10 Tempat Wisata Purwokerto yang Mengalihkan Perhatian

oleh -143 views
tempat wisata di Purwokerto
Sumber: https://hot.liputan6.com/

Purwokerto merupakan ibukota Kabupaten Banyumas. Meskipun kepopulerannya tidak sebanding dengan Semarang namun tempat wisata Purwokerto ternyata mampu menyaingi pesona wisata kota-kota yang ada di Jawa Tengah. Bahkan juga banyak wisata terbaru dan hits yang tidak kalah menarik.

Sehingga Anda pun tidak perlu bingung saat mencari tempat wisata Purwokerto sebab ada banyak sekali pilihan tempat wisata. Namun hal penting yang dilakukan yaitu mengatur budget serta waktu luang supaya libur bisa berjalan dengan aman.

Tempat Wisata Purwokerto

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat wisata Purwokerto yang wajib untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman.

1. Baturraden

Tempat wisata Purwokerto yang paling populer dan kami pilihkan untuk Anda adalah Baturraden. Wisata tersebut memiliki pemandangan menakjubkan seperti hamparan Gunung Slamet di bagian utara.

Lalu juga terdapat banyak sekali pilihan tempat wisata yang membuat Baturaden lebih unggul daripada tempat wisata Purwokerto lainnya. Anda akan mendapatkan berbagai wahana menarik seperti sepeda air, kolam renang, pemandian air panas, dan terapi ikan.

Pastinya akan sangat menyenangkan sekali. Namun selain aktivitas bermain, jangan lupa abadikan momen untuk berselfie lalu mengabadikannya di profil media sosial.

Apabila Anda senang dengan dunia satwa, maka disini tersedia sebuah kebun binatang mini yang bisa Anda jadikan sebagai alternative. Lalu jangan lewatkan pemandangan luar biasa seperti pegunungan asri dan sejuk yang akan membuat Anda sulit melupakan liburan kali ini.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 14 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati keindahan di Baturaden. Tentu saja Anda tidak akan dibebani dengan biaya masuk yang mahal berlibur ke Purwokerto.

2. Curug Gomblang

Jika berbicara tentang tempat wisata, maka rasanya tidak lengkap apabila belum mengunjungi air terjun atau curug. Namun pada artikel ini Anda akan dikenalkan dengan sebuah wisata air terjun di Purwokerto yaitu Curug Gomblang.

Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 42 menit saja dari Purwokerto. Baik itu dengan mobil ataupun motor Anda bisa mencapai Curug Gomblang ini.

Sebenarnya air terjun Purwokerto ini tidaklah terlalu tinggi. Namun mungkin karena pemandangan sekitar yang memberikan pengunjung bentangan alam hijau serta asri mampu membuat panorama nya menjadi lebih indah.

Hal paling penting lainnya adalah biaya tiket masuk dibanderol dengan harga murah yaitu hanya 5 ribu rupiah saja.

3. New Small World Purwokerto

Apabila Anda ingin sekali berlibur namun tetap mendapatkan edukasi melalui miniature bangunan ikonik maka mengunjungi New Small World adalah pilihan yang paling tepat.

Lalu di tempat wisata tersebut juga terdapat bunga, area bermain, dan kafe yang bisa Anda jadikan spot bersantai bersama keluarga. Lokasinya ada di Jalan Raya Baturraden Barat No 271 Desa Ketenger, Purwokerto, Jawa Tengah.,

Untuk biaya tiket masuk divisi adalah 20 ribu rupiah khusus pengunjung tiga tahun ke atas. Lalu jam operasionalnya dibuka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

4. Goa Sarabadak

Goa Sarabak terdapat di daera Pancuran Pitu dan merupakan tempat wisata hits yang kini mampu memberikan profil media sosial Anda lebih instagrammable. Tampilan dari Goa Sarabadak sangat eksotik sekali sehingga berhasil menarik perhatian para pengunjung.

Adanya perapduan warna yang masih tampak alami dari lumut dan batu menjadikan gua tersebut lebih menarik sekali untuk dipandang. Meskipun kini masih belum banyak yang mengunjungi tempat wisata Purwokerto ini namun tidak akan mengurangi panorama indah Gua Sarabadak.

