Inilah Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Hits 2022

oleh -482 views
tempat-wisata-di-banjarnegara

Pernahkah Anda berkunjung ke Banjarnegara? Jika belum, maka Anda wajib mulai mempertimbangkan untuk mengunjungi kabupaten ini. Ada banyak sekali tempat wisata di Banjarnegara yang bagus dan sayang untuk Anda lewatkan di tahun 2022. Apa saja? Inilah rekomendasi selengkapnya.

Berkenalan dengan Kabupaten Banjarnegara

tempat-wisata-di-banjarnegara
(sumber gambar: purwokertokita.com)

Sebelum memasuki rekomendasi destinasi wisata, agaknya Anda harus berkenalan dahulu dengan daerah ini. Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya juga bernama sama, yaitu Banjarnegara.

Secara geografis, Banjarnegara berbatasan dengan banyak kabupaten lain. Sebelah utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang dan Pekalongan. Kemudian sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kebumen di sebelah selatan. Terakhir, juga berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Purbalingga di sebelah barat.

Tidak hanya memiliki destinasi wisata, keramah tamahan penduduk dan keanekaragaman kuliner di Banjarnegara juga sangat menarik. Anda bisa menjumpai beberapa hidangan khas seperti Dawet Ayu, Combro Kering, Apem Madukara, Jipang, Buntil, Jenang Salak Madukara, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Hits 2022

tempat-wisata-di-banjarnegara
(sumber gambar: dieng.me)

Sebagai sebuah kabupaten di Jawa Tengah dengan kondisi alam yang beragam, ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika kesini. Sayangnya, memang belum banyak orang yang mengetahui potensi wisata dari Banjarnegara.

Mulai dari destinasi wisata kekinian hingga wisata alam yang luar biasa indahnya. Inilah beberapa tempat wisata di Banjarnegara yang wajib Anda kunjungi:

1. Telaga Merdada

Ketika berkunjung kesini, Anda harus siap melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Telaga Merdada merupakan bukti bahwa aktivitas perut bumi bisa menghasilkan suatu keindahan panorama alam yang luar biasa. Ya, karena memang telaga ini merupakan hasil dari letusan gunung berapi.

Lokasi wisata ini masih berada dalam 1 kompleks dengan dataran tinggi Dieng. Ukurannya juga paling luas jika Anda bandingkan dengan beberapa telaga lain yang ada di Banjarnegara. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Pauan, Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Anda hanya cukup membayar Rp. 5.000 untuk bisa memasuki wisata Telaga Merdada.

2. Arung Jeram Sungai Serayu

Tempat wisata di Banjarnegara yang satu ini akan sangat sesuai untuk Anda yang mencintai olahraga menantang andrenalin. Arung jeram ini berada di Desa Randengan, Jalan Banjarnegara KM 15. Aliran dari Sungai Serayu memang terkenal deras, sehingga cocok sebagai wahana arung jeram yang menantang.

Aliran sungai yang deras ini kemudian menuju Waduk Mrica dan nantinya ditampung di waduk tersebut. Selain deras, aliran dari Sungai Serayu juga berkelok-kelok. Ini membuat Anda yang sedang bermain di sini akan merasakan sensasi petualangan menantang karena track arung jeramnya yang memang tidak mudah. Ditambah lagi dengan adanya batu-batuan besar yang memecah sungai.

Pemandangan sekitar juga sangat memanjakan mata dan membuat rileks. Ada deretan pohon-pohon hijau yang membuat suasana rindang dan teduh. Untuk bermain, Anda bisa menyewa perahu karet lengkap dengan berbagai perlengkapannya. Untuk harga tiketnya sendiri adalah sebesar Rp. 180.000.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Purwokerto yang Mengalihkan Perhatian

3. Waduk Mrica

Masih terkait dengan wisata arung jeram Sirayu, Anda yang ingin ketenangan bisa menghabiskan waktu dengan menikmati pemandangan di Waduk Mrica. Sebagai waduk buatan tebesar di Asia Tenggara, waduk yang satu ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung. Untuk menghabiskan waktu dengan bersantai, atau untuk mengagumi PLTA raksasa yang megah.

Meski berupa waduk, namun Anda tidak bisa meremehkan pesona yang waduk ini tawarkan. Deretan pepohonan dan megahnya hamparan air membuat suasana menjadi sangat asri sekaligus menenangkan. Apalagi ketika waktu matahari terbenam atau sunset tiba, maka keindahannya akan bertambah 2 kali lipat.

