10 Tempat Makan Murah di Pangandaran yang Menggugah Selera

oleh -54 views
tempat makan murah di Pangandaran
(Sumber : Itrip.id)

Pangandaran merupakan salah satu tempat dengan tujuan wisata di daerah Jawa Barat. Daerah tersebut sangat terkenal dengan berbagai pemandangan pantai yang menakjubkan. Namun, tempat makan murah di Pangandaran juga tidak kalah menarik dan wajib untuk Anda kunjungi.

Berada di Pangandaran akan memberikan sensasi liburan yang berbeda. Sebab, Anda dapat menikmati banyak keindahan alam yang unik dan menarik. Selain itu, berbagai masakan baik khas Indonesia maupun Western dapat Anda cicipi dengan harga terjangkau dan sangat enak.

Ketahui Apa Saja Tempat Makan Murah di Pangandaran

Jika Anda penasaran dengan tempat makan murah di Pangandaran, pastikan untuk mengikuti setiap pembahasan detail pada artikel kali ini.

1. Rumah Makan Bu Surman

Rekomendasi rumah makan pertama yang wajib Anda coba ketika berkunjung di Pangandaran adalah milik Bu Surman. Lokasinya tepat di daerah Panajungan dan buka setiap hari pada pukul 06.00 – 22.30 WIB.

Berkunjung di rumah makan milik Bu Surman, Anda bisa menikmati aneka masakan laut. Baik ikan maupun beberapa hewan laut lainnya yang segar. Salah satu menu andalan yang tidak boleh terlewatkan adalah sambal kerapu pedas dengan perpaduan saus padang.

Tempat makan murah di Pangandaran ini juga menyajikan kakap bakar dan udang bakar yang bisa Anda nikmati dengan kelezatan tersendiri. Harga satu porsi kakap bakar dengan berat kurang lebih satu kilogram, bisa Anda bawa pulang hanya dengan merogoh kocek Rp. 150 ribu. Sementara udang bakarnya sekitar Rp. 120 ribu.

2. Sate Galunggung

tempat makan murah di Pangandaran
(Sumber : Phinemo.com)

Berikutnya, bagi Anda yang menyukai hidangan berbau arang dan pembakaran seperti sate maka rumah makan sate galunggung adalah pilihan terbaik. Pada warung makan ini, Anda bisa menemukan dua menu andalah yaitu sate ayam dan sate kambing.

Kedua jenis sate itu nantinya akan diaduk rata pada bumbu legit kacang tanah dengan perpaduan kecap rawit. Sebagai pelengkap karena telah mengunjungi tempat makan murah di Pangandaran, Anda juga bisa menggabungkan menu dengan sup kambing, sup buntut, gulai kambing, hingga sup kaki sapi.

Dengan menu masakan semewah itu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 20 ribu saja. Jika berminat untuk mengunjungi sate galunggung, Anda bisa menemukannya di Jalan Kidang Pananjung setiap pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

3. Soto Jarkomi

Masih berbau kuah, soto Jarkomi juga menjadi rekomendasi tempat makan murah di Pangandaran yang bisa Anda pertimbangkan. Berbeda dengan soto kebanyakan yang kaya akan rempah, di Soto jarkomi Anda akan menemukan bentuk kuahnya berwarna bening hampir menyerupai laksa.

Isian pada semangkuk soto jarkomi berupa irisan daging lembut, bihun, kerupuk merah dengan taburan lengkap irisan daun bawang. Anda juga bisa menambahkan kecap, jeruk nipis, sambal, hingga potongan daun bawang untuk melengkapi hidangan.

Soto ini cukup terkenal sebab sudah berdiri sejak tahun 1960an. Harga per porsinya juga sangat murah sekitar Rp. 15.000 saja. Tempatnya bisa Anda kunjungi di area jalan Pananjung No. 412 Kecamatan Pangandaran pada pagi hari pukul 05.00-10.00 WIB dan sore hari pukul 04.15 hingga 22.00.

4. Rumah Makan Seafood Berkah

Menikmati sajian seafood dengan biaya mahal? Tenang, Anda tidak akan menemukannya di Pangandaran. Sebab, kini terdapat rumah makan seafood berkah sebagai salah satu tempat makan murah di Pangandaran.

Pilihan seafoodnya sangat beragam, mulai dari kepiting, udang, ikan, krang, cumi, maupun jenis makanan laut lainnya. Anda bahkan diberi kebebasan untuk memilih jenis ikan yang ingin dimasak, sehingga tidak lagi ragu terhadap kesegaran bahan.

Harga yang ditawarkan rumah makan seafood berkah mulai dari Rp. 25 ribu per porsinya. Hal tersebut berbeda berdasarkan jenis seafood yang Anda pilih. Untuk jam operasionalnya bisa Anda temukan mulai pukul 07.30 – 22.00 WIB.

5. Pindang Gunung

Ikan laut yang banyak beredar di pasaran adalah pindang. Meskipun begitu, di daerah Pangandaran, Anda akan menemukannya dalam bentuk berbeda. Apalagi jika sudah dimasak dengan perpaduan lengkap bumbu Sunda seperti pelengkap dari buah honje, dan daun kedondong sebagai penyedap.