5. Bukit Anggaran

Lalu juga terdapat tempat wisata Purwokerto yang instagramable seperti Bukit Anggaran. Apabila Anda ingin berburu pemandangan awan di Purwokerto., cobalah untuk menapaki Bukit Anggaran tersebut.

Cukup dengan uang sebesar 5 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menyaksikan indahnya langit biru yang terbentang luas serta hutan yang sangat hijau dan lebat.

6. Wisata Pagubugan

Adapun wisata Pagubugan ini mempunyai konsep ekowisata yang akan mengajarkan Anda banyak sekali hal. Lalu juga ada fasilitas menarik yang sudah disediakan disini seperti taman kelinci, camping ground, dan fasilitas lainnya.

Kemudian juga terdapat spot wisata yang dikenal sebagai grujugan Bengkok. Disebut sebagai Grujugan karena mirip dengan sungai kecil. Akan tetapi aliran sungainya disini cukup kencang sekali. Jadi Anda pun bisa mandi sambil bermain disini.

7. Curug Jenggala

Selain Curug Gomblang, juga terdapat tempat wisata yang juga mengusung konsep air terjun yaitu Curug Jenggala. Tempat wisata cukup ini memang tersembunyi jadi tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Akan tetapi, sesampainya disini Anda akan dibuat melongo dengan indahnya pemandangan air terjun Jenggala. Air terjun mengalir dengan deras serta sesekali melupakannya ke bebatuan. Hal ini membentuk sungai menjadi putih susu.

Hal lain yang akan meningkatkan nilai eksotis Curug Jenggala adalah jembatan yang menjadi penghubung sisi kanan dan kiri sungai. Anda pun bisa mengambil gambar di jembatan tersebut.

Namun tentu saja, tidak hanya spot foto ini yang akan Anda dapatkan seperti adanya kayu yang berbentuk seperti hati di bagian dataran seberang curug. Untuk Anda yang sudah punya pasangan cocok sekali memotret diri di jembatan tersebut yang pastinya akan menimbulkan suasana romantis.

Tenang saja, karena berlibur ke Curug Jenggala tidak akan menguras apalagi menghabiskan uang yang ada di kantong Anda. Cukup membayar sebesar 8 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati keindahan air terjun Jenggala.

8. Bukit Bintang Baturraden

Setelah seharian berkunjung ke berbagai wisata di Purwokerto, pastinya Anda akan merasa sangat lelah sekali. Meskipun lelah, Anda jangan lewatkan untuk menyaksikan bukit bintang yang berlokasikan di Jalan pangeran Limboro.

Harga tiket masuknya juga terbilang murah hanya 3 ribu rupiah saja. Untuk itu, jangan lupa menikmati indahnya pemandangan bukit bintang sembari menikmati angin malam.

9. Curug Kembar Ketenger

Memang tidak bisa kita pungkiri, ada beberapa curug indah yang menghiasi daerah Purwokerto. Salah satunya adalah Curug Kembar Ketenger yang lokasinya berada di Dusun Ketenger dan masih satu Kawasan dengan tempat wisata Baturaden.

Ketinggian Curug Kembar hanyalah 7 meter saja. Airnya juga sangat jernih dan pastinya pengunjung bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang tampak jelas di dalam air. Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sebab tiket masuknya gratis.

10. Baturraden Adventure Forest

Berpetualang adalah hobi paling menyenangkan sekaligus penuh tantangan apalagi jika berpetualang di Baturraden Adventure Forest. Tidak hanya berwisata saja, namun sekaligus mengedukasikan diri akan ilmu alam.

Ada beragam paket wisata yang bebas Anda pilih seperti petualangan hutan, gunung, kabut, dan sungai. Tentu saja masing-masing paket punya harga tidak sama. Cukup sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

Demikianlah 10 tempat wisata Purwokerto yang mengusung konsep instagramable. Sehingga cocok sekali untuk anak muda yang hobi hunting dan mencoba hal-hal baru di Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.