Taman Bunga Serang Purbalingga: Wisata Bagus di Lereng Gunung Slamet

oleh -45 views
taman bunga serang purbalingga

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan daerah Purbalingga yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki banyak sekali hal menarik yang bisa Anda ketahui, termasuk destinasi wisatanya. Tidak hanya berupa wisata alam atau modern, tapi juga berupa agrowisata seperti Taman Bunga Serang Purbalingga. Inilah yang bisa Anda simak mengenai taman bunga yang satu ini.

Sekilas Tentang Taman Bunga Serang Purbalingga

taman bunga serang purbalingga
(sumbergambar: inovasibisnis.id)

Ketika Anda mencari kata kunci Taman Bunga Serang Purbalingga, maka hasil penelusuran akan mengarahkan Anda ke Lebah Asri Purbalingga. Hal ini sangat wajar, karena memang Taman Bunga Serang sebenarnya merujuk ke sebuah destinasi agrowisata, yaitu D’las Lembah Asri Serang Purbalingga. Jadi Anda bisa menyebut wisata ini dengan nama Taman Bunga Seranga atau wisata Lembah Asri Serang.

D’las sendiri merupakan singaktan dari Desa Wisata Lembah Asri Serang. Wisata ini juga bertujuan untuk memajukan sektor pariwisata dari Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Agrowisata yang satu ini memiliki lokasi di lereng kaki Gunung Slamet sehingga membuat suasananya sangat asri dan juga sejuk. Sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat berlibur untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Masyarakat sekitar Purbalingga juga akrab dengan tempat ini sebagai sebuah rest area, tapi karena banyaknya wahana yang tersedia, wisatawan lebih mengenal tempat ini sebagai tujuan liburan. Fasilitas yang tersedia disini juga tergolong lengkap, mulai dari tempat parkis yang luas, musholla, kamar mandi, tempat makan, toko oleh-oleh, dan lain sebagainya.

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi dari wisata ini adalah di Jalan Raya Serang, Krajan, Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai Taman Bunga Serang Purbalingga, Anda juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi penunjuk jalan atau peta digital seperti Google Maps dan Waze. Dari situ Anda bisa menemukan wisata ini dengan mudah. Meski memang lokasinya ada di lereng Gunung Slamet, Anda tidak perlu khawatir jika medan atau jalan kesana akan sulit.

Pasalnya, akses jalan disini sudah cukup bagus, meskipun memang punya track yang menanjak. Rutenya juga sangat mudah Anda ikuti. Jika Anda dari arah Kota Purbalingga, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Sementara jika dari arah Pemalang, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit. Apabila Anda sudah pernah ke Kampung Kurcaci, maka wisata ini punya arah yang sama dengan destinasi tersebut.

Dari wisata Owabong, Anda akan bertemu dengan pertigaan Serayu dan ambil jalur lurus. Setelah itu belok arah kiri dan ikuti saja jalur utamanya. Jika Anda sudah sampai ke Taman Kurcaci, maka 1 km kemudian Anda bisa sampai ke Taman Bunga Serang Purbalingga.

Agrowisata ini buka setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu, yaitu mulai pukul 08.00 WIB pagi sampai dengan 18.00 WIB sore. Untuk tiket masuknya pun sangat murah meriah dan terjangkau. Saat pertama kali masuk, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang dan parkir kendaraan Rp 3.000. Akan tetapi ada beberapa biaya tambahan yang harus Anda bayar untuk beberapa wahana. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Lorong cinta, hutan pinus, camping ground Rp 5.000 per orang
  • Wahana eskavator Rp 5.000 per orang (khusus anak)
  • Spot foto atau selfie Rp 15.000 per orang
  • Taman labirin Rp 5.000 per orang
  • Petik buah strawberry dan wisata jebun Rp 25.000 per orang
  • ATV Bike Rp 15.000 per orang
  • Berkuda Rp 15.000 per orang
  • Flying Fox Rp 20.000 per orang
  • High Rope Rp 50.000 per orang

Kegiatan Seru di Taman Bunga Serang

taman bunga serang purbalingga
(sumber gambar: piknikyok.com)

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke taman ini, diantaranya adalah:

1. Berfoto di Berbagai Spot yang Keren

Daya tarik utama dari wisata ini memanglah berbagai spot fotonya yang keren. Anda bisa berfoto disini dengan latar belakang yang sangat beragam, karena memang taman bunganya dibentuk dan memiliki penataan yang sangat unik dan berbeda-beda. Mulai dari bentuk sayap burung, lambang hati, dan lain sebagainya.

