5 Tempat Wisata Pangandaran yang Menakjubkan

oleh -282 views
tempat wisata pangandaran
Sumber: https://wisatalengkap.com/

Pangandaran tidak hanya terkenal akan pantainya saja, namun ada sejuta pesona tersimpan di kabupaten termuda Jawa Barat ini. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak sekali tempat wisata Pangandaran yang mulai diekspor oleh pemerintah setempat.

Potensi alam yang sangat luar biasa tersebut membuat gubernur Jawa Barat menaruh perhatian khusus bagi wilayah pesisir pantainya. Alamnya yang sangat bersahabat serta lingkungannya yang sejuk membuat pengunjung berbondong-bondong berwisata ke Pangandaran.

5 Tempat Wisata Pangandaran

Bagi Anda yang saat ini sedang berada di Pangandaran atau berencana berlibur kesini untuk refreshing. Berikut ini Anda rekomendasikan tempat wisata Pangandaran yang menarik, antara lain:

1. Pantai Pangandaran

Tempat wisata Pangandaran pertama yang kami rekomendasikan yaitu Pantai Pangandaran yang merupakn wisata tepi laut. Lokasi pantai ini tepat di Desa Pangandaran dan Penanjung, Kabupaten Pangandaran sebelah tenggaranya Jawa Barat.

Keindahan alam yang sangat terkenal dari Pantai Pangandaran antara lain pasirnya yang hitam dan putih. Sifat dari panorama pantai tersebut masih sangat alami sekali. Apalagi lingkungannya masih terjaga dengan baik. Jadi pengunjung pun nyaman ketika berlibur kesini.

Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menikmati berbagai aktivitas di Pantai Pangandaran tersebut. Lalu buat Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak maka juga bisa bermain air karena daerah pantainya cukup landau dan aman.

Ada beberapa fasilitas olahraga yang disedikana disini seperti wahana Banana Boat dan Jetski. Anda bisa menggunakannya untuk menyusuri seluruh perairan pantai. Lalu di sore harinya, mulailah untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam.

Kegiatan bermain air diatas bisa Anda nikmati mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore dan akan dikenakan biaya tiket masuk 6 ribu per orangnya. Namun untuk pantainya sendiri dibuka sampai malam hari bagi masyarakat umum.

2. Green Canyon Pangandaran

Adapun Green Canyon termasuk wisata aliran sungai dimana berada diantara dua bukit bebatuan yang selanjutnya menembus ke arah goa lokasi Green Canyon ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

Asal muasal nama dari tempat wisata Pangandaran ini yaitu plesetan Grand Canyon yang terdapat di Sungai Colorado, Amerika Serikat. Dimana tempatnya juga dikenal dengan Cukang Taneuh.

Sesampainya disana, Anda harus siap dimanjakan oleh panoramanya yang begitu indah. Apalagi adanya tebing-tebing batu tinggi serta pepohonan hijau yang lebat membuat hari-hari Anda semakin indah di Green Canyon.

Aktivitas yang sering menjadi favorit pengunjung salah satunya yaitu body rafting. Lalu juga ada arung jeram namun di Green Canyon tidaklah menggunakan dayung apalagi rakit. Selanjutnya Anda juga bisa menyusuri Sungai Cijulang menggunakan perahu selama 45 menit pulang pergi.

Green Canyon juga melengkapinya dengan berbagai prasarana seperti toko oleh-oleh, area parkir, kamar mandi, dan rumah makan.

Apabila Anda ingin berkunjung kesini maka datanglah di hari Senin sampai Kamis pukul 8 pagi hingga 6 sore. Sedangkan pada saat akhir pekan maka buka lebih awal yaitu 7.30 pagi hingga 4 sore. Namun untuk hari Jumat hanya buka dari pukul 1 siang sampai 4 sore saja.

Anda juga harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya tiket masuknya yaitu 225 ribu per orang dan sudah termasuk untuk pembelian paket body rafting. Sementara biaya parkirnya hanyalah 5 ribu khusus mobil dan transportasi besar 15 ribu.

