8 Tempat Wisata Terbaru di Banjarnegara yang Hits dan Indah

by -70 views
tempat wisata terbaru di Banjarnegara

Banjarnegara adalah ibu kota dari Kabupaten Banjarnegara yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memiliki ragam wisata yang sangat menarik dan bisa menjadi tujuan yang seru saat liburan. Bahkan ada banyak tempat wisata terbaru di Banjarnegara yang sangat hits dan booming saat ini. Lalu, apa saja tempat wisata itu? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini! 

8 Daftar Tempat Wisata Terbaru di Banjarnegara 

Sebagai referensi liburan yang seru dan menyenangkan, inilah beberapa tempat wisata terbaru di Banjarnegara yang bisa Anda kunjungi: 

1. Curug Pitu 

tempat wisata terbaru di Banjarnegara
sumber gambar: ksmtour.com

Tempat pertama adalah Curug Pitu yang berlokasi di daerah Kecamatan Sigaluh. Arti Pitu sendir adalah Tujuh (7) dalam Bahasa Indonesia. Curug atau air terjun ini memiliki nama demikian karena memang air terjunnya memiliki 7 (tujuh) buah tingkatan yang berbeda. Nah, saat pergi kesini Anda bisa menaiki tiap tingkatnya dengan tangga yang tersedia. 

Di curug ini Anda bisa menikmati wisata alam yang masih sangat asri dan juga memiliki nuansa yang sejuk. Airnya sangat jernih dan tidak ada polusi sama sekali disini. Inilah yang membuat curug ini selalu ramai oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan curug ini sekaligus melepaskan penat. 

Harga Tiket: Rp 5.000 

Lokasi: Jalan Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

2. Gunung Lanang 

Selanjutnya, Anda juga bisa berkunjung ke Gunung Lanang yang berlokasi di daerah Majalengka. Tempat wisata ini menawarkan panorama yang sangat indah dengan pemandangan alam Banjarnegara dari atas yang luar biasa indahnya. Disini Anda juga bisa melihat sungai-sungai panjang dan lereng gunung yang asri dan hijau. 

Karena letaknya di atas, memang Anda butuh effort untuk bisa sampai ke puncaknya. Tidak terlalu terjal dan berbahaya, tapi memang melelahkan karena tracknya juga masih sangat alami. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena nantinya setelah sampai di puncak rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. 

Harga Tiket: Rp 10.000 

Lokasi: Jalan Wiradrana, Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 

3. Telaga Merdada 

Jika Anda adalah penggemar pemandangan air yang tenang dan asri, maka Telaga Merdada bisa menjadi pilihan. Lokasi telaga ini masih berada satu kompleks dengan Dataran Tinggi Dieng. Jadi jika Anda baru saja mampir ke Dataran Tinggi Dieng, tidak ada salahnya juga menyempatkan diri ke telaga ini. 

Disini Anda bisa melihat panorama khas telaga yang asri, sejuk, dan juga menenangkan. Saat pagi dan siang hari, ada juga pemandangan masyarakat sedang bercocok tanam karena memang area sekitarnya adalah persawahan yang masih hijau dan asri. Wisata Banjarnegara yang satu ini, sangat cocok untuk melepas penat dan bersantai menikmati pemandangan. 

Harga Tiket: Rp 5.000 

Lokasi: Jalan Pauan, Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 

4. Arung Jeram Sungai Serayu 

tempat wisata terbaru di Banjarnegara
sumber gambar: klikdieng.com

Tempat wisata terbaru di Banjarnegara lainnya adalah Arung Jeram Sungai Serayu. Wisata ini akan sangat cocok untuk para pecinta adrenalin karena sensasi mainnya yang seru dan menantang. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat Banjarnegara, tepatnya di Jalan Banjarnegara KM 15. Sungai Serayu sebenarnya memang terkenal akan arus sungainya yang deras. 

Selain itu, alirannya juga berkelok-kelok dan dikelilingi pohon yang rimbun. Arus deras inilah yang kemudian bisa sangat cocok sebagai tempat untuk permainan arung jeram. Untuk bermain, Anda bersama rombongan bisa menyewa perahu karet sekaligus perlengkapan keselamatannya. 

Harga Tiket: Rp 180.000 per orang 

Lokasi: Desa Randegan, Jalan Raya Banjarnegara KM 15, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 

5. Taman Serulingmas 

Tempat wisata terbaru di Banjarnegara selanjutnya adalah Taman Serulingmas yang bisa Anda kunjungi di daerah Kutabanjarnegara. Ini merupakan taman dengan area yang sangat luas dan terdapat interactive zoo atau kebun binatang.  Jadi selain menikmati liburan, Anda bisa berinteraksi langsung dengan satwa-satwa yang memang sudah jinak, seperti berfoto langsung dengan ular piton. 