Ada juga bunga-bunga indah lain yang bisa Anda jadikan latar belakang foto yang instagramable. Selain itu, juga ada beberapa ornamen yang bagus dan bisa menjadi background foto.

2. Berkuda

Jika Anda bosan hanya foto-foto, maka ada juga pilihan kegiatan berkuda untuk mengitari taman bunga. Apalagi untuk bisa naik kuda Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 saja per orangnya. Kemudian barulah Anda bisa naik kuda yang tentunya dengan pengawasan para petugas.

3. Mencicipi Kuliner

Liburan tentu tidak akan lengkap tanpa berwisata kuliner. Nah, meski bertajuk agrowisata Anda pun bisa menikmati banyak sekali kuliner yang menarik disini. Salah satunya adalah tempe mendoan strawberry. Ya, Anda membacanya dengan benar. Jadi kalau biasanya tempe mendoan terbuat dari tempe dan tepung, justru akan menjumpai mendoan yang terbuat dari buah strawberry.

Meski terdengar aneh, tapi ternyata kombinasi strawberry dan tepung bisa menghasilkan rasa yang enak lho. Selain memakannya secara langsung, Anda bisa menyantapnya dengan sambal kecap dan irisan cabe. Taman Bunga Serang Purbalingga juga memiliki tempat oleh-oleh khas Desa Serang yang bisa Anda beli sebagai buah tangan. Kebanyakan oleh-oleh ini terbuat dari bahan dasar strawberry, seperti gethuk strawberry, puding strawberry, keripik strawberry, sirup strawberry, dan lain sebagainya.

4. Menikmati Arena Bermain Anak yang Lengkap

Kegiatan lain yang juga bisa Anda lakukan saat di taman bunga ini adalah bermain di arena permainan anak. Ada banyak sekali beberapa pilihan permainan menarik yang bisa anak-anak nikmati, seperti ayunan, skuter, odong-odong, sampai dengan kereta mini. Jadi jangan khawatir anak akan bosan selama disini karena ada banyak sekali permainan yang bisa mereka nikmati.

5. Menikmati Pemandangan Cantik Danau Buatan

Jika Anda lebih suka melepas penat dengan bersantai, maka menikmati pemandangan di Lembah Asri bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak hanya taman bunga, ada danau buatan yang menambah keasrian dan kesejukan di tempat ini. Apalagi tersedia juga perahu kayuh yang bisa Anda sewa agar bisa menikmati suasana dengan lebih syahdu. Pemandangan Gunung Slamet menjadi background yang sangat megah dan indah.

6. Santai di Hutan Pinus

Saat pergi ke Taman Bunga Serang Purbalingga, Anda pun bisa menjumpai area hutan pinus. Meski luasnya tidak terlalu besar, tapi sudah sangat cukupp sebagai tempat bersantai sambil berbincang dengan keluarga, pasangan, atau teman-teman. Disini juga tersedia penyewaan hammock sehingga Anda bisa menikmati semilir angin dengan tiduran di dalam hammock diantar pohon pinus yang rindang. Sangat santai dan menenangkan bukan?

7. Petik Buah dan Membeli Bibit

Dengan konsep agrowisatanya, Anda tidak hanya bisa menemukan taman bunga yang sangat indah disini. Pasalnya, Anda juga bisa memetik buah strawberry, memanen kubis, memanen sawi, wortel, kentang, dan lain sebagainya. Nantinya Anda juga bisa membeli banyak sekali bibit bunga, sayur, ataupun buah untuk ditanam di rumah.

Karena daya tariknya inilah Taman Bunga Serang Purbalingga seringkali ramai dikunjungi oleh rombongan anak-anak dari sekolahan. Dengan kegiatan ini anak-anak tidak hanya akan bersenang-senang tapi juga belajar seputar bunga, buah-buahan, dan sayur mayur.

Itulah inforasi lengkap mengenai Taman Bunga Serang Purbalingga yang bisa Anda simak. Memang destinasi yang satu ini sangat populer di Purbalingga dan sekitarnya. Saat Anda pergi ke Jawa Tengah, tidak ada salahnya mampir agar bisa menikmati berbagai keunikan di tempat ini. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.