar saat ini terdapat sebanyak 110 orang dan siswa aktif saat ini sebanyak 600 orang.

Memiliki cita-cita untuk membentuk generasi yang berkontribusi untuk Islam, AABS bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin putra putrinya tidak hanya pandai dari segi akademik saja. Melainkan juga memiliki pengetahuan agama yang bagus dan karakter yang baik.

a. Program Hafalan 30 Juz

SMA Al Irsyad Purwokerto yang satu ini memiliki program hafalan 30 juz. Jadi jika memang putra putri Anda sudah memiliki cita-cita dan motivasi menjadi seorang Hafidz, maka program dari AABS bisa mendukung dan menunjang mereka agar bisa meraih cita-cita tersebut dengan baik.

b. Asrama dan Lingkungan yang Nyaman

Sebagai sebuah boarding school, kenyamanan asrama jelas menjadi kunci penting yang tidak bisa diabaikan. AABS pun menyadari hal ini dan sudah mempersiapkan fasilitas bagi siswa siswi sebaik mungkin. Mulai dari kamar, ruang belajar, dan lain sebagainya. Selain itu, lingkungan asrama ini juga memiliki suasana yang asri dan juga nyaman. Bukan hal mengherankan karena memang lokasi sekolah ini ada di lereng Gunung Slamet.

c. Klinik Psikologi

SMA AABS juga sudah memiliki klinik psikologi yang bisa Anda gunakan jika khawatir dengan putra putri saat bersekolah disini. Dengan adanya bantuan dari ahli, maka diharapkan putra putri Anda bisa lebih beradaptasi dengan lingkungan sekolah dengan baik.

d. PPDB

Sama seperti SMA IT Al Irsyad, AABS juga sudah membuka PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru. Pendaftaran gelombang 1 sendiri sudah dibuka pada tanggal 1 November 2021. Selain mendaftarkan putra putri secara offline, Anda pun bisa mendaftarkan anak dengan cara online melalui link berikut https://ppdb.alirsyadpwt.sch.id/. Untuk informasi lebih lanjut Anda juga bisa menghubungi pihak humas AABS di 089504000030 (Humas).

Itulah informasi lengkap yang bisa Anda simak mengenai SMA Al Irsyad Purwokerto. Dari informasi ini bisa Anda lihat bahwa ada 2 jenis sekolah yang bisa Anda pilih dari yayasan Al Irsyad, yaitu SMA IT maupun SMA dengan sistem boarding school. Jadi Anda bisa memilih salah satu dari sekolah ini sesuai preferensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.