Saat berfoto bersama satwa Anda pun tidak perlu khawatir karena pasti akan ada petugas yang mendampingi. Selain kebun binatang, disini Anda juga bisa menikmati berbagai wahana bermain yang seru sekaligus menghabiskan waktu dengan berenang. Sebab taman ini memang memiliki kolam renang juga. 

Dari segi fasilitas umum, Taman Serulingmas juga terbilang lengkap seperti musholla, kamar mandi, area parkir yang luas, tempat membeli makanan dan minuman, serta ada juga berbagai gazebo untuk tempat berteduh. Bahkan tidak jarang taman ini juga menghadirkan pertunjukkan live music sehingga bisa Anda nikmati saat berkunjung kesini. 

Harga Tiket: Rp 20.000 (Senin – Jumat), Rp 25.000 (Sabtu, Minggu & Tanggal Merah) 

Lokasi: Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah

6. D’Qiano Hot Spring Waterpark 

Jika Anda ingin menikmati liburan sambil melepaskan penat dari rutinitas, maka berkunjung ke D’Qiano Hot Spring Waterpark bisa menjadi jawabannya. Tempat wisata ini menawarkan kolam renang air hangat yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Berendam air hangat sendiri diketahui memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk melepaskan stress. Tidak heran jika kemudian tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung terutama saat waktu liburan tiba.

Selain itu, D’Qiano Hot Spring Waterpark juga menyediakan banyak wahana permainan air yang seru seperti perosotan air, air mancur, dan lain sebagainya. Dengan wahana in, anak-anak bisa bermain tanpa harus merasa bosan. Disini tersedia 2 (dua) buah kolam renang yang punya suhu berbeda, Anda bisa memilih suhu mana yang paling sesuai dengan preferensi Anda. 

Harga Tiket: mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per orang 

Lokasi: Krajan, Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 

7. Telaga Dringo 

Banjarnegara memang memiliki lebih dari satu telaga yang punya panorama indah luar biasa. Salah satunya adalah Telaga Dringo yang bisa Anda kunjungi di daerah Batur. Untuk bisa sampai ke area telaga, Anda perlu waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Tracknya sendiri tidak susah sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelelahan saat sampai ke telaga. 

Setelah sampai ke telaga, Anda pun akan melihat pemandangan alam yang sangat cantik. Kontras warna air telaga yang biru kehijauan berpadu dengan landscape alami hijau yang sangat asri. Apalagi suasana disini terasa sejuk sehingga sangat menyenangkan dan bisa menjadi sarana pelepas stress. 

Saking indahnya, tidak heran jika banyak orang yang juga menyebut telaga ini sebagai Ranukumbolo yang tersembunyi di Banjarnegara. Telaga Dringo juga memiliki jam operasional 24 jam sehingga Anda bisa berkunjung kapan saja. 

Akan tetapi, memang sebaiknya pada pagi hari agar bisa menikmati suasana telaga dengan lebih sejuk dan juga seru. Tidak jarang juga Anda bisa menemukan beberapa pengunjung memilih untuk berkemah di pinggir telaga ini. 

Harga Tiket: mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000 per orang 

Lokasi: Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 

8. Kawah Candradimuka 

Terakhir, Anda juga bisa berkunjung ke Kawah Candradimuka yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Telaga Dringo. Banyak masyarakat sekitar yang percaya kalau kawah ini adalah tempat dimana tokoh pewayangan Gatot Kaca menerima kesaktiannya untuk pertama kali. Tidak heran jika kehadiran kawah ini sangat dekat dengan banyak cerita rakyat di Banjarnegara. 

Saat berkunjung kesini, Anda bisa melihat panorama alam yang sangat luar biasa indahnya. Kawah alami dan masih sangat asri dengan area sekitarnya yang merupakan pepohonan dan kawasan hijau membuat kontras pemandangan yang luar biasa. Saat pagi hari atau sat kondisi sedang mendung, suasana juga semakin terasa sejuk karena ada banyak kabut yang muncul. 

Kawah Candradimuka ini juga buka selama 24 jam sehingga Anda bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja. Apalagi harga tiketnya juga tidak terlalu mahal sehingga tidak heran kalau banyak masyarakat yang menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan yang murah meriah. 

Harga Tiket: mulai dari Rp 5.000 per orang 

Lokasi: Sidomulyo, Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 

Nah itulah 8 tempat wisata terbaru di Banjarnegara yang bisa Anda kunjungi. Semuanya bisa menjadi opsi destinasi liburan yang seru dan juga menyenangkan untuk melepaskan penat. Jadi, sempatkan berkunjung ke berbagai tempat ini saat kebetulan Anda sedang ke Banjarnegara ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.