Rekomendasi Tempat Wisata di Banyumas yang Wajib Dikunjungi

oleh -344 views
tempat wisata di banyumas

Banyumas adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini merupakan bagian dari wilayah budaya Banyumasan, lebih tepatnya bagian barat Jawa Tengah. Sebagai sebuah kabupaten yang populer di Jateng, ada banyak tempat wisata di Banyumas yang layak menjadi destinasi liburan. Apa saja? Berikut daftar lengkapnya.

8 Tempat Wisata di Banyumas

Sebagai referensi liburan, berikut beberapa destinasi unggulan di Banyumas yang bisa Anda kunjungi:

1. Goa Maria Kaliori

tempat wisata di banyumas
(sumber gambar: google.maps.com)

Rekomendasi wisata di Banyumas, kami buka dengan tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Berdiri sejak tahun 1989 silam, goa ini menjadi kunjungan wajib para wisatawan yang ingin menikmati suasana wisata religius Katolik. Selain itu, terdapat juga kompleks penziarahan yang selalu ramai oleh pengunjung, khususnya pada waktu tertentu.

Banyak umat Katolik berziarah di area tersebut, khususnya pada bulan Desember, yang bertepatan dengan Hari Raya Natal. Ada pemakaman Uskup dan Imam, Aula St. Yoseph, Taman Rosario Hidup, gereja, Jalan Kalib, Kapel Ratu Surga, sampai ruang pengakuan dosa. Anda juga bisa melihat Rumah Retret Maria Immaculata yang bisa menampung sampai 150 pengunjung, pendopo untuk para peziarah, hingga toko souvenir.

Lokasinya berada di Jalan Goa Maria Kaliori, Kecamatan Kalibangor, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk jam operasionalnya sendiri adalah mulai pukul 08.00 sampai 17.00, sehingga bisa membuat Anda lebih lama ketika berkunjung kesini. Anda yang tidak Katolik pun bisa tetap berwisata di tempat ini.

2. Small World Purwokerto

Lokasi wisata yang selanjutnya akan sangat cocok untuk Anda yang gemar menghabiskan liburan dengan berfoto. Di tempat ini Anda bisa menjumpai banyak sekali spot foto yang unik dan menarik untuk bahan upload di Instagram. Ada landmark miniatur dunia, yang siap menjadi latar foto Anda. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana di small garden maupun menghabiskan waktu dengan bersantai di cafe dan restonya.

Lokasinya berada di Jalan Raya Baturraden, Ketenger, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional tempat wisata ini adalah pukul 07.00 sampai 21.00, yang bisa membuat Anda menikmati waktu yang lama disini. Sementara untuk harga tiketnya sebesar Rp. 10.000 untuk anak-anak (all days), dan dewasa Rp. 20.000 (weekdays) dan Rp. 25.000 (weekend). Cukup terjangkau bukan?

3. Masjid Saka Tunggal

Tempat wisata di Banyumas selanjutnya kembali akan sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan wisata religi. Banyak masyarakat yang percaya bahwa Masjid Saka Tunggal atau Masjid Baitussalam sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satu keunikan dari masjid ini adalah dindingnya yang terbuat dari anyaman bambu. Dinding ini memiliki motif seperti motif wajik dan memiliki beberapa tiang penyangga cukup tinggi, kira-kira 5 meter.

Selain untuk beribadah, banyak orang yang mendatangi masjid ini untuk mencari ketenangan batin dan menikmati wisata religi Islam. Ketika berada di dalam masjin, memang suasana yang akan Anda rasakan adalah tenang yang luar biasa dan juga teduh. Area sekitar masjid juga dikelilingi pepohonan yang lebat, tidak heran jika suasananya memang sangat asri.

Lokasi masjid ini berad di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banumas, Jawa Tengah. Untuk masuk Anda tidak perlu mengeluarkn biaya sepeserpun. Sementara untuk jam berkunjung wisatawan adalah mulai pukul 07.00 sampai 17.00.

4. Telaga Sunyi

Bagi Anda yang mencari wisata alam yang sejuk dan tenang, maka telaga Sunyi sangat layak untuk kunjungi. Destinasi ini adalah sebuah telaga yang berada di tengah hutan, sehingga memang suasananya masih sangat alami dan asri. Banyak masyarakat yang percaya bahwa tempat ini sering menjadi tempat untuk menyendiri, dan karena suasananya yang sepi maka diberikanlah nama Telaga Sunyi.

Air telaga sunyi sangatlah jernih dengan warna biru toska yang sangat cantik. Kedalamannya sendiri sekitar 3 meter dan seringkali banyak pengunjung melakukan snorkeling untuk bisa melihat dasar kolam telaga yang indah. Adanya pohon pinus dan damar juga membuat suasana menjadi lebih asri dan teduh.

