Daftar Tempat Camping di Purwokerto Terbaik untuk Lepas Penat

oleh -52 views
tempat camping di purwokerto

Camping atau berkemah memang selalu bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Terutama untuk melepaskan penat setelah lelah dengan rutinitas sehari-hari. Tidak terkecuali dengan berbagai tempat camping di Purwokerto berikut ini yang bisa Anda kunjungi. Semuanya memiliki pemandangan yang bagus dan tempat yang nyaman untuk bermalam. Lalu, apa saja tempat itu?

7 Tempat Camping di Purwokerto Terbaik 

Saat membicarakan berkemah, maka hal terpenting yang harus Anda persiapkan adalah tempatnya. Karena jika tempat kemah tidak nyaman dan bagus, maka kegiatan ini jadi kurang berkesan. Purwokerto pun tidak mau kalah karena ada banyak tempat bagus yang bisa jadi opsi terbaik untuk kegiatan camping. Inilah beberapa rekomendasi tempat tersebut: 

1. Bukit Tranggulasih

tempat camping di purwokerto
(sumber gambar: baraoutdoor.com)

Bukit memang selalu jadi opsi tempat berkemah yang seru dan juga menyenangkan. Pasalnya, tempat ini memiliki ketinggian yang pas, tidak terlalu tinggi seperti gunung, tapi juga tidak terlalu rendah sehingga Anda bisa melihat pemandangan atas yang bagus. Nah, di Purwokerto ada Bukit Tranggulasih yang bisa Anda pilih sebagai tempat camping yang bagus. 

Berada di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 750 mdpl, pemandangan dari bukit ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Anda bisa melihat hamparan Purwokerto yang sangat cantik dari atas. Apalagi saat sunset dan sunrise nya yang selalu memanjakan mata. Areanya juga masih sangat asri dan sejuk sehingga penat bisa hilang ketika kesini. 

Masyarakat Purwokerto dan sekitarnya juga sudah sangat familiar dengan tempat yang satu ini. Dengan ketinggian itu, agar bisa sampai ke lokasi camping, Anda harus menghabiskan waktu dengan jalan kaki dengan track yang cukup menanjak. Tapi tidak perlu khawatir karena setelah sampai di atas, pemandangannya sangat bagus. 

Disini juga tersedia banyak fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung. Mulai dari kamar mandi, mushola, hingga banyak warung makanan dan minuman yang berjejer. Area kemahnya juga luas dan bisa muat sampai 15 tenda sekaligus. Disini juga disediakan penyewaan peralatan camping jika kebetulan Anda tidak membawanya. Untuk biaya kemah disini sekitar Rp 35.000 sampai Rp 75.000 per tenda per malamnya. 

Lokasi: Windujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

2. Bumper Curug Gomblang 

Tempat camping di Purwokerto selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Bumper Curug Gomblang. Popularitas tempat perkemahan ini tidak bisa terlepas dari suasana alamnya yang masih sangat asri dan juga sejuk. Bahkan tempatnya juga masih berkabut sehingga hawanya sangat cocok untuk berkemah. 

Selain itu, sekitar tempat kemah ini juga masih memiliki banyak pepohonan yang menjulang tinggi. Pepohonan yang tinggi ini membuat tempat kemah ini sangat teduh saat siang hari. Saat malam hari pun Anda bisa mendengar suara menenangkan dari curug sehingga bisa menjadi sarana healing yang menyenangkan.

Area perkemahan ini pengelolanya adalah warga sekitar dengan fasilitas yang cukup baik. Hanya saja, memang fasilitas tersebut hanya bisa Anda akses di siang hari dan sore hari. Ketika malam hari, maka banyak fasilitas yang tutup khususnya warung makanan. Tapi selebihnya fasilitas lain seperti kamar mandi dan lainnya bisa digunakan dengan baik. 

Lokasi: Jalan Curug Cipendok, Dusun III, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

3. Camp Area Germanggis 

Lokasi kemah yang satu ini juga tidak terlalu jauh dengan Curug Gomblang. Tempat berkemah yang satu ini sudah populer bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya karena memiliki banyak kawasan wisata. Selain itu, ada juga banyak spot foto yang bisa Anda pilih. 

Jika membawa tenda sendiri, maka Anda hanya perlu membayar sewa kavling sebesar Rp 10.000 saja. Di tempat ini juga tersedia penyewaan tenda dengan kapasitas 2 orang, 4 orang, hingga tenda kapasitas 8 sampai 10 orang. Untuk harganya sendiri beragam, yaitu: 

  • tenda 2 orang: Rp 40.000
  • tenda 4 orang: Rp 50.000
  • tenda 8-10 orang: Rp 150.000 

Dari segi fasilitas, Camp Area Germanggis ini juga terbilang cukup lengkap. Anda bisa menggunakan toilet, kamar mandi, musholla, hingga banyak warung makanan dan minuman. Tempatnya juga tinggi sehingga suasana sejuknya sangat terasa. 

