15 Pilihan Tempat Rekreasi Di Cilacap yang Wajib DiKunjungi

oleh -430 views
tempat rekreasi di cilacap

Cilacap adalah salah satu wilayah kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Mungkin Anda sebelumnya sudah kenal bahwa Cilacap merupakan penjaranya para tahanan mati dan juga seumurh hidup tepatnya di Pulau Nusakmabgan. Meskipun sedikit menyeramkan, tempat rekreasi di Cilacap ini mempunyai pemandangan yang tak kalah indah.

15 Tempat Rekreasi Di Cilacap

Untuk itu, jika Anda punya waktu luang berkunjunglah ke Cilacap di akhir pekan nanti. Kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi favorit untuk waktu liburan Anda nantinya.

1.    Benteng Pendem

Benteng pendem adalah peninggalan belanda di mana menurun sejarah telah ada sejak tahun 1861. Lalu pendem ini dalam Bahasa Jawanya memiliki arti pendam.sebab Benteng ini sempat terpendam dari pasir hingga tidak terurus.

Akan tetapi pada tahun 1986, Benteng ini sudah mulai digali hingga dirawat sedemikian rupa. Oleh karena itulah, tempat ini bisa menjadi salah satu objek wisata favorit di Cilacap saat ini. Anda cukup membayar uang tiket sebesar 5 ribu saja jika berkunjung kesini.

2.    Pantai Teluk Penyu

Daerah Cilacap ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga membuat Cilacap mempunya jajaran pantai yang begitu indah sekali. Salah satunya Teluk Penyu ini.  Untuk lokasinya tidak jauh dari Benteng Pendem tadi,

Meskipun Anda tidak akan pernah menemukan penyu di pantai tersebut, anmum pantai ini akan memanjakan Anda dengan panoramanya yang begitu indah. Lalu juga terdapat latar belakang dari Pulau Nusakambangan yang berwarna hijau cantik. Jika Anda ingin menikmati senja maka akan terlihat panorama yang begitu indah dari pantai ini. Harga tiket hanya 5 ribu saja.

3.    Curug Mandala

Tidak hanya pantai yang dimiliki oleh Cilacap namun juga ada wisata seperti air terjun yang begitu menyegarkan sekali. Untuk lokasinya sendiri tepat di Desa Mandala. Agar bisa sampai kesini maka Anda harus mempersiapkan segala perbekalan fisik yang kuat sebab harus melewati berbagai bukit yang sekiranya cukup menguras tenaga Anda nantinya.

Akan tetapi, Lelah Anda saat perjalanan nanti Anda akan terbayarkan dengan kesegaran air terjun yang terpancar deras dari sela-sela batuan.

4.    Curug Cimandaway

Ini berbeda dengan curug sebelumnya, sebab Curug Mandala sendiri bisa dikatakan masih minim akan fasilitasnya. Lain halnya dengan Curug Cimandaway yang mempunya fasilitas penunjang pariwisata lebih lengkap.

Seperti halnya toilet, tempat makan, bahkan sarana bermain seperti flying fox juga ada. Curug punya mitos yang begitu unik yaitu jika ada pasangan yang datang kesini maka akan berjodoh. Apakah Anda ingin mencobanya juga bersama pasangan?

5.    Kemit Forest

Tentu saja Cilacap ini tidak mau ketinggalan dengan destinasi wisata yang kekinian. Lokasinya ini berada di Kemit Forest, Anda nanti bisa seru-seruan bersama kerabat ataupun sahabat untuk menikmati pemandangan Cilacap dari atas gardu pandang.

Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda pajang di akun social media Anda. seperti sepeda gantung hingga hutan pinus juga ada.

6.    Gunung Selok

Gunung satu ini bukan hanya sekedar gunung biasa saja. Sebab kabarnya gunung ini adalah kayangan di bumi yang telah para dewa bangun saat ia dihukum oleh Tuhan.

Sehingga tidak heran jika pemandangannya dari atas gunung begitu menakjubkan sekali dan mengagumkan. Nanti dari sini pun, Anda bisa melihat berbagai pemandangan sawah serta Pantai Sodong yang begitu indahnya. Sehingga jika Anda ingin berfoto akan tersedia juga balon udara ala Gunung Selok yang sangat unik.

