9 Spot Mancing di Cilacap, Buat Anda yang Hobi Memancing

oleh -1,573 views
sumber: google.co.id

Apabila Anda memiliki hobi memancing, pastinya kegiatan ini sangat asyik sekali. Apalagi saat Anda punya waktu luang yang banyak. Terutama saat akhir pekan, Anda pun bisa merasa lebih bebas dari jam kerja kantor yang padat sekali. Selain nongkrong bersama teman-teman, Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing. Kami sangat merekomendasikan beberapa spot mancing di Cilacap yang wajib Anda coba. Pastinya Anda akan punya pengalaman menarik dengan tempat ini.

Memang tidak bisa Anda pungkiri sama sekali bahwa macetnya ibu kota ini kerap membuat penduduk Indonesia mudah merasa penat dan stress. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah menyalurkan hobi tersebut seperti memancing. Memancing sendiri adalah aktivitas menangkap ikan yang bukanlah harus memerlukan skill khusus.

Pada umumnya berbagai pusat pemancingan ini terdapat di luar kota Jakarta yang cukup jauh dari hiruk perkotaan. Untuk itulah, kami rekomendasikan spot mancing di daerah Cilacap ini. Sehingga Anda pun tidak perlu panik lagi untuk memikirkan dimana spot mancing terbaik nantinya. Namun, biasanya spot mancing ini juga sering sebagai tempat destinasi rekreasi keluarga

Spot Mancing di Cilacap

Mengenai spot mancing di Cilacap ini tergolong sangat melimpah sekali karena Kabupaten Cilacap sendiri memiliki garis pantai sangat panjang sekali. Sehingga untuk yang hobi memancing tidak sulit lagi menemukan spot sekitar laut Cilacap ini. Berikut rekomendasinya:

1.    Trekdam Pantai Teluk Penyu

Trekdam atau lebih dikenal dengan pemecah gelombang berada di area wisata pantai Teluk Penyu, tepatnya dari arah utara sampai selatan pantai tersebut. Ada banyak sekali trekdam yang terdapat di sepanjang garis dari pantai Teluk Penyu.

Sebab hampir semua trekdam ini memiliki ikan karena trekdam sendiri menjadi rumpun terbaik untuk ikan-ikan berlindung di bawahnya. Adapuh trekdam favorit adalah trekdam satu dan dua dari arah selatan. Untuk ikan yang ada di Trekdam adalah ikan kiper, belanak, bojor, cangkek, bekukon, dan ikan kecil lainnya.

2.    Jongor Pantai Teluk Penyu

Spot jongor sebenarnya masih disebut sebagai trekdam, hanya saja bentuknya berbeda. Trekdam ini memiliki bentuk yang mirip dengan pilar jembatan. Sementara jongor ini full beton dan lebih mirip dengan tanggul.

Adapun spot jongor ini terletak di ujung selatan dari pantai Teluk Penyu, lebih tepatnya yaitu di Pantai Pertamina areal 70. Anda bisa memperoleh berbagai jenis ikan seperti ikan kerapu, bekukon, kue, dan kuro atau mbaleng. Tak hanya itu, untuk Anda yang suka ikan teri tentunya juga mendapatkannya dari sini.

3.    Cakar Ayam PPSC

Spot ini tepatnya berada di bagian belakang Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap. Cakar ayam memiliki fungsi sebagai penahan gelombang agar lalu lintas perahu dari nelayan bisa leluasa keluar masuk ke dalam laut tanpa adanya gelombang laut yang menerjang.

Cakar ayam memiliki panjang sekitar 300-400 m dari bibir pantai sampai ke tengah lautnya. Apabila sedang ada animo ikan, biasanya banyak sekali pemancing yang memanfaatkan area ini.

Ikan yang ada di dalamnya seperti ikan cangkek atau kue, kenaha, kerapu, mamung, japuh, dan ikan bekukon. Agar Anda tetap aman saat memancing, gunakanlah joran dengan panjangnya minimal 4,5 m.

4.    Belakang Rumah Sakit Pertamina Cilacap

Meskipun letaknya di belakang rumah sakit, namun tetap saja banyak sekali para pemancing yang berbondong-bondong ke area ini. Sehingga untuk Anda yang ingin memancing jenis ikan seperti ikan kuwe, bojor, dan pari ukuran sedang maka sangat direkomendasikan sekali.

