Ingin Membeli Tanah Dijual di Purwokerto yang Bebas dari Penipuan? Yuk Simak Tips Berikut Ini!

by -50 views
tanah dijual di Purwokerto
(sumber gambar : meikarta.com)

Tanah dijual di Purwokerto pasti banyak peminatnya. Terlebih lagi, Purwokerto merupakan kota yang di dalamnya terdapat salah satu kampus terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Banyak orang membeli properti terutama di dekat-dekat kampus untuk pembangunan rumah kost, tempat usaha seperti fotokopi, kafe, ataupun tempat makan dan nongkrong sejenisnya. Prospek membuka usaha semacam ini sangat bagus jika dekat dengan kampus.

Salah satu kota yang cocok untuk membuka bisnis-bisnis yang menjanjikan ini adalah Purwokerto di mana terletak di kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Karenanya, pilihan untuk membeli tanah dijual di Purwokerto sangat tepat.

Meskipun tanah dijual di Purwokerto itu banyak pilihannya, Anda mungkin kebingungan untuk memilih di mana lokasi yang cocok dan sesuai dengan budget yang ada. Begitu banyak pilihan baik pada penawaran secara langsung oleh pemilik maupun oleh perantara.

Namun demikian, biasanya penjualan tanah dengan melalui perantara memiliki harga rekatif lebih tinggi daripada penawaran yang pemilik asli lakukan sendiri. Ini bisa menjadi salah satu strategi Anda untuk mendapatkan tanah yang sesuai keinginan dengan harga yang terjangkau.

Tips Membeli Tanah Penting untuk Anda Ketahui

Jika Anda berminat untuk membeli properti salah satunya tanah yang ada di Purwokerto. Maka, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja tips membelinya seperti berikut ini :

1. Pastikan Mengetahui Kepemilikan Tanah Atas Nama Siapa

Jika Anda ingin membeli tanah dijual di Purwokerto ataupun di lokasi lainnya, perlu perhatikan kembali kepemilikan atas nama siapa. Untuk mengeceknya, Anda tanyakan mengenai SHM atau Sertifikat Hak Milik tanah yang akan Anda beli.

Sewajarnya, tanah dengan kepemilikan yang sah harus lengkap dengan SHM. Untuk itu, mintalah penjual untuk memperlihatkan SHM yang ada. Perhatikan nama pemilik beserta detail lain yang penting untuk Anda perhatikan

Pastikan bahwa nama pemilik yang tertera sesuai dengan KTP si penjual. Jika sama, Anda tidak perlu khawatir lagi karena pasti sudah terjamin keamanannya. Sehingga, Anda tidak akan terjerat sengketa pada saat pembelian tanah.

Anda juga dapat meminta penjual untuk memperlihatkan HGB atau Hak Guna Bangunan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian buruk seperti pemilik tanah yang ternyata belum mempunyai SHM. 

Untuk lebih meyakinkan Anda lagi, coba cek keabsahan dokumen tanah yang penjual berikan dengan mengkonfirmasi pada Badan Pertanahan Nasional (BPN). Beberapa persyaratan yang mesti Anda bawa antara lain :

  • Sertifikat tanah yang akan Anda beli (membawa SHM)
  • Mengisi dan menyerahkan form permohonan pengecekan sertifikat
  • Surat tugas pengecekan PPAT
  • Bukti telah membayar PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan
  • Fotokopi KTP si pemilik sertifikat tanah

Anda juga harus menyiapkan sejumlah uang untuk proses pengecekan keaslian sertifikat tanah yang akan Anda beli beserta informasi-informasi lengkap di dalamnya. Biaya ini bisa sebagian harus Anda bayar di awal dan sisanya harus segera lunas saat semua pengecekan telah selesai.

2. Cek Lokasi dan Kondisi Tanah Dijual di Purwokerto

Untuk membeli tanah, Anda dapat mengeceknya secara langsung agar lebih yakin. Datang ke tempatnya untuk memastikan jarak tanah ke tempat-tempat strategis seperti pusat kota, kampus, Lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Lokasi ini sangat berpengaruh terlebih saat tujuan pembeliannya untuk keperluan berbisnis. Selain itu, Anda juga bisa mengecek lokasi tanah apakah di sekitarnya sudah banyak bangunan lain atau masih sepi. Ini juga akan berpengaruh pada tingkat keamanannya.

Jangan sampai, di kanan kiri lokasi bisnis Anda itu masih sepi atau bahkan belum ada bangunan sama sekali. Ini akan sangat menyulitkan Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan. 