Lokasi: Jalan Curug Cipendok No.km 5, Dusun Manggala, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

4. Bukit Rajawali 

Tempat camping di Purwokerto selanjutnya adalah Bukit Rajawali yang punya pemandangan sangat luar biasa. Saat siang hari, Anda bisa melihat hamparan pemandangan Purwokerto yang sangat indah dari ketinggian. Sementara saat malam tiba, pemandangan akan berganti seperti sebuah hamparan bintang dari city lights Purwokerto. 

Saking indahnya, tempat camping yang satu ini sangat populer bagi para pemuda dan pecinta kegiatan berkemah. Dari segi tempat, memang area perkemahannya tidak terlalu luas dan hanya bisa muat beberapa tenda saja. Harga tiketnya juga terbilang murah, yaitu hanya sebesar Rp 5.000 per orang saja untuk tiket masuknya. 

Lokasi: Dusun III, Melung, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

5. Bukit Watu Meja

tempat camping di purwokerto
(sumber gambar: twitter.com)

Tempat camping di Purwokerto yang satu ini juga sering menjadi pilihan pemuda pemudi yang ingin menghabiskan waktu santainya dengan berkemah. Hanya saja, berbeda dengan beberapa tempat sebelumnya, bukit ini punya akses jalan yang lebih ekstrim. Untuk bisa sampai ke atas, Anda harus menaiki jalan tanah yang cukup terjal dan hanya bisa dilewati oleh sepeda motor dan berjaln kaki saja.

Karena itulah, tempat ini sebaiknya menjadi pilihan camping saat kemarau karena saat musim hujan, Anda akan sangat berbahaya untuk menuju puncaknya. Meski berat, tapi pemandangan di kawasan ini sangatlah indah dan memanjakan mata. Anda bisa melihat pepohonan pinus yang tinggi dan perbukitan yang hijau. Dari atas, Anda juga bisa melihat eloknya Sungai Serayu.

Sayangnya, untuk fasilitas disini masih belum begitu lengkap sehingga sebaiknya jika ingin berkemah Anda sudah siap sedia membawa peralatan sendiri. Harga tiket masuknya sendiri tergolong murah, yaitu Rp 7.000 saja untuk per orangnya.

Lokasi: Jalan Patikraja-Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

6. Hutan Pinus Limpakuwus

Kalau Anda mencari area perkemahan yang juga menawarkan fasilitas dan wahana bermain yang lengkap, maka Hutan Pinus Limpakuwus bisa jadi opsi yang tepat. Area perkemahan ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang asri dan hijau dengan hawa yang sejuk. Tidak mengherankan, karena memang lokasinya sendiri berada di kaki Gunung Slamet.

Untuk akses menuju lokasi, Anda tidak perlu khawatir karena Hutan Pinus Limpakuwus punya medan yang sudah baik. Kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa lewat dengan aman dan juga nyaman, meski memang berkelok-kelok. Fasilitas yang tersedia disini juga sudah lengkap. Ada musholla, kamar mandi, warung makanan dan minuman, tempat parkir luas, bahkan hingga playground dan area bermain ATV.

Setelah berkemah, Anda pun bisa mencoba wahana outbond yang bisa Anda coba dengan biaya Rp 150.000 per orang. Untuk biaya berkemah juga terbilang terjangkau, yaitu Rp 25.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Jika tidak memiliki tenda, jangan khawatir karena disini juga tersedia penyewaannya.

Lokasi: Area Persawahan, Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

7. Camp Area Umbul Bengkok – Baturaden

Terakhir, ada Camp Area Umbul Bengkok yang terletak di kawasan wisata Baturaden. Tempat berkemah yang satu ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan khas Baturaden yang memang sudah tersohor akan landscape alamnya. Ada area hijau yang luas, pepohonan, sawah, dan juga dekat dengan air terjun.

Area campingnya juga tergolong luas sehingga bisa muat sampai puluhan tenda. Sementara itu, dari segi fasilitas camp area ini juga sudah lengkap dan bisa Anda andalkan. Ada banyak warung makanan dan minuman, gazebo untuk bersantai, musholla, kamar mandi, toilet, dan lain sebagainya. Memang dari segi tiket sewa, disini tergolong mahal sekitar Rp 100.000 per malam.

Akan tetapi, dengan biaya tersebut jelas akan sebanding dengan lengkapnya fasilitas dan juga kemudahan kemah yang bisa Anda peroleh. Apalagi ada banyak sekali spot foto dan kegiatan seru yang bisa Anda lakukan disini.

Lokasi: Dusun II, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Itulah beberapa tempat camping di Purwokerto yang bisa Anda simak. Semuanya memiliki keunikan panoramanya tersendiri dan sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas yang padat. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.