Tiket Kereta Jakarta Cilacap: Jadwal dan Prosedur Pemesanannya

by -39 views
tiket kereta jakarta cilacap

Seperti yang kita tahu bahwa cilacap sendiri sudah terkenal sebagai kota yang memiliki banyak Kawasan industri. Namun meskipun demikian, disini ternyata juga terdapat beberapa objek wisata yang cukup memanjakan mata yang dapat kamu capai dengan memesan tiket kereta api Jakarta cilacap.

Adapun objek wisata alam yang kami maksud misalnya seperti Pantai Jetis. Pulau Nusakambangan, dan Kampung Laut. Nah seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa salah satu cara terbaik yang dapat kamu gunakan untuk menjangkau lokasi ini yaitu naik kereta api.

Stasiun Kereta Api Jakarta Cilacap

Adapun satu-satunya kereta api yang akan melintasi stasiun cilacap yaitu kereta api kelas eksekutif purwojaya dengan tujuan Kroya yang mana bersambung ke Jakarta melewati Purwokerto – Cirebon.  

tiket kereta jakarta cilacap

Kemudian juga terdapat beberapa stasiun lainya dimana juga masuk ke dalam Kawasan Cilacap seperti Cipari, Gandrungmangu, Meluwung, Sikampuh, Sidareja, Gumilir, Kroya, Kawunganten, Lebeng, dan Maos.

Sementara itu, Stasiun Cilacap termasuk stasiun kereta api dengan kelas besar dan lokasinya ada di Kawasan Sidakaya, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Stasiun ini adalah stasiun KA yang lokasinya paling selatan dan termasuk daerah operasi V purwokerto.

Kemudian stasiun ini memiliki lima jalur. Namun untuk sejauh ini, hanyalah jalur 1 hingga 4 saja yang lebih sering digunakan.

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Jakarta Cilacap

Untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke Cilacap, berikut jadwal keberangkatan keretanya.

Nama KA Jam Keberangkatan Jam Tiba Durasi Perjalanan Rute
Kutojaya Utara 04.55 11.04 6 jam 9 menit Pasar Senen – Kroya
Bengawan 06.20 12.41 6 jam 21 menit Pasar Senen – Kroya
Fajar Utama Yk 06.45 12.51 6 jam 6 menit Pasar Senen – Kroya
Sawunggalih 07.15 13.06 5 jam 51 menit Pasar Senen – Kroya
Taksaka 09.10 13.55 4 jam 45 menit Gambir – Kroya
Serayu 09.30 18.33 9 jam 3 menit Pasar Senen – Gandrungmangun
Gaya Baru Malam Selatan 10.55 17.11 6 jam 16 menit Pasar Senen – Kroya
Gaya Baru Malam Selatan 11.00 17.14 6 jam 14 menit Pasar Senen – Kroya
Bangunkarta 11.40 17.34 5 jam 54 menit Pasar Senen – Kroya
Bangunkarta 11.45 17.34 5 jam 49 menit Pasar Senen – Kroya
Bima 17.00 22.30 5 jam 30 menit Gambir – Kroya
Bima 17.05 22.30 5 jam 25 menit Gambir – Kroya
Singasari 17.30 23.29 5 jam 29 menit Pasar Senen – Kroya
Gajayana 18.40 23.53 5 jam 13 menit Gambir – Kroya
Sawunggalih 18.45 00.20 5 jam 35 menit Pasar Senen – Kroya
Serayu 20.50 06.34 9 jam 44 menit Pasar Senen – Kroya
Serayu 20.55 06.34 9 jam 39 menit Pasar Senen – Kroya
Taksaka 21.30 02.14 4 jam 44 menit Gambir – Kroya
Purwojaya 22.00 05.15 7 jam 15 menit Gambir – Cilacap
Bogowonto 22.15 04.17 6 jam 2 menit Pasar Senen – Kroya
Progo 22.30 04.44 6 jam 14 menit Pasar Senen – Kroya
Jadwal Keberangkatan Kerata Api Jakarta Cilacap

Prosedur Pemesanan Tiket Kereta Api Online

Adapun jika kamu malas datang ke loket karena terlalu jauh ataupun lagi sibuk, cukup lakukan pemesanan saja secara online langsung dari aplikasi KAI nya. Berikut prosedur pemesanan tiket kereta jakarta cilacap:

1. Masuk Dulu Ke Situs Resmi PT KAI

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah kunjungi dulu situs resmi PT KAI di https://www.kai.id/. Kemudian arahkanlah kursor pada bagian kolom Info, Jadwal, & Reservasi.

