Rekomendasi 9 Tempat Wisata Kebumen Super Menawan, Apa Saja ?

by -20 views
tempat wisata kebumen
(sumber gambar : kompasiana.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata Kebumen, pastikan tidak menyamakan persepsi dengan lokasi hiburan pada umumnya. Sebab, tempat hiburan satu ini tidak seperti yang Anda bayangkan. Salah satunya masalah luas yang cukup sempit. Meskipun begitu Kebumen menyimpan potensi daerah cukup menjanjikan. 

Kebumen berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah utara dan Wonosobo di sebelah timur. Sedangkan, di sebelah barat ada Kabupaten Cilacap dan Banyumas serta Samudera Hindia di sebelah selatan. 

Beberapa orang mungkin meremehkan potensi wisata daerah ini. Padahal, banyak sekali tempat wisata, makanan khas, seni budaya, adat, dan sumber daya alam sebagai potensi daerahnya lho! Semuanya ada berkat kerja sama masyarakat dengan Pemda Kebumen.

Rekomendasi Tempat Wisata Kebumen

tempat wisata kebumen
(sumber gambar : suara.com)

Terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata Kebumen buat Anda sebagai referensi jika datang ke salah satu kota di Jawa tengah, seperti pada daftar berikut ini. 

1. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk menjadi destinasi tempat wisata Kebumen pertama yang wajib Anda kunjungi dengan panorama alam yang sangat cantik. Pasalnya, Pantai Suwuk menyuguhkan pemandangan berlatar belakang pegunungan Kapur yang membentang dari utara ke selatan. 

Fasilitas yang ada cukup lengkap dan menarik lho! Anda bisa menyewa seekor kuda untuk berkeliling menyusuri eloknya Pantai Suwuk. Tidak hanya itu, terdapat pula jejeran warung  pinggir pantai yang menyediakan es kelapa muda, pecel, lontong, gorengan, hingga peyek ubur-ubur. Penasaran bukan?

Jika Anda tertarik mengunjung pantai ini, tak perlu khawatir karena aksesnya cukup mudah. Keindahan alam berbau perairan ini terletak di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sehingga, Anda bisa dengan mudahmencari lokasinya menggunakan bantuan Google Maps.

2. Waduk Jembangan

Selain menjadi sarana irigasi bagi lahan pertanian di sekitarnya, Waduk Jembangan juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata Kebumen. Waduk asli Kebumen tersebut memiliki penampakan alam yang tak kalah menakjubkan dari destinasi wisata di daerah lainnya.

Waduk Jembangan sangat membantu perekonomian masyarakat di sekitarnya karena beberapa hal. Lokasi yang strategis sering dijadikan lahan untuk berjualan makanan serta aksesoris atau mainan anak keliling. Hal ini tak mengherankan karena waduk ini sering dikunjungi anak-anak.

Mengenalkan keindahan alam beserta cara merawatnya bisa Anda lakukan dengan membawanya ke tempat wisata, salah satunya Waduk Jembangan. Oleh karena itu, Waduk Jembangan merupakan pilihan yang tepat apalagi akses menuju ke tempat ini juga tidak begitu sulit.

3. Pantai Ayah Tempat Wisata Kebumen

Destinasi wisata pantai Logending berada di Desa dan Kecamatan Ayah. Oleh karena itu, tempat ini sering orang-orang sebut sebagai Pantai Ayah. Bahkan, wisata Kebumen satu ini cukup unik karena terdapat kombinasi dari pantai dan hutan.

Bagaimana tidak, pantai Ayah di antara Laut Selatan dengan kawasan hutan milik Perum Perhutani KPH Kedu Selatan. Mungkin, destinasi wisata unik seperti ini di Jawa Tengah hanyalah Pantai Ayah. Sehingga tempat ini banyak menjadi tujuan pariwisata yang memikat pengunjung.

Menikmati suasana pantai tanpa terganggu jejeran warung yang mengganggu pemandangan bisa Anda lakukan di sini. Bahkan, Anda juga bisa menikmati indahnya muara Sungai Bodo yang menjadi pemisah antara Kabupaten Kebumen dengan Cilacap. Anda bisa berkeliling dengan menyewa perahu. 

4. Benteng Van Der Wijck

tempat wisata kebumen
(sumber gambar : kompas.com)

Berikutnya, Anda juga bisa menemukan rekomendasi lain dari tempat wisata di Kebumen yaitu Benteng Van Der Wijck yang berada di Jalan Sapta Marga, Kompleks Sekolah Calon Tamtama A, Gombong, Kabupaten Kebumen. Perlu Anda tahu bahwa benteng ini menjadi tempat latihan militer mantan Presiden RI, Bapak Soeharto.

Nama Van Der Wijck berasal dari tulisan yang ada di pintu sebelah kanan yang kemungkinan adalah komandan pada saat itu.  Benteng ini dibangun pada abad ke 18 oleh tentara Belanda sebagai tempat pertahanan sekaligus menyerang. 