Lokasinya berada di Jalan Dusun Satu, Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk tiket masuk juga sangat murah meriah, yaitu hanya sebesar Rp. 2.000 saja per orangnya. Anda bisa membawa bekal untuk kemudian piknik di waduk ini. Jika tidak membawa bekal pun tidak perlu khawatir karena ada banyak penjual makanan di sekitar waduk yang bisa Anda beli.

4. Kawah Candradimuka

Tempat wisata di Banjarnegara yang satu ini erat sekali kaitannya dengan tokoh pewayangan yang sangat terkenal, Gatotkaca. Banyak yang mempercayai bahwa kawah ini merupakan tempat pertama kali Gatotkaca mendapatkan kesaktiannya. Lokasinya berada di Jalan Sidomulyo, Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ketika kesini Anda bisa melihat kabut yang cukup pekat dan hawa yang cukup dingin. Tidak mengherankan karena memang wilayah alam sekitarnya masih sangat terjaga dan asri. Untuk masuk ke wisata ini Anda hanya cukup membayar Rp. 5.000 saja per orangnya.

5. Anglir Mendung

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan berenang, maka bisa mengunjungi Anglir Mendung. Ini merupakan wisata yang dikelilingi oleh hutan lindung yang masih sangat asri dan terjaga. Anda bisa merasakan hawa sejuk dan segar ketika berkunjung kesini.

Di wisata ini terdapat juga kolam renang dan taman bermain, sehingga Anda bisa membawa keluarga untuk berlibur dengan nyaman dan seru. Tidak hanya sekedar berenang dan menikmatii suasana, Anda juga bisa berkemah atau camping di wisata Anglir Mendung lho.

Pihak pengelola wisata ini juga telah menyediakan spot perkemahan yang cukup luas. Terhitung 200 tenda sekaligus bisa berdiri di perkemahan ini. Lokasi Anglir Mendung berada di Jalan Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya sendiri sekitar Rp. 10.000 per orangnya. Sangat terjangkau bukan?

6. Kawah Sikidang Dieng

Tempat wisata di Banjarnegara yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Kawah Singkidang Dieng. Bagi masyarakat Banjarnegara dan daerah sekitar, ini merupakan wisata unggulan yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Ketika mendung, kabut akan semakin pekat dan membuat suasana menjadi semakin dingin.

Sementara ketika cerah, Anda bisa melihat panorama landscape alami yang luar biasa indahnya. Pada hari libur, lokasi ini akan lebih padat dengan pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di kawah ini. Sebagai catatan, Anda tidak boleh melewati garis batas yang sudah ditetapkan ketika berkunjung ke kawah ini.

Selain itu, jam operasional wisatanya hanya buka sampai sore hari, sehingga waktu terbaik untuk kesini adalah pagi atau siang hari. Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp. 10.000 per orang. Sementara lokasi tepatnya berada ddi Jalan Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

7. Curug Pitu

Wisata curug juga cukup mudah Anda jumpai ketika pergi ke Banjarnegara, salah satunya adalah Curug Pitu. Ketika kesini, Anda bisa melihat air terjun yang unik karena memiliki 7 tujuh tingkatan. Ini pula yang menjadi latar belajang dari namanya “pitu” yang berarti 7 (tujuh) dalam Bahasa Indonesia.

Dengan keunikan ini, pemandangan yang disuguhkan oleh Curug Pitu memang sangat indah. Akses untuk ke curug ini juga tidaklah rumit karena sudah terdapat tangga. Lokasinya berada di Kemiri, Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Barat.

8. Museum Kailasa Dieng

Tempat wisata di Banjarnegara ini sangat cocok untuk Anda yang gemar sekali dengan wisata kesejarahan. Disini Anda bisa menjumpai banyak sekali peninggalan bersejarah berupa artefak. Meski terbilang museum baru, namun koleksi bendanya sudah cukup beragam dan sangat kaya akan ilmu pengetahuan.

Lokasinya berada di Jalan Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya. Sangat murah meriah bukan?

9. Surya Yudha Park

Terakhir, Anda bisa berkunjung ke taman hiburan Surya Yudha ketika pergi ke Banjarnegara. Disini Anda akan menjumpai banyak sekali wahana seru, seperti rafting, olahraga, hingga wisata outbond. Selain ada banyak wahana, Anda juga bisa berfoto-foto ria di berbagai spot yang unik dan bagus.

Tidak ketinggalan, ada pula arena waterboom yang lengkap dengan kolam renang dan berbagai wahana air seru lainnya. Untuk tiket masuk hanya sebesar Rp. 25.000 saja perorangnya. Alamatnya sendiri adalah di Jalan Raya Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Nah, itulah berbagai rekomendasi tempat wisata di Banjarnegara yang bisa Anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi berlibur Anda yang seru dan menyenangkan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.