9 Tempat Wisata di Purbalingga Paling Keren 2022

oleh -407 views
tempat wisata di purbalingga

Purbalingga bisa menjadi salah satu kota tujuan wisata ketika masa libur tiba. Pasalnya, ada berbagai tempat wisata di Purbalingga yang keren dan bisa Anda kunjungi ketika pergi ke kabupaten ini. Purbalingga sendiri merupakan sebuah kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Banyumas. Tidak hanya wisata alam, Anda bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata kekinian yang keren. Apa saja destinasi itu? Inilah daftar selengkapnya.

9 Tempat Wisata di Purbalingga

Sebagai referensi, inilah beberapa lokasi wisata yang layak Anda masukkan ke bucket list ketika di Purbalingga:

1. Jembatan Cinta Pring Wulung

tempat wisata di purbalingga
(sumber gambar: jalanjalanenak.com)

Jika kebetulan Anda sedang berllibur bersama pasangan, maka destinasi yang satu ini wajib Anda kunjungi. Bersama keluargapun, Anda tetap bisa menikmati keindahan pemandangan dan lokasi wisata yang hijau dan asri. Ketika berkunjung, Anda bisa menikmati pemandangan jembatan kayu yang berbentuk seperti hati.

Pada sekeliling jembatan kayu ini, Anda bisa melihat pemandangan alam sekitar yang sangat hijau dan sejuk. Persawahan yang tenang dan air mancur pada bagian tengahnya sangat menenangkan dan membuat rileks. Anda juga bisa berfoto-foto ria di banyak spot yang indah.

Lokasinya sendiri berada di Panusupan RT. 3 RW. 4, Kecamatan Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp. 5.000 saja.

2. Taman Bunga Kutabawa (Flower Garden)

Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini, sangat memanjakan mata para pecinta tanaman khususnya bunga. Pasalnya, ada lautan bunga-bunga yang cantik dan beraneka warna disini. Tidak heran jika tempat ini menawarkan spot foto yang sangat beragam dan semuanya indah!

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain di taman bunga ini, seperti gazebo, tempat penjual makanan dan minuman, serta area bermain anak. Untuk lokasinya berada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Tiket masuknya juga terjangkau, yaitu Rp. 15.000.

3. Curug Tempuran

Purbalingga juga memiliki anugerah wisata alam yang luar biasa indahnya, seperti Curug Tempuran. Wisata yang satu ini sangat populer dan terkenal terutama pada kalangan anak muda. Pemandangan alamnya yang masih asri bisa menjadi lokasi healing yang tenang dan membuat rileks.

Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, namun percikannya tetap sangat indah dan deras. Kolam air yang ada di bawahnya juga terlihat hijau segar dan cukup menjadi tempat berenang yang seru. Anda bisa berkunjung bersama keluarga maupun teman-teman ke curug ini.

Untuk lokasinya sendiri, berada di Jalan Raya Binangun No. 18, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Barat. Sementara itu, untuk harga tiketnya juga sangat murah meriah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000 untuk tiap orangnya.

4. Bendungan Slinga

Rekomendasi wisata selanjutnya adalah Bendungan Slinga. Ini merupakan sebuah bendungan bersejarah yang ada di Purbalingga. Bendungan ini sudah ada sejak tahun 1920, dan yang membangun adalah pemerintahan kolonial Belanda. Meski sudah lama sekali berdiri, namun kondisinya masih sangat kokoh dan terawat.

Pihak pengelola bendungan memang berhasil menjaga kebersihan dan kerapian lokasi ini. Tidak heran jika bendungan ini menjadi salah satu destinasi wisata populer yang ada di Purbalingga. Masyarakat Purbalingga sendiri juga menyebutnya dengan sebutan Bendungan Selis.

Lokasi bendungan ini berada di Jalan Bendungan, Dusun II, Slinga, Kalligondang, Purbalingga, Jawa Tengah. Untuk masuk ke bendungan ini, Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja. Sangar murah meriah bukan?

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Purwokerto Paling Hits

5. Gua Lawa

tempat wisata di purbalingga
(sumber gambar: travelspromo.com)

Tidak hanya memiliki wisata alam air terjun, namun Anda juga bisa berwisata di gua ketika ke Purbalingga. Meski terlihat sama dengan gua pada umumnya, namun terdapat karakteristik yang unik dari gua ini. Sebab, Gua Lawa terbentuk dari lava Gunung Slamet tepatnya pada jaman purbakala.

