9 Tempat Wisata di Purwokerto Kekinian dan Instagramable

oleh -685 views
tempat wisata di purwokerto

Purwokerto adalah ibukota dari Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Kota yang satu ini memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Tidak heran jika ada banyak tempat wisata di Purwokerto yang layak menjadi destinasi liburan bagi Anda.

Berbagai lokasi ini juga tidak hanya bisa menghadirkan suasana rekreasi saja. Lebih dari itu, tempat liburan ini juga kekinian dan Instagramable sehingga layak untuk Anda abadikan sebagai bahan post di media sosial. Lalu, apa saja daftar destinasi tersebut? Inilah ulasan selengkapnya untuk Anda.

9 Tempat Wisata di Purwokerto

tempat wisata di purwokerto
(sumber gambar: wisatainfo.blogspot.com)

Inilah rekomendasi lengkapnya untuk Anda:

1. Bukit Watu Meja

Bagi Anda dan keluarga yang mencari destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa, maka bukit Watu Meja adalah pilihan yang tepat. Lokasi ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Meski begitu, perlu Anda tahu bahwa akses dan rute yang harus Anda tempuh agar bisa naik ke puncak bukit terbilang sulit dan memakan waktu yang lumayan.

Anda setidaknya harus mendaki selama kurang lebih setengah jam dengan jalanan yang berbatu dan naik. Akan tetapi, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekeliling bukit yang juga sangat indah. Deretan pepohonan yang hijau dan asri serta aliran Sungai Serayu bisa menjadi obat lelah selama perjalanan.

Rasa lelah tersebut juga akan sirna seketika setelah Anda berhasil mencapai puncak bukit. Dari atas bukit, Anda bisa melihat hamparan pemandangan alam Purwokerto yang luar biasa indahnya. Perpaduan hijaunya hutan dan juga aliran Sungai Serayu yang teduh sangat wajib Anda abadikan dan upload di Instagram. Lokasi dari wisata ini berada di Kecamatan Kebasean, Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah.

2. Taman Miniatur Dunia (Small World)

Destinasi wisata selanjutnya adalah Taman Miniatur Dunia yang terletak di Jalan Raya Baturraden Barat, Purwokerto. Ketika berkunjung kesini, Anda bisa melihat banyak sekali miniatur gedung-gedung dan taman yang ada di seluruh dunia. Mulai dari Menara Eiffel dari Paris, kincir angin di Belanda, dan lain sebagainya.

Dengan adanya miniatur yang beraneka rupa dan warna, lokasi taman ini menjadi sangat estetik sebagai tempat berfoto. Anda yang punya hobi mengabadikan momen akan sangat dimanjakan disini. Untuk tiket masuk juga sangat terjangkau, Anda cukup membayar Rp. 15.000 per orang untuk hari biasa dan Rp. 20.000 per orang untuk akhir pekan.

3. Curug Gomblang

Keindahan alam Purwokerto salah satunya adalah Curug Gomblang. Curug ini terlatak di Desa Kalisalak, Kecamtan Kedungbanten, Kabupaten Banyumas. Jaraknya sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Purwokerto. Curug ini terkenal akan pemandangannya yang luar biasa meski tidak terlalu tinggi. Daya tarik utama di curug ini adalah pemandangan sekitar yang mayoritas merupakan bentangan hutan yang hijau nan asri.

Perpaduan antara air terjun dan hamparan hijau ini membuat suasana menjadi teduh dan juga menenangkan. Anda juga bisa memilih banyak sekali spot foto yang sangat estetik di curug ini. Untuk sampai ke lokasi curug, Anda bisa memilih menggunakan motor maupun mobil. Tiket masuknya juga terbilang murah yaitu sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya.

4. Museum BRI Purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah museum BRI yang bisa menjadi destinasi wisata edukasi bagi Anda dan juga keluarga. Lokasi museum ini berada di Jalan Jendral Sudirman No. 57 Purwokerto, Jawa Tengah. Museum ini buka pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan juga Jum’at.

Ketika mengunjungi museum ini Anda bisa melihat bagaimana sejarah Bank BRI khususnya yang ada di Purwokerto, Jawa Tengah. Selain sejarah, Anda juga bisa melihat koleksi uang-uang jaman dahulu baik itu bentuk koin maupun kertas. Tidak hanya itu, berbagai mesin keuangan pada jaman dulu juga bisa Anda jumpai di museum ini. Sangat cocok menjadi tempat wisata sekaligus belajar khususnya bagi buah hati.

5. Wisata Baturraden

Wisata Baturraden tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. Hal ini karena pemandangan yang luar biasa bisa Anda jumpai pada tempat ini. Tepatnya adalah pemandangan Gunung Slamet yang ada di sisi utara wisata Baturraden. Anda juga bisa melihat berbagai pilihan wahana di lokasi ini.

