Rekomendasi 9 Tempat Makan di Banjarnegara Terenak Menggugah Selera

oleh -36 views
tempat makan di Banjarnegara
(Sumber : tripadvisor.com)

Siapa yang tidak mengenal Banjarnegara? Kota dengan unsur sejarahnya yang sangat kental ini nyatanya juga menyuguhkan wisata kuliner paling enak di Jawa Tengah. Sehingga, Anda wajib untuk mengunjungi tempat makan di Banjarnegara yang menggugah selera.

Berburu kuliner di kota orang akan terasa sangat menyenangkan. Sebab, selain Anda bisa mengunjungi daerah dengan berbagai macam pemandangan alam unik dan menarik. Anda juga bisa mengenal dan mengerti bagaimana ciri khas masakan daerah tersebut.

Oleh karena itu, jangan lupa mengunjungi tempat makan di Banjarnegara yang akan kami rekomendasikan pada artikel kali ini.

Berburu Tempat Makan di Banjarnegara Paling Enak

Berikut ini daftar wisata kuliner yang bisa Anda temukan di Banjarnegara. Pastikan untuk mampir dan nikmati unsur khas masakan daerah yang mampu memanjakan lidah Anda. Beberapa rekomendasinya seperti:

1. Rumah Makan Sari Rahayu 2

Menikmati makanan khas daerah dan bebas memilih menu, bisa Anda coba di Rumah Makan Sari Rahayu 2. Kedai makanan ini merupakan salah satu restoran prasmanan yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

Meskipun telah membuka banyak cabang rumah makan, nyatanya Sari Rahayu berhasil memikat banyak pembeli yang terbukti tidak pernah sepi. Sebab, lokasinya cukup strategis sehingga banyak menjadi rujukan bagi wisatawan jauh.

Sari Rahayu 2 juga memiliki menu cukup komplit dengan sistem pelayanan prasmanan yang diberikannya. Anda juga bisa memanfaatkan kedai ini sebagai rest area sebab dilengkapi dengan lahan parkir yang luas, toilet. Hingga mushola.

Tempat makan di Banjarnegara ini bisa Anda temukan di jalan raya Banjarnegara, Gumiwang, Purwanegara, Banjarnegara. Sari Rahayu 2 buka selama 24 jam, dan bisa Anda hubungi melalui nomor telepon 081391536264.

2. Rumah Makan Saung Bu Mansur

tempat makan di Banjarnegara
(Sumber gambar : tentangbanjarnegara.com)

Selain Sari Rahayu, Anda juga bisa menemukan tempat makan di Banjarnegara yang selalu jadi jujugan bagi wisatawan yaitu Rumah Makan Saung Bu Mansur. Di rumah makan ini Anda bisa menemukan berbagai macam menu special dengan suasana yang sangat nyaman serta menenangkan.

Beberapa menu yang bisa Anda pilih seperti berbagai olahan ayam, mulai dari ayam goreng, ayam penyet, hingg ayam bakar. Tidak hanya menyajikan menu yang umum, bumbu ayam tersebut dibuat marinasi sehingga lebih terasa mantap.

Ayam penyet khas Bu Mansur ini sangat empuk dan cocok Anda lahap bersama sambal penyet. Lokasinya sangat strategis dan cocok Anda jadikan tempat berkumpul sebab menyediakan lahan lesehan outdoor.

Tidak hanya itu, nilai positif lain dari tempat makan di Banjarnegara ini adalah konsep pembuatan bangunannya berdiri di atas danau. Di mana, semacam rumah apung dan Anda bisa melihat berbagai jenis ikan yang sangat cantik.

3. Tempat Makan di Banjarnegara Bakso Bu Tomo

Mendengar kata bakso mungkin terkesan biasa saja sebab Anda dapat menemukannya dengan mudah di mana saja. Namun, nyatanya menu bakso ini menjadi sangat special jika Anda memakannya di warung makan Bu Tomo. Sebab, sajian menu spesialnya adalah bakso kupat.

Penyajian menu makanan di Bu Tomo ini yaitu bakso dihidangkan bersama dengan ketupat, mie, dan sawi serta kuah bening yang sangat segar. Meskipun terkesan sederhana, namun menu special dari tempat makan di Banjarnegara ini sangat cocok untuk makan siang ringan.

4. Warung Buntil Mbah Abu

Masakan unik dan hanya bisa Anda temui di Banjarnegara adalah Buntil. Anda bisa menemukan ciri khas menu spesial ini di Warung Buntil Mbah Abu. Sebab, racikan bumbu yang dibuatnya berdasarkan resep turun temurun sehingga sangat enak dan berbeda dari lainnya.

Tidak hanya menyajikan buntil dengan nasi putih, Anda juga bisa meminta nasi jagung jika memang menginginkannya. Tiga jenis yang bisa Anda temukan di tempat makan di Banjarnegara antara lain buntil gandhul, talas, dan singkong.

Untuk isiannya sendiri dari parutan kelapa dan di campur dengan bumbu serta ikan teri yang gurih. Sedangkan kuahnya terbuat dari santan yang sangat kental. Untuk sensasi rasanya yaitu lebih condong ke gurih dan pedas.