Lokasi wisata ini berada di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Untuk masuk ke area telaga Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 13.000. Karena berada di area hutan, maka untuk bisa sampai ke telaga Anda harus melewati jalur yang cukup menguras tenaga, namun tentu semua rasa lelah akan terbayar dengan keindahan pemandangan.

Baca Juga: 13 Oleh-oleh Khas Banyumas Paling Populer dan Wajib Dicoba!

5. Curug Jenggala

Tempat wisata di Banyumas selanjutnya adalah curug Jenggala yang populer karena keindahannya. Perlu Anda ingat, ketika kesini Anda hanya bisa bermain air di aliran sungainya saja, karena arus curugnya terbilang deras sehingga cukup berbahaya untuk pengunjung. Dengan ketinggian 30 meter dan 3 aliran air terjun, keindahan curug ini memang tidak perlu Anda ragukan lagi.

Spot terfavorit para pengunjung ketika ke curug Jenggala adalah sebuah dek dari kayu yang berbentuk love atau hati. Dari lokasi ini Anda bisa melihat keindahan curug dengan jelas dan bisa berfoto dengan latar pemandangan indah. Lokasinya sendiri berada di Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk memasuki wisata ini Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 8.000.

6. Kebun Bunga Matahari Rempoah

Rekomendasi tempat wisata di Banyumas selanjutnya adalah kebun bunga matahari Rempoah. Ketika kesini, Anda bisa menyaksikan keindahan bunga matahari dengan aneka warna kuning cerah dan juga bunga marigold. Banyak orang yang tertarik mengunjungi kebun ini untuk berfoto dan kemudian menguploadnya di Instagram.

Tidak heran jika kemudian kebun ini selalu ramai dengan pengunjung. Boleh-boleh saja berfoto di kebun ini, namun pastikan Anda menjaga supaya tidak sampai merusak bunga ya. Lokasinya sendiri berada di Dusun II, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

7. Wisata Baturraden

tempat wisata di banyumas
(sumber gambar: portalwisata.com)

Tempat wisata di Banyumas yang sangat populer adalah wisata Baturraden. Bagi masyarakat, wisat aini juga sering menjadi pilihan berlibur bersama keluarga. Alasan mengapa Baturraden selalu ramai adalah panorama alamnya yang sangat indah sekaligus memiliki banyak sekali pilihan wisata yang menarik. Anda dan keluarga bisa menikmati banyak kegiatan yang seru dan tidak membosankan.

Seperti berenang di alam terbuka yang sejuk dan asri, bermain air di Curug Gumawang, memainkan berbagai wahana permainan, atau bisa juga menghabiskan waktu berfoto-foto bersama keluarga. Disini memang ada banyak sekali spot foto yang indah dan menarik. Alam yang indah dan menakjubkan siap menjadi latar belakang foto Anda yang instagenik.

Lokasi wisata Baturraden tepatnya adalah di Dusun I Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 07.00 sampai 15.00. Untuk memasuki area wisata Anda harus membayar tiket seharga Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000 tergantung pada hari ketika Anda berkunjung.

8. Curug Kembar

Rekomendasi tempat wisata di Banyumas yang terakhir adalah Curug Kembar. Ketika berkunjung kesini, Anda akan menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah dan unik. Disebut kembar karena terdapat 2 air terjun yang berjejer sehingga menimbulkan pemandangan landscape yang unik. Belum lagi tebing sekitarnya yang tertutupi oleh lumut membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Lokasinya berada di Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional curug kembar adalah mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 18.00 sore. Dengan jam buka yang cukup lama, Anda bisa menikmati keindahan curug ini dengan puas bersama keluarga. Fasilitas yang ada di curug juga terbilang cukup untuk kebutuhan vital, seperti gazebo untuk istirahat, kamar mandi, dan warung makan.

Nah, itulah berbagai rekomendasi tempat wisata di Banyumas, Jawa Tengah. Sangat beragam bukan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi? Banyumas tidak hanya menawarkan wisata kekinian dan kuliner saja, namun juga banyak wisata alam yang sangat indah dan memanjakan mata. Jadi, pastikan Anda mengunjungi berbagai destinasi ini ketika pergi ke Banyumas.

Selain itu, jangan lupakan juga bahwa sampai saat ini kita masih berada di tengah pandemi. Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk berlibur jangan pernah lupa untuk membawa perlengkapan kebersihan diri dan menjalankan protokol kesehatan dengan maksimal. Dengan begitu, liburan Anda tetap aman dan meminimalisir potensi penularan virus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.