Ini 6 Tempat Oleh-oleh Khas Cilacap dan Rekomendasinya

oleh -35 views
tempat oleh-oleh khas cilacap

Saat berlibur ke suatu tempat memang akan kurang lengkap tanpa membeli buah tangan atau oleh-oleh. Termasuk saat Anda berlibur ke Cilacap. Apalagi daerah ini memiliki banyak sekali item khas yang sangat menarik, baik itu kuliner ataupun barang. Lalu, dimana saja tempat oleh-oleh khas Cilacap itu? Apa saja rekomendasi item oleh-olehnya? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

6 Rekomendasi Tempat Oleh-oleh Khas Cilacap

tempat oleh-oleh khas cilacap
(sumber gambar: lazada.net)

Anda memang bisa saja membeli oleh-oleh di berbagai tempat di Cilacap, karena memang tersebar di seluruh kota. Akan tetapi, ada beberapa toko khusus yang memang menjual berbagai oleh-oleh tersebut. Inilah beberapa rekomendasi tempat oleh-oleh khas Cilacap yang bisa Anda kunjungi:

1. Pusat Oleh-oleh Cilacap

Tempat oleh-oleh khas Cilacap yang pertama adalah toko Pusat Oleh-oleh Cilacap. Lokasinya sendiri berada di daerah Sidakaya. Disini Anda bisa menemukan banyak sekali makanan khas Cilacap yang enak dan harganya pun cukup terjangkau.

Alamat: Sidakaya, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

2. Pusat Oleh-oleh Khas Cilacap

Sama dengan nama toko sebelumnya, toko ini memiliki nama Pusat Oleh-oleh juga. Perbedaannya, lokasi dari toko ini sendiri berada di daerah Tegalreja, tepatnya Jalan Duren. Di toko ini Anda juga bisa membeli banyak sekali buah tangan khas Cilacap dengan harga yang cukup terjangkau. Jika ingin menghubungi untuk bertanya seputar ketersediaan produk atau pemesanan, Anda bisa menghubungi nomor 0857-3016-9745.

Alamat: Jalan Duren No. 184 Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Tegalreja, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

3. Toko Valery

Tempat oleh-oleh khas Cilacap selanjutnya adalah Toko Valery yang berada di daerah Gatot Subroto. Anda bisa membeli aneka makanan khas Cilacap dengan harga yang terjangkau. Selain itu, saat kesini jangan lupa membeli salah satu makanan khas toko ini, yaitu Kacang Bawang. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau, membuat banyak sekali wisatawan yang selalu menyempatkan diri mampir ke toko ini saat ke Cilacap.

Alamat: Jalan Gatot Subroto No. 97A, Rejamulya, Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

4. Toko Panginyongan Cilacap

Rekomendasi tempat oleh-oleh khas Cilacap selanjutnya adalah Toko Panginyongan. Sama dengan toko Valery, letak toko ini adalah di daerah Gatot Subroto. Disini Anda bisa menemukan banyak sekali aneka makanan khas Cilacap dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa makanan yang bisa Anda temukan disini adalah gula semut, aneka olahan hasil laut, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa membeli banyak sekali souvenir yang menarik. Misalnya adalah batik mangrove khas Cilacap. Jadi tidak hanya buah tangan berupa makanan saja, tapi juga aneka benda. Untuk harganya sendiri juga bervariasi dan masih tergolong terjangkau. Jadi tidak perlu khawatir kantong terkuras.

Alamat: Jalan Gatot Subroto No. 187, RW:14, Rejamulya, Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

5. Oleh-oleh Sale Pisang

Jika Anda adalah penggemar buah pisang dan ingin mencoba sale pisang khas Cilacap, maka toko ini wajib Anda kunjungi. Pasalnya, toko ini menjual oleh-oleh khas Cilacap, yaitu sale pisang. Anda bisa menemukan sale pisang dengan rasa yang enak dan harga yang bervariasi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa olahan lainnya.

Alamat: Bajing, Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

6. CemilLand – Toko Oleh-oleh

Dari sekian banyak tempat oleh-oleh khas Cilacap, mungkin CemilLand adalah salah satu yang terpopuler. Pasalnya, memang toko ini sudah terkenal luas sebagai pusat buah tangan khas Cilacap yang sering wisatawan kunjungi. Anda bisa menemukan banyak sekali olahan lezat seperti ikan asin, yutuk krispi, kerupuk bakso ikan, kerupuk ikan tengiri, hingga lanting.

Selain itu, ada juga olahan abon ikan tuna, terasi, keripik sukun, sale pisang, dan lain sebagainya. Banyak wisatawan yang kesini untuk membeli kerupuk ikan tengiri karena rasanya yang lezat dan sangat khas. Apalagi toko ini juga buka setiap hari dari Senin sampai Minggu sehingga Anda tidak perlu khawatir tutup saat kesini.