Jangan sekalipun membeli tanah dijual di Purwokerto yang dekat dengan menara sutet ataupun jalur listrik bertegangan tinggi, jalur pipa gas, jalur kereta api, kilang minyak, dan wilayah lain yang rawan bencana. 

Kontur tanah yang akan Anda beli juga seharusnya menjadi salah satu pertimbangan wajib juga. Biasanya, kontur tanah yang rata lebih banyak memikat karena dalam pembangunannya bisa meminimalisir budget keluaran Anda pada saat menguruk permukaan.

Kontur yang rata juga akan lebih cepat dalam proses pembangunan. Biaya yang Anda keluarkan untuk pembangunan tempat bisnis juga lebih hemat karena tak perlu menggaji pekerja lebih banyak.

3. Pastikan Ukuran Tanah dan Batas-batasnya

tanah dijual di Purwokerto
(sumber gambar : jasapengaspalan.com)

Informasi ukuran dan batas-batas ataupun patokan tanah yang akan Anda beli juga sangat penting untuk Anda ketahui. Anda bisa menggunakan jasa pihak lain untuk mengukur tanah asli di lapangan kemudian membandingkannya dengan yang ada di dokumen.

Memastikan ukuran dan batas tanah sebelum membeli tanah dijual di Purwokerto merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya sengketa di kemudian hari.

4. Cek Asal Muasal Tanah Dijual di Purwokerto

Bagi sebagian besar orang, fengsui itu masih menjadi patokan. Menurut kepercayaan mereka, sebaiknya hindari membeli tanah bekas kuburan ataupun tempat sampah. Ini karena beberapa orang percaya akan menimbulkan kesialan bagi pemiliknya. 

Menurut mereka yang percaya fengsui, tanah yang baik untuk Anda beli adalah bekas kebun ataupun sawah karena akan membawa kemakmuran dan kesejahteraan. 

5. Cek Akses Jalan

Pastikan bahwa tanah dijual di Purwokerto yang akan Anda beli dapat terjangkau dengan akses jalan yang mudah. Untuk lebih memudahkan ke depannya, pastikan bahwa akses jalan cukup untuk lewat 2 mobil yang berlawanan arah. 

6. Sesuaikan Harga Tanah dan Kemampuan Keuangan

Tanah merupakan pilihan investasi yang tak akan pernah lekang oleh waktu. Setiap tahun, harga tanah di seluruh dunia selalu meningkat. Semakin lama, harga tanah akan lebih mahal lagi. Dalam prinsipnya, tanah merupakan aset yang tidak akan pernah menyusut nilainya.

Karena ini, harganya tentu akan berubah setiap tahun. Anda perlu untuk memperkirakan berapa harga tanah yang bisa Anda penuhi atau sesuai dengan kemampuan keuangan.

Jika Anda ingin membelinya secara kredit atas tanah dijual di Purwokerto. Maka coba hitung jangka waktu dan besaran pembayaran yang mesti Anda setorkan tiap bulan ataupun tahunnya. 

Jangan sampai, dengan mencicil pembelian tanah Anda mengalami kesulitan keuangan. Tentukan alokasi dana atas pendapatan yang Anda terima dengan bijak. Setelah itu, terapkan secara konsisten.

7. Kunjungi Situs Beli Tanah di Dijual di Purwokerto yang Terpercaya

Selain melalui saudara, teman, kerabat, atau yang lainnya, membeli tanah juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan situs jual beli yang terpercaya.

Pastikan bahwa akun penjual telah terverifikasi sehingga saat terjadi hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Contohnya dengan mengetahui semua data penjual dan sudah Anda pegang. Dengan demikian, membeli tanah dijual di Purwokerto akan terbebas dari risiko penipuan yang sering terjadi. 

8. Cari Penjual yang Sedang Butuh Uang Mendesak

tanah dijual di Purwokerto
(sumber gambar : smartlegal.id)

Jika Anda sedang mencari tanah dengan harga murah silahkan cari penjual yang sedang memerlukan uang mendesak. Ini bukan tanpa alasan. Penjual demikian tentunya mau melepas tanah dengan harga yang miring agar cepat laku.

Mereka juga tak akan lepas tangan atas pengurusan serah terima ataupun proses pergantian nama pemilik atas tanah yang mereka jual.

Nah, itulah beberapa tips jika Anda ingin mendapatkan tanah dijual di Purwokerto. Tentunya dengan harga yang lebih miring dari seharusnya. Tidak lupa, tetap memiliki fasilitas dan luas lahan yang baik. Selamat mencoba beberapa tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.