Pemerintah daerah Kebumen menyulap benteng Van Der Wijck sebagai tempat wisata dengan merenovasinya. Kemudian, dibangun juga fasilitas pendukung seperti kolam renang dan taman. Van Der Wijck merupakan benteng dengan total luas sekitar 3606,625 meter persegi yang ternyata cukup luas lho!

5. Gua Jatijajar

Kompleks Gua Jatijajar terdapat beberapa objek wisata lainnya. Objek tersebut adalah Gua Jatijajar, Dempok, dan Intan. Ketiganya berada dalam satu kawasan seluas 5,5 hektar yang berada sekitar 42 KM barat daya Kebumen.

Gua Jatijajar sudah cukup ramai pengunjung karena terbukti dari adanya geliat kegiatan ekonomi yang ada. Terdapat banyak kedai makanan, tempat oleh-oleh atau cendera mata, hingga tempat parkir yang dikelola dengan baik.

Daya tarik dari salah satu tempat wisata Kebumen ini adalah kehadiran fosil-fosil seperti Lepidocyclina Sumatrensis Brady L., Elegans Tan, dan Cycloclypeus Annulatus Martin pada batuan penyusun gua.

6. Pantai Karangbolong Wisata Kebumen Menarik

Pantai Karangbolong merupakan tempat wisata Kebumen yang cukup unik. Karangbolong menjadi salah satu pantai yang memiliki warna pasir abu-abu dari batuan lapuk dan akhirnya hancur. Pantai Karangbolong berbatasan dengan perbukitan di sekelilingnya.

Jika Anda mengunjungi pantai ini perlu berhati-hati karena ombak yang ada cukup besar. Tingkat pelapukan batuan juga cukup tinggi akibat ombak tersebut. Anda tidak disarankan untuk berenang di sini karena potensi arus balik yang ada cukup kuat dan berbahaya. 

Terdapat Gua Karangbolong yang masih satu kawasan dengan pantai di sebelah timur. Guanya sendiri berukuran cukup besar dengan panjang 30 m, lebar 10 m, dan tinggi 5 m yang masih banyak pengunjung yang datang. Akan tetapi, wisatawan tetap harus berhati-hati.

7. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian air panas menjadi salah satu destinasi yang banyak orang pilih karena tempatnya masih kental dengan suasana alam sejuk, termasuk  Pemandian Air Panas Krakal. Tempat ini banyak orang kunjungi untuk melakukan terapi penyakit kulit. 

Menurut cerita, dahulu ada seorang dari Kerajaan Kartosuro yang menderita penyakit kulit datang ke Pemandian Air Panas Krakal. Ia sudah banyak berobat ke tabib dan orang pintar, tetapi masih belum sembuh. Anehnya, ia bisa sembuh dengan berendam di Kali Asin.

Kali Asin ini lah yang menjadi cikal bakal dari berdirinya Pemandian Air Panas Krakal di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.   

8. Waduk Sempor 

Waduk Sempor merupakan tempat wisata Kebumen yang sekaligus dijadikan sarana irigasi bagi lahan persawahan di wilayah Gombong. Objek wisata Waduk Sempor menyediakan fasilitas pendukung seperti wisma atau penginapan bagi para pengunjung.

Selain sebagai objek rekreasi, Waduk Sempor juga biasa masyarakat jadikan tempat seminar, rapat kerja, ataupun pertemuan lainnya. Objek wisata Waduk Sempor memiliki suasana yang tenang dan sangat asri.

Anda akan melihat deretan perbukitan di sekelilingnya dengan ribuan batang pohon pinus milik Perhutani yang biasa disadap getahnya. Perpaduan antara hijaunya pepohonan dengan warna air waduk yang khas bisa membuat siapapun merasa lebih rileks berada di tempat ini. 

9. Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Rekomendasi terakhir jika Anda mencari tempat wisata Kebumen adalah Taman Kota Jenderal HM Sarbini yang merupakan ruang publik berlokasi di Jalan Ahmad Yani. Terdapat fasilitas pendamping yaitu Taman Lalu Lintas sebagai tempat pembelajaran tata tertib berlalu lintas bagi anak-anak.

Adanya taman ini merupakan impian bagi warga Kebumen sebagai perwujudan ruang terbuka milik umum yang bersih, aman, nyaman, dan sejuk. Selain itu, taman kota Jenderal HM Sarbani ini juga biasa orang manfaatkan sebagai tempat edukasi terutama bagi anak-anak. 

Fasilitas pendukung Taman Kota Jenderal HM Sarbini antara lain area refleksi, hotspot, arena bermain, kios penjual, dan lain sebagainya. Pemerintah telah berupaya keras mewujudkan tempat ini dengan mengeluarkan dana APBD Tahun 2011 sebesar 2,5 miliar rupiah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kebumen yang bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur. Jangan lupa persiapkan beberapa peralatan yang sekiranya dibutuhkan selama liburan berlangsung. Selamat bersenang-senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.