3. Pantai Batu Hiu

Keindahan dari pemandangan laut lepas Samudra Hindia bisa Anda saksikan dari Bukit Karang yang ada di Pantai  Batu Hiu. Nama lain dari pantai Batu Hiu adalah Tanah Lotnya Jawa Barat. Sebab memang batu karangnya menyerupai Tanah Lot Bali yang menjorok ke arah tengah laut.

Lokasinya tepat di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran dan merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin bersantai. Lalu adanya hamparan rumput yang hijau juga memberikan suasana lebih nyaman.

Namun sayangnya Anda tidak diperkenankan untuk berenang disini sebab ombaknya memang terkenal ganas dan memiliki gelombang tinggi yang membahayakan. Lalu batu karangnya juga tajam yang akan mengancam keselamatan Anda.

Akan tetapi tenang saja Anda masih bisa menemukan banyak sekali spot foto yang menarik, salah satunya dari atas bukit kecil. Anda bisa memotret dengan latar belakang hamparan lautan yang sangat biru.

Pada umumnya, pengunjung yang datang ingin melihat matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat indah jika menyaksikannya dari sini. Untuk fasilitas yang tersedia yaitu gazebo, warung makanan dan minuman, dan area parkir. Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 6 ribu per orang.

4. Sungai Citumang

Tentu saja, tempat wisata Pangandaran satu ini tidak akan kalah cantic dari Green Canyon. Dimana Sungai Citumang sendiri juga bisa menampilkan pemandangan yang indah serta aliran sungai jernih.

Lokasi Sungai Citumang terletak di Kompleks Objek Wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Ada aliran sungai dengan warna hijau kebiruan di Sungai Citumang tersebut. Anda tetap bisa menikmati aliran airnya sebab terbilang cukup tenang dan ada juga air terjun rendah.

Apabila Anda menyukai dunia petualangan, maka wajib sekali mencoba aktivitas seperti body rafting. Anda menyusuri sungai menggunakan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pastinya sepanjang perjalanan kami akan menikmati panorama yang begitu indah.

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat sebab biasanya sudah tersedia pemandu yang siap mengajak pengunjung ke spot-spot terpenting seperti akar gantung, bendungan, dan air terjun.

Sejumlah fasilitas umum juga telah lengkap seperti mushola, tempat makan, toilet, dan parkir. Apabila Anda belum puas untuk menghabis waktu sehari menelusuri Sungai Citumang maka kami sarankan untuk bermalam di tempat penginapan di sekitarnya.

Wisata Sungai Citumang bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore dan harus membayar biaya tiket masuk 19 ribu sampai 24 ribu per orangnya. Sedangkan jika ingin menikmati paket body rafting harus membayar 85 ribu.

5. Cagar Alam Pangandaran

Cagar alam di Pangandaran merupakan sebuah rumah untuk flora dan fauna. Anda bisa menelusuri cagar alam tersebut dan juga akan berjumpa dengan beragam satwa liar seperti kijang, landak jawa, rusa, kijang, dan lutung.

Lokasinya ada di Pananjung yang juga menjadi tempat sejarah zaman Hindu dahulu kala. Ada sebuah peninggalan Umat Hindu di abad ke 15 yang ada di Cagar Alam Pangandaran yaitu Batu Kalde.

Ada bermacam-macam goa yang akan Anda jumpai di Cagar Alam Pangandaran seperti goa alami dan buatan yang menjadi markas perlindungannya Jepang pada saat masa perang dunia ke 2 sedang berlangsung.

Adapun goa-goa yang dimaksud seperti Goa Sumur Mudal, Goa Panggung, dan Goa Parat. Tidak hanya itu, di cagar lama satu ini juga sudah dilengkapi fasilitas seperti mushola, toilet, dan area parkir. Ada pula jasa pemandu yang siap menolong Anda kapanpun.

Inilah deretan tempat wisata Pangandaran yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke kabupaten termuda di Jawa Barat tersebut. Semoga Anda segera mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.