Mulai dari sepeda air, terapi ikan, pemandian air panas, hingga kolam renang bisa menjadi pilihan tempat rekreasi yang bagus bersama keluarga. Tidak hanya lengkap dari segi wahana, Anda juga bisa mengambil berbagai spot foto yang estetik di lokasi Baturraden. Bahkan bagi Anda yang menyukai satwa, wisata Baturraden juga memiliki kebun binatang mini yang bisa Anda kunjungi.

Ada berbagai binatang yang bisa Anda lihat dan pelajari di lokasi ini. Untuk tiket masuk juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 14.000 saja untuk per orangnya. Lokasinya berada di Dusun Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda bisa mendapatkan kenangan dan sensasi liburan yang lengkap ketika ke wisata Baturraden.

Baca Juga: Objek Wisata di Cilacap Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

6. Bukit Bintang Baturraden

tempat wisata di purwokerto
(sumber gambar: seringjalan.com)

Destinasi yang satu ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai pemandangan indah di malam hari. Keindahan lampu-lampu kota dari ketinggian akan siap menyambut Anda ketika berkunjung ke Bukit Bintang Baturraden. Lokasinya sendiri berada di Jalan Pangeran Limboro, Purwokerto, Jawa Tengah.

Ketika berkunjung pakailah baju yang sedikit tebal atau menggunakan jaket. Sebab di bukit ini ada hembusan angin dan juga hawa dingin yang bisa menusuk tulang. Akan tetapi rasa dingin itu akan terbayar lunas dengan keindahan malam hari yang luar biasa. Anda bisa menikmati waktu bersantai sambil duduk-duduk di area istirahat yang ada. Untuk tiketnya sendiri hanya sebesar Rp. 3.000 saja per orangnya. Sangat terjangkau bukan?

7. Baturraden Adventure Forest

Bagi Anda yang mencari wisata namun juga memacu andrenalin, maka destinasi ini sangat sesuai. Baturraden Adventure Forest siap menantang Anda dengan berbagai pilihan aktivitas fisik yang asik dan juga seru. Mulai dari petualangan sungai, petualangan hutan, dan masih banyak lainnya. Anda diajak berpetualang, mengenal alam, sekaligus belajar lebih dekat dengan alam di tempat ini.

Namun perlu Anda ingat bahwa setiap kegiatan akan memiliki harga yang berbeda-beda. Sebaiknya pilihlah aktivitas fisik yang memang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tidak perlu khawatir karena setiap kegiatan pasti akan ada pendampingan oleh petugas yang profesional. Tempatnya juga sangat indah dan asri sehingga cocok sebagai tempat pengambilan foto yang Instagramable.

Untuk lokasinya sendiri berada di Dusun Pandak, Karangsalam, Kecamata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sementara itu untuk budget yang harus Anda siapkan setidanya adalah Rp. 415.000 sampai Rp. 575.000 per pax minimal 20 orang. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan petualangan penuh selama 6 jam.

8. The Village Purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto satu ini menawarkan keindahan suasana yang mirip dengan Eropa. Wisata ini juga masih terbilang baru sehingga memang masih sangat hits dan ramai oleh pengunjung. Mulai dari jalan, bangunan, sampai dengan taman akan sangat kental dengan suasana Eropa. Lokasinya berada di Dusun I Rempoah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tidak hanya melihat-lihat, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Seperti misalnya naik perahu, menunggang kuda, sampai menggunakan kostum khas Eropa serta memberi makan binatang. Tiket masuknya juga terbilang murah meriah yaitu sekitar Rp. 20.000 saja per orangnya.

9. Wisata Pagubugan Melung

Konsep Wisata Pagubugan adalah eduwisata, sehingga Anda tidak hanya berwisata dan rekreasi saja namun juga bisa memberikan edukasi kepada buah hati. Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan disini. Mulai dari taman kelinci, camping ground, grujukan Bengkok, bercocok tanam, dan lain sebagainya.

Tidak lupa juga ada kolam renang yang cukup luas berada di pertengahan sawah. Berenang jadi semakin seru dan juga menyenangkan karena pemandangannya yang sangat memanjakan mata. Untuk fasilitasnya sendiri terbilang lengkap dan bisa Anda nikmati dengan hanya membayar Rp. 7.000 saja untuk tiket masuk. Lokasinya berada di Dusun III Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Nah, itulah 9 tempat wisata di Purwokerto yang wajib Anda kunjungi ketika bermain ke kota ini. Tidak hanya kekinian namun juga indah dan sangat Instagramable. Jadi, pastikan memasukkan berbagai tempat ini ke visit list Anda ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.