Biasanya, sajian pindang gunung memanfaatkan ikan kakap sebab memiliki daging cukup besar dan tidak berbau amis. Meskipun ketika mendengar kata kakap terkesan menyodorkan harga mahal, nyatanya Anda dapat menikmati sajian lezat ini hanya dengan Rp. 15 ribu per porsi sup nya. Sangat menggoda sekali, bukan?

6. Pasar Ikan Pangandaran

Tempat makan murah di Pangandaran selanjutnya adalah Pasar Ikan. Meskipun namanya pasar ikan, namun Kawasan ini justru berisi berbagai macam warung yang menjual aneka olahan seafood.

Anda dapat menemukan dan membeli berbagai macam seafood favorit untuk dibawa pulang secara kiloan dengan harga sangat terjangkau. Salah satu rekomendasi menu terkenal Kawasan ini adalah kepiting goreng. Bentuknya sangat kecil namun sudah diolah bersamaan dengan cangkang dan memiliki rasa sangat gurih serta renyah.

Anda juga akan mendapatkan aneka saus di daerah pasar ikan ini. Mulai dari rasa asam manis hingga yang paling favorit yaitu saus tiram sebagai pelengkap makan bersama seafood yang telah Anda beli sebelumnya. Untuk mengunjungi lokasi ini, Anda bisa mencarinya di sekitar jalan pantai timur, Pangandaran.

7. Rumah Makan karya Bahari

tempat makan murah di Pangandaran
(Sumber : restaurantguru.com)

Jika ingin menemukan kuline seafood ciamik dengan rasa khas, maka rumah makan karya bahari merupakan pilihan paling tepat di pangandaran. Sebab, rumah makan ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan yang mencari tempat makan murah di Pangandaran.

Anda dapat menemukan berbagai macam olahan seafood beserta saus dan bumbu khas daerah Pangandaran. Jika di pasar ikan Anda dapat membelinya kiloan, maka rumah makan karya bahari memperbolehkan Anda membeli berdasarkan berat gram yang diinginkan.

Namun, setiap pembeli harus melakukan transaksi minimal 300 gram. Harganya cukup bervariasi, sesuai dengan jenis seafood yang Anda inginkan dan berat pembelian. Anda bisa mengunjungi rumah makan ini setiap pukul 08.00 hingga 22.00 WIB di komplek Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran.

8. Pondok Pangandaran

Apabila mencari tempat makan murah di Pangandaran dengan rasa sangat enak, maka pondok Pangandaran merupakan lokasi wajib selanjutnya yang tidak terlewat untuk dikunjungi. Sajian menu andalannya juga sangat menggiurkan yaitu berbagai olahan seafood sesuai dengan lokasinya yang dekat dengan pantai.

Namun, menu populer yang hampir tidak pernah sepi wisatawan perebutkan adalah cumi goreng gurih pedas dengan rasa yang menggoda. Apalagi harga yang ditawarkan per porsi cukup murah yaitu sekitar Rp. 30 ribu saja. 

9. Rumah makan Sari Laut Rasa Sayang

Olahan seafood yang terkenal dengan sajian segar dan berada tidak jauh dari tempat pelelangan ikan adalah rumah makan sari laut rasa sayang. Tempat makan murah di Pangandaran ini sangat terkenal di kalangan wisatawan sebab memberikan menu dengan bumbu yang sangat khas.

Bumbu di rumah makan ini merupakan hasil racikan dengan perpaduan rasa khas Thailand dan Chinese food. Sehingga, sensasi yang ditonjolkannya sangat berbeda dan memberikan perasaan puas kepada pelanggan terhadap citarasa yang diberikan.

Anda juga diberi keleluasaan untuk mengambil berbagai macam seafood langsung dari kolamnya. Untuk varian saus, rumah makan sari laut rasa sayang menawarkan saus asam manis, padang, tiram, hingga saus telur asin yang mampu menggoyang lidah.

10. Es Dawet

Makanan khas dengan harga murah tidak melulu soal menu berat saja. Apalagi dari tadi rekomendasi yang diberikan hanya seputar seafood sebab daerah ini memiliki mata pencaharian mayoritas sebagai petani.

Dawet juga menjadi salah satu menu andalan bagi setiap wisatawan yang mencari tempat makan murah di Pangandaran. Menu andalan khas daerah adalah dawet hitam dawala di kecamatan Pangandaran.

Apalagi setelah lelah seharian berkeliling tempat wisata, maka menyegarkan kerongkongan dengan dawet segar dalam menjadi ide paling cemerlang. Terlebih jika Anda menikmatinya bersama keluarga besar, maka dapat memicu momen kekeluargaan yang lebih akrab dan harmonis kembali.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat makan murah di Pangandaran yang telah kami sampaikan melalui pembahasan di atas. Meskipun mayoritas menu andalan setiap rumah makan adalah seafood, Anda tetap dapat menikmati salah satu pilihan terbaik ketika berkunjung di Pangandaran.

Pastikan untuk menikmati setiap pariwisata yang tengah Anda lakukan. Namun, jangan lupa mampir pada beberapa rekomendasi tempat makan di atas, ya. Selamat bersenang-senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.