Alamat: Jalan Dr. Sutomo, Pertokoan Semarak Town House No. 11 (Sebelah Hotel Nusantara), Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Cilacap untuk Dibawa Pulang

tempat oleh-oleh khas cilacap
(sumber gambar: wikimedia.org)

Setelah mengetahui beberapa toko oleh-oleh khas Cilacap, agaknya Anda juga harus tau apa saja yang lezat dari daerah ini. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

1. Rempeyek Yutuk

Apabila Anda mencari olahan yang unik dan tidak ada di daerah lain, maka rempeyek yutuk adalah jawabannya. Berbeda dari peyek pada umumnya, rempeyek ini memiliki isian Yutuk yang merupakan sejenis hewan pantai bercangkang. Seperti kepiting tapi bukan satu jenis. Warna hewan Yutuk sendiri sebenarnya adalah hitam, tapi saat Anda mengolahnya nanti akan berubah warna menjadi merah.

Dengan pengolahan menjadi peyek, Anda bisa merasakan citarasa yang gurih dan juga sangat lezat dari peyek ini. Tidak heran jika waisatawan selalu menyempatkan diri untuk membeli rempeyek Yutuk untuk dibawa pulang ke rumah. Apalagi harga per bungkusnya juga cukup terjangkau dan Anda bisa membelinya di banyak toko oleh-oleh.

2. Lanting

Oleh-oleh khas Cilacap selanjutnya yang unik adalah lanting. Ini merupakan jajanan yang terbuat dari singkong yang pengolahannya digoreng seperti kerupuk. Bentuknya juga unk seperti gelang-gelang kecil warna putih. Rasanya yang gurih bisa membuat Anda ketagihan dan tidak hanya dimakan langsung. Karena Anda pun bisa memakannya sebagai lauk makan dengan nasi. Sebungkus lanting biasanya juga memiliki harga yang terjangkau, yaitu 15 ribuan saja.

3. Kerupuk Ikan Tengiri

Bukan rahasia lagi kalau Cilacap adalah daerah yang kaya dengan hasil laut. Tidak heran jika Anda bisa menemukan banyak oleh-oleh khas yang terbuat dari hasil laut seperti kerupuk ikan tengiri. Di Cilacap, selain memakannya langsung kerupuk ikan tengiri juga bisa menjadi teman makan bakso atau soto karena rasanya yang gurih. Apalagi sebungkusnya juga memiliki harga yang murah dan isinya banyak. Sangat cocok untuk buah tangan keluarga di rumah.

4. Abon Ikan Tuna

Di Cilacap ikan tuna yang kaya nutrisi diolah menjadi sajian abon yang bercita rasa gurih dan juga nikmat. Jadi selain kaya dengan nutrisi abon ini bisa menjad cemilan dan teman makan nasi yang sangat lezat. Memang harga satu toplesnya tidak lah murah karena memang ikan tuna sendiri cukup mahal.

Anda harus merogoh kocek sekitar 45 ribu sampai 60 ribu untuk satu toplesnya. Akan tetapi harga ini tentu akan sebanding dengan nutrisi dan kelezatan abon tuna yang bisa Anda rasakan. Untuk membelinya Anda bisa membeli di banyak toko oleh-oleh seperti yang sudah kami tuliskan diatas.

5. Sale Pisang

Cilacap juga sangat terkenal dengan camilan manisnya, yaitu sale pisang. Pisang yang matang kemudian diiris tipis dan dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering kemudian digoreng dengan tepung ataupun secara langsung. Perpaduan krispi, manis, dan sedikit gurih membuatnya menjadi makanan favorit banyak orang. Harga oleh-oleh sale pisang pun tergolong murah, yaitu sekitar 15 ribu saja satu bungkusnya.

Di Cilacap Anda juga bisa menemukan banyak variasi sale pisang yang unik dan juga pastinya lezat. Tidak hanya original, banyak penjual yang sudah memodifikasi sale dengan banyak variasi rasa seperti coklat dan juga keju. Sangat menarik bukan?

6. Templeng

Rekomendasi oleh-oleh dari Cilacap yang terakhir adalah Templeng. Dari penampilannya camilan ini memang terlihat seperti rempeyek karena menggunakan tepung dan digoreng sampai kering. Akan tetapi, sebenarnya kedua olahan ini berbeda dari segi bumbu dan bahan utamanya. Templeng sendiri memiliki banyak varian seperti ikan teri, rebon, kacang, kacang ijo, dan juga kacang kedelai.

Bumbunya juga khas sehingga rasanya lebih kuat daripada rempeyek biasa. Camilan ini tidak hanya bisa Anda makan langsung, tapi juga cocok untuk teman makan nasi dan lauk lainnya. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari 15 ribu sampai 20 ribu perbungkusnya. Templeng juga tersedia di banyak toko oleh-oleh sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah.

Nah, itulah beberapa tempat oleh-oleh khas Cilacap sekaligus rekomendasi olahan yang bisa Anda beli. Jadi pastikan saat ke Cilacap Anda mampir ke berbagai tempat ini agar bisa mencicipi olahan khas Cilacap yang lezat dan juga unik ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.