Akan tetapi kendala yang akan Anda alami saat memancing adalah lemparan yang harus Anda berikan jauh ke arah tengah. Sehingga Anda pun seharusnya menggunakan joran yang surfnya lumayan panjang.

5.    Muara Sungai Serayu

Sungai Serayu seringkali disebut dengan bedahan yang berada di timur PLTU desa Karangkandri atau lebih tepatnya di tengah-tengah PLTU Karangkandri dengan PLTU Bunton Adipala.

Adapun waktu paling bagus untuk memancing di muara ini yaitu ketika animo kemarau atau saat bulan Juli sampai Oktober. Sebab biasanya pada bulan tersebut airnya tidak terlalu keruh dan juga sampah yang hanyut pun sedikit.

Jenis ikan yang terdapat di Muara Sungai Serayu adalah ikan kakap, kue, barramundi, bekukon, mangrove jack , dan ikan jahan.

6.    Jembatan Serayu Penggalang Adipala

Untuk spot mancing berikutnya sebenarnya tidaklah terlalu jauh dari spot sebelumnya ayotu Muara Sungai Seraju. Sebab sangat mudah sekali untuk Anda jangkau karena letaknya sendiri pada jalur jalan negara.

Untuk Anda yang hobi memancing jenis ikan seperti belahan, maka sangat cocok sekali tempat yang satu ini. Apabila sedang musim, maka jembatan ini biasanya akan dipadati oleh para pemancing belanak. Bahkan tidak pernah sepi.

Selain itu, mancing dasaran yang banyak di sekitaran jembatan serayu ini juga biasanya mendapatkan ikan dengan Teknik dasaran. Jenis ikan yang sering kali pemancing dapatkan seperti ikan kakap yang mirip bekukon, barramundi, dan MJ.

Namun, untuk Anda yang ingin memancing udang satang atau udang galah, tempat ini juga sangat direkomendasikan. Karena di sepanjang tepian dari sungai serayu sendiri ada banyak sekali timbunan batu-batu dari gunung yang fungsinya sebagai penahan saat terjadi abrasi.

7.    Sungai Karanganyar Bunton

Sungai ini berlokasikan di timur PLTU Bunton, paling tepatnya yaitu di ujung barat dari gunung Selok Adipala. Memang sungainya tidak dalam, akan tetapi untuk ikan ukuran sedang maka masih direkomendasikan untuk Anda. Adapun ikan yang biasanya terdapat di sungai ini ialah ikan bekukon, belanak, baramundi, dan mangrove jack.

8.    Trekdam Sleko

Tempat ini berlokasikan di belakang Pelabuhan Tanjung Intan. Trekdam disini berperan sebagai penahan lumpur ataupun sampah saat terkena arus. Selain itu, juga berfungsi untuk meminimalisir sedimentasi di daerah sekitar Pelabuhan Tanjung Intan ini.

Lebar trekdamnya kurang lebih sekitar 1 m dan panjangnya lebih dari 300 m. Akan tetapi, jika Anda ingin memancing di tempat ini, maka harus menyebrang terlebih dahulu dengan menaiki perahu, mulai dari arah dermaga penyeberangan sleko dan memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit saja.

Biaya penyeberangan juga cukup terjangkau, hanya Rp. 5 ribu saja. Anda bisa gunakan beberapa perahu yang biasanya menunjukkan para pemancing di area ini. Ikan yang akan Anda temukan disini adalah ikan kerong-kerong, kakap, japu, jenaha, bojor, dan baronang atau semadar.

Untuk Anda yang suka sekali memancing menggunakan Teknik garong berjenis baronang, maka jika mancing di trekdam Sleko ini cukup menjanjikan sekali.

9.    Dermaga Penyeberangan Wringin

Spot mancing terakhir adalah di Dermaga ini. Meskipun dermaga berfungsi sebagai tempat penyeberangan bahan material bangunan. Namun, banyak juga para pemancing yang memancing di area ini,

Namun, dermaga penyebaran wringin sendiri adalah spot mancing khusus untuk ikan belanak. Tentunya juga tidak menutup kemungkinan untuk ikan lainnya seperti ikan jenaha, kerapu, MJ, kue, kakap, dan bekukon ukuran sedang.

Itulah rekomendasi spot mancing di Cilacap yang harus segera Anda coba. Namun, itu hanyalah spot yang sering pemancing kunjungi di daerah Cilacap ini. Tentunya masih banyak lagi spot-spot lainnya yang sangat potensial sekali sebagai tempat memancing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.