Nah dari sini, kamu bisa memasukkan semua data yang diminta oleh aplikasi seperti tanggal rencana perjalanan, pemilihan stasiun kereta api asal beserta stasiun kereta api tujuan, jumlah tiket yang dipesan berdasarkan kategori penumpangnya, usia penumpang.

Disamping itu, apabila kamu membawa anak dengan usia dibawah 3 tahun tidak akan dikenakan biaya ya.

2. Lakukan Pengecekan Harga

Sementara itu, jika semua data selesai diisi dengan lengkap. Langkah selanjutnya adalah cek harga. Misalkan kamu ingin memesan tiket Jakarta – Cilacap pada tanggal 26 Februari 2022 dari arah Stasiun Gambir menuju Stasiun Cilacap. Maka kamu bisa masukkan tanggal pergi seperti yang disebutkan lalu diisi stasiun tujuan. Terakhir, klik Tampilkan.

3. Tunggu Hingga Proses Loading Selesai

Nantinya jika sudah selesai loading akan muncul di website seperti nama kereta api, jadwal keberangkatan, durasi atau lamanya perjalanan, jadwal kedatangan, harga, dan kelasnya. Apabila kamu sudah menemukan tiket kereta yang diinginkan langsung sajak klik Pesan.

4. Informasi Reservasi Sudah Muncul

Jika sudah dipesan, nantinya di layar smartphone kamu akan muncul seluruh informasi reservasi beserta dengan ketentuannya. Jika data yang ditampilkannya sudah benar, kamu bisa langsung klik di kolom “Dengan ini saya setuju dan mematuhi persyaratan dan ketentuan reservasi dari PT. Kereta Api Indonesia”. Terakhir klik Lanjutkan.

5. Pengisian Data Penumpang

Nah selanjutnya adalah pengisian data penumpang. Data yang harus kamu isi seperti nama lengkap, nomor ID seperti paspor, SIM, atau KTP. Lalu isi data pemesan dengan identitas nama, email, no HP, alamat pemesan, dan ketikkan sandi yang sudah diminta di kolom paling bawah. Lalu klik Selanjutnya.

6. Periksa Kembali Informasi Serta Pembayaran

Jadi di halaman selanjutnya kamu dapat periksa kembali untuk memastikan bahwa informasi yang kamu masukkan sebelumnya sudah benar. Kamu juga bisa ganti nomor tempat duduk sesuai dengan yang diinginkan.

Caranya adalah klik tombol Pindah. Kemudian kamu bisa lanjutkan pembayaran dengan memilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Misalnya lewat BCA Klikpay, ATM, CIMB Clicks, E-pay BRI, Mandiri Click Pay, Doku Wallet, Mastercard/ Visa, Danamon Online Banking.

Namun, apabila ingin melakukan pembayaran lewat ATM, klik saja tombol ATM dan ketuk Selanjutnya. Kamu bisa bayar lewat minimarket rekanan PT. KAI Seperti Alfamidi, Alfamart, Indomaret, Lawson, dan juga Alfa Express.

7. Bayar lalu konfirmasi tiket

Setelah metode pembayaran dipilih, catat dulu ya Kode Pembayaran nya sebab diperlukan sekali untuk memperlihatkan kodenya jika bayar lewat ATM ataupun minimarket rekanan tadi.

Jika pembayarannya sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk simpan struknya dengan baik ya sebagai bukti pembayarannya jika diminta atau diperlukan. Jangan sampai dibuang ya.

8. Cetak tiket di stasiun

Nah, langkah terakhirnya yaitu kamu harus cetak sendiri tiketnya di mesin cetak khusus yang ada di stasiun. Caranya adalah masukkan kode pemesanan yang terdapat pada struk pemesanan lalu tiket pun segera tercetak.

Perlu diingat, sebelum kamu masuk ke pintu stasiun, sebaiknya persiapkan dulu semua dokumen yang diperlukan seperti KTP dan bukti pembayarannya. Adapun hal Ini mencegah supaya tidak repot-repot membongkar isi tas di pintu masuk nanti.

Selain itu agar kamu tidak ketinggalan kereta dan tiket kereta Jakarta cilacap tidak hangus, datanglah lebih awal setidak 1 jam sebelum keberangkatan sudah berada di lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.