5. Mie Ongklok Pak Tugi

Berkunjung ke Banjarnegara akan membuat Anda rugi jika tidak mencoba kuliner di Mie Ongklok Pak Tugi. Pasalnya, tempat makan di Banjarnegara ini sudah menjadi legenda yang telah populer di banyak daerah lain.

Kuliner satu ini sangat cocok bagi Anda yang melepas petualang ke dataran tinggi Dieng. Selain itu, mie ongklok Pak Tugi juga hadir dengan sajian lengkap bersama kuah kaldu yang sangat kental dan kuah kacang.

Adna juga bisa mencampurkan hidangan mie bersama dengan sayur sawi dan irisan kol. Anda mungkin penasaran dengan panggilan unik dari mie ini. Pasalnya, pencetusan ini terjadi karena proses memasak ini dilakukan dengan cara di kocok. Anda bisa menemukan Mie Ongklok Pak Tugi di jalan raya semampir, Banjarnegara.

6. Soto Krandegan Pak Aping

Jika sebelumnya Anda kami rekomendasikan menu legendaris dari Mie Ongklok Pak Tugi. Kini Anda bisa menikmati kuliner legendaris dari Banjarnegara yaitu Soto Kandrengan Pak Aping. Di mana, menu makanan ini terbuat dari bahan utama daging sapi.

Berkunjung ke tempat makan di Banjarnegara ini Anda akan mendapatkan soto yang dihidangkan bersama dengan potongan ketupat. Selanjutnya, diberi kuah kuning bersantan yang sangat gurih.

Selain itu, menu special ini juga memiliki sayur pendamping yaitu tauge dan taburan bawang goreng yang wangi. Meskipun soto merupakan menu yang bisa Anda jumpai di mana saja. Namun Soto Krandegan Pak Aping memiliki citra rasa berbeda karena pengolahan resep yang otentik.

Untuk mencoba menu masakan di Soto Krandegan Pak Aping, Anda bisa menemukannya dengan mudah di seberang alun-alun. Tepatnya di jalan Mayjend Soetojo No. 35, Krandengan, Kec. Banjarnegara.

7. Culinary Iwak Tempat Makan di Banjarnegara

Sesuai dengan namanya, Anda bisa menemukan tempat makan di Banjarnegara dengan aneka menu olahan ikan di Culinary Iwak. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab kedai ini juga menyediakan olahan menu dari ayam dan sayuran.

Culinary Iwak banyak menjadi pilihan tongkrongan anak muda, sebab lokasinya yang mudah dijangkau dan asri. Selain itu, sajian menunya sangat menarik dan menggugah selera. Temukan dengan mudah di jalan Raya Gemuruh Banjarnegara.

8. Rumah Makan Pondok Gurih

tempat makan di Banjarnegara
(Sumber gambar : tripadvisor.com)

Rekomendasi lain dari tempat makan di Banjarnegara yang enak menggugah selera adalah Pondok Gurih. Lokasi kedai ini terhitung cukup jauh dari pusat kota. Tetapi, Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi Pondok Gurih, sebab kedai ini memberikan konsep ruang alam terbuka yang sangat nyaman dan sejuk.

Bagi Anda yang ingin berwisata kuliner sekaligus melepas penat dengan menghirup alam lebih leluasa. Maka, rumah makan pondok gurih adalah pilihan terbaik. Anda juga bisa menikmati beragam menu andalan yang sudah terkenal kelezatannya, seperti lele bakar ukuran jumbo, dan sop buntut segar.

9. Warung Kadang Kebo

Mendengar nama aneh dan unik, bisa menjadi salah satu daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Hal tersebut juga berlaku pada tempat makan di Banjarnegara Warung Kandang Kebo. Meskipun penamaannya sangat unik, tetapi Anda tidak akan menemukan kebo berkeliaran di rumah makan tersebut.

Pasalnya, penamaan warung kendang kebo ini dengan tema pedesaan. Sehingga, jika Anda mengunjungi rumah makan ini akan terasa konsep dan suasana tempo dulu. Bahkan, hampir seluruh bangunannya terbuat dari kayu.

Anda juga bisa menikmati suasana asri di Warung Kandang Kebo sebab banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar. Untuk menu andalan yang bisa Anda coba adalah paket sego kendang. Menu ini sangat disukai wisatawan sebab menyajikan paket komplit. Mulai dari nasi, peyek, sayur lodeh, telur dadar, hingga sambal.

Harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat, sehingga tidak perlu khawatir akan membuat kantor jebol. Kunjungi Warung Kandang Kebo ini di Jalan Banjarnegara Pagentan Rt 02 Rw 03 Kutayasa, Kec. Madukara, Banjarnegara.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat makan di Banjarnegara yang bisa Anda jadikan pilihan sangat berkunjung. Pastikan wisata kuliner ini tidak hanya menambah pengetahuan Anda terkait cita rasa, melainkan dapat melepas penat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.