Nama lawa sendiri bukan tanpa arti. Lawa dalam bahasa Jawa memiliki intonasi “lowo” dan berarti kelelawar. Akan tetapi, tidak perlu takut dengan kelelawar karena gua ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak ada kelelawar saat ini.

Di dalam gua juga terdapat berbagai lampu warna warni yang semakin menambah keindahannya. Lokasinya berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Sementara itu, untuk harga tiketnya adalah sebesar Rp. 20.000 per orangnya.

6. Kampung Kurcaci

Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini akan mengingatkan Anda dengan salah satu film terkenal, yaitu Lords of The Rings. Lebih tepatnya, pada kaun Hobbit atau kurcaci yang ada di film tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena di wisata ini Anda bisa melihat rumah-rumah kurcaci yang unik, imut, dan memiliki warna mencolok.

Dengan keunikan dan imutnya rumah itu, wisata ini menawarkan spot foto yang sangat menarik dan estetik. Sebenarnya, wilayah wisata ini merupakan hutan dan lahan kosong. Kemudian segerombol pemuda bekerjasama dengan pihak perhutani untuk membangun kampung kurcaci ini.

Uniknya tempat wisata ini membuat banyak masyarakat tertarik untuk berkunjung dan menghabiskan waktu disini. Tidak hanya untuk berfoto-foto, namun juga bersantai sambil menikmati alam terbuka yang sejuk dan teduh, karena lokasinya yang ada di lereng Gunung Slamet.

Lokasi kampung Kurcaci adalah di Desa Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk ke wisata ini. Hanya dengan Rp. 5.000 saja, Anda sudah bisa masuk. Sangat terjangkau sekali bukan?

7. Curug Nagasari

Tidak hanya Curug Tempuran saja yang bisa Anda kunjungi ketika ke Purbalingga. Ada Curug Nagasari yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Memiliki ketinggian air lebih dari 75 meter, curug ini memiliki pemandangan alam yang sangat cantik, seperti lukisan. Airnya yang deras tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan mengalir mengenai bagian dinding tebing.

Aliran air yang tidak terlalu deras ini membuat Anda bisa merasakan ketenangan yang tinggi saat ke curug ini. Tidak perlu takut terkena kucuran airnya yang sangat deras dan kuat, karena meski dalam jarak yang dekat semburan air dari curug ini tidak akan menyakiti Anda. Selain itu, Anda juga bisa bermain air di bawah curug.

Lokasi Curug Nagasari adalah Dusun Pucungrumbak, Tanalum, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp. 5.000 untuk per orangnya.

8. Puncak Sendaren

Berwisata alam tentu tidak akan lengkap tanpa destinasi ketinggian dimana Anda bisa melihat keindahan sebuah kota dari atas. Nah, di Purbalingga Anda bisa mengunjungi Puncak Sendaren untuk menikmati hal ini. Ketika berkunjung kesini, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan berupa landscape Purbalingga.

Ketika berada di puncak, Anda juga bisa mengambil banyak foto karena terdapat spot foto yang sangat populer. Terutama bagi anak-anak muda. Lokasi Puncak Sendaren adalahh di Panusuoan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya.

9. Purbasari Pancuran Mas

Tempat wisata di Purbalingga terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Purbasari Pancuran Mas. Wisata yang satu ini menawarkan paket liburan yang lengkap. Anda bisa merasakan liburan wisata modern yang indah sekaligus edukatif. Dari segi fasilitasnya juga tidak perlu Anda ragukan lagi karena sangat lengkap.

Dengan kombinasi ini, tidak heran jika lokasinya selalu padat ketika hari libur tiba. Anda bisa menikmati beberapa pilihan wahana seru disini. Mulai dari waterboom, taman burung, wisata air, river world, planet aquarium Toyoshuka, diorama satwa, taman bermain, bahkan terdapat konservasi rusa.

Ketika berkunjung di masa pandemi, Anda juga akan dimudahkan dengan layanan pembelian tiket secara online. Dengan sistem booking seperti ini, Anda bisa lebih meminimalisir kontak fisik untuk membelli tiket. Lokasinya berada di Jalan Raya Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Harga tiketnya adalah sekitar Rp. 23.000 per orangnya.

Nah, itulah berbagai tempat wisata di Purbalingga yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke kota ini. Dijamin liburan terasa seru dan menyenangkan karena ada beragam pilihan destinasi untuk dipilih. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.