7.    Segara Anakan

Sebenarnya ini adalah sebuah laguna yang merupakan pemisah antara Pulau Jawa dengan Pulau Nusakambangan. Lalu di Kawasan laguna ini Anda akan menjumpai beraneka macam jenis dari mangrove dan ikan yang hidup di dalamnya.

Apalagi dengan adanya angin sepoi-sepoi serta pemandangan hijau yang akan menambah indahnya suasana disana. Pastinya asyik sekali bukan?

8.    Curug Pengantin

Meskipun curug pengantin ini lebih terkenal ada di Banyumas, akan tetapi juga ada curug yang sama di daerah Cilacap. Meskipun tingginya hanya 20 mb saja namun curug ini menjadi penyejuk hati bagi warga lokal dan wisatawan saat berkunjung ke tempat ini.

9.    Pantai kemiren

Pantai ini berbeda dengan pantai sebelumnya yang airnya lebih cenderung tenang. Sebab di pantai kemiran ombaknya cukup besar sekali. Sehingga sebaiknya Anda disarankan untuk tidak berenang di pantai ini.

Namun kecantikan dari Pantai kemiran ini bukanlah dikenal dari ombaknya tersebut, melainkan area sekitar pantai yang mempunyai pepohonan cukup rimban dan pastinya sangat instagramable sekali.

10.  Waduk Kubangkangkung

Ternyata waduk ini sudah ada saat zaman Belanda dahulu. Waduk buatan ini adalah sumber cadangan dari air bersih. Allu kini waduk ini pun sudah berkembang jadi objek sitara yang asyik sekali untuk dikunjungi bersama keluarga.

Sebab Anda tidak hanya bisa menikmati ketenangan air nya saja tapi Anda juga bisa berwisata kuliner khas Cilacap yang begitu menggugah selera di daerah wisata ini.

11.  Pantai Sodong

Pantai ini punya panorama indah sekali yaitu perbukitan Gunung Selok yang megah sekali, lalu juga ada deretan pohon cemara yang menjadi salah satu spot berfoto yang tidak boleh Anda lewatkan sama sekali,

Wisata tersebut juga termasuk kategori pantai terbaik yang ada di daerah Cilacap ini . Apalagi saat menikmati suasana senja maka ini adalah waktu favorit menikmati keindahan pantai ini.

12.  Pantai Kali Kencana

Pantai ini memang merupakan tempat tahanan untuk para narapidana. Namun selain itu, ternyata ia punya bagian yang bisa diakses oleh masyarakat dan wisatawan. Diantara adalah tempat wisata yang kini sedang hits di kota Cilacap yaitu Pantai Kali KEncana.

Anda bisa mencapai pantai ini usai menempuh perjalanan dari Pantai Teluk Penyu selama 15 menit. Untuk sampai kesini Anda bisa menaiki perahu tradisional yang ada di Pantai Teluk Penyu.

Namun tidak hanya sampai disitu, Anda harus berjalan dulu untuk menyusuri hutan sekitar 3 jam perjalanan baru bisa sampai di lokasi pantai ini. Tenang saja, jauhnya perjalanan Anda akan terbayarkan nanti akan keindahan pantai yang terhampar berwarna biru ini apalagi pasirnya berwarna putih bersih.

13.  Pantai Kalipat

Pantai lain yang bisa dikunjungi yaitu Pantai kalipat yang berlokasikan di Nusamkambangan. Namun untuk sampai kesini Anda tidak perlu menguras tenaga seperti halnya pantai kali Kencana. Sebab Anda Cuma butuh waktu 1 jam saja berjalan kaki dari derma hingga lokasi pantai ini.

Itulah deretan tempat rekreasi di Cilacap yang wajib Anda kunjungi saat liburan akhir tahun atau akhir pekan nanti. Banyaknya pantai dan destinasi wisata lainnya yang sangat unik pastinya membuat Anda ingin segera berkunjung kesini bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.