Harga Tiket Masuk Pantai Jetis Cilacap dan Berbagai Daya Tariknya

oleh -170 views
tiket masuk pantai jetis cilacap

Salah satu daerah yang wajib Anda kunjungi ketika ke Jawa Tengah adalah Cilacap. Ada banyak sekali destinasi dan tujuan wisata yang menarik saat Anda ke kabupaten ini. Termasuk salah satunya adalah Pantai Jetis yang menjadi wisata alam andalan. Lalu, berapa harga tiket masuk Pantai Jetis Cilacap? Dan apa saja daya tarik dari wisata ini? Berikut adalah ulasannya.

Sekilas Tentang Pantai Jetis di Cilacap

tiket masuk pantai jetis cilacap
(sumber gambar: wisatalokalindonesia.blogspot.com)

Sebelum membahas tentang harga tiket masuk Pantai Jetis Cilacap, agaknya harus Anda kenali dulu profil pantai ini. Pantai Jetis adalah sebuah wisata alam yang terletak di bagian ujung timur di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ketika melihatnya dari kejauhan, Anda bisa melihat garis pantai yang panjang dan terlihat sangat cantik. Ini juga yang menjadi keunggulan utama mengapa banyak wisatawan luar daerah maupun masyarakat sekitar yang datang ke pantai ini untuk berwisata.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ada juga Pantai Jetis lain yang bisa Anda temukan ketika ke Jawa Tengah. Sebab, provinsi ini memang memiliki 2 (dua) buah pantai dengan nama yang sama. Akan tetapi, keduanya berbeda dari segi lokasi dan juga letaknya. Satu pantai terletak di daerah Purworejo dan satunya lagi baru adalah Pantai Jetis di Cilacap.

Saat Anda ingin menuju ke pantai ini dan mencarinya di Google Maps, maka pastikan bahwa yang Anda tuju sudah benar yang berada di Cilacap ya. Jangan sampai Anda justru pergi ke pantai yang ada di daerah Purworejo. Perbedaan lain dari kedua Pantai Jetis tersebut adalah daya tarik utamanya.

Pantai Jetis yang ada di Purworejo terkenal akan spot menariknya yang berupa Taman Bunga. Ketika kesini, Anda bisa berfoto dengan pemadangan taman yang indah dan bukan hanya laut saja. Akan tetapi, untuk Pantai Jetis yang terletak di Cilacap, daya tarik utamanya adalah pemandangan berupa bukit hijau disekitar pantai dan adanya bangunan pemecah ombak.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat lengkap dari pantai ini adalah Area Sawah, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya di bagian ujung Kabupaten Cilacap dan bisa Anda temukan dengan mudah melalui aplikasi peta seperti Google Maps maupun Waze.

Dari pusat Kota Cilacap, jarak pantai ini adalah sekitar 46 kilometer dan terbilang cukup jauh. Anda harus menghabiskan waktu sekitar 70 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi agar bisa sampai ke pantai ini. Hanya saja, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi jalanan menuju pantai terbilang bagus dan tidak sulit untuk dilewati jenis kendaraan apapun.

Untuk bisa sampai ke daerah pantai, ada 3 (tiga) rute lain yang bisa Anda tempuh selain dari pusat Kota Cilacap. Rute tersebut adalah dari Yogyakarta, Purworejo dan juga Kebumen. Inilah panduan tiap rutenya:

a. Yogyakarta

Jika Anda berasal dari Yogyakarta, maka mulai perjalanan dari Wates kemudian menuju Purworejo terlebih dahulu. Sebelum gapura Kabupaten Purworejo, Anda akan melihat sebuah pertigaan dan ambil arah kiri lurus sampai ke pertigaan Pantai Jatimalang.

Nantinya Anda akan melewati Jembatan Congot dan Jalan Daendels. Dari sinilah Anda bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Desa Patutrejo. Anda akan berjumpa dengan gerbang masuk ke arah Pantai Jetis Cilacap.

b. Purworejo

Dari Kota Purworejo, silakan pacu kendaraan ke arah Kutoarjo. Jika melewati Stasiun Kutoarjo, maka teruskan perjalanan sampai ke Jalan Daendels. Dari sini Anda akan sampai ke Desa Patutrejo untuk kemudian bisa sampai ke gerbang masuk Pantai Jetis di Cilacap.

c. Kebumen

Sementara itu, jika Anda berasal dari Kebumen silakan mulai perjalanan untuk menuju Jalan Daendels. Kemudian lanjutkan sampai ke Desa Patutrejo dan teruskan sampai ke gerbang masuk Pantai Jetis.

Harga Tiket Masuk Pantai Jetis Cilacap dan Fasilitasnya

tiket masuk pantai jetis cilacap
(sumber gambar: nativeindonesia.com)

Sebagai wisata alam andalan Cilacap, pantai ini tidak mematok harga tiket masuk yang mahal, bahkan cenderung murah meriah. Anda bisa membeli tiket masuk Pantai Jetis Cilacap seharga Rp. 5.000 saja untuk per orangnya. Selain membayar tiket utama, Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Sama seperti tiket masuk Pantai Jetis Cilacap yang murah, tarif parkirnya pun tidak kalah murah. Untuk kendaraan bermotor, Anda hanya cukup membayar Rp. 3.000 saja. Sementara untuk mobil, hanya sebesar Rp. 5.000 saja. Sangat terjangkau untuk semua kalangan yang ingin berwisata ke pantai ini.

Ketika sudah di dalam pantai, Anda pun bisa menikmati berbagai kegiatan yang menarik. Akan tetapi, untuk tiap kegiatan ini Anda harus membayar retribusi tambahan yang jumlahnya berbeda, tergantung pada kegiatan apa yang Anda ingikan. Seperti misalnya naik delman Anda harus membayar Rp. 60.000. Kemudian untuk naik kuda Anda harus membayar Rp. 25.000.

Apabila naik ATV kecil Anda harus membayar Rp. 30.000. Terakhir jika Anda naik ATV besar, maka harus membayar Rp. 40.000. Jadi untuk tiket masuknya memang murah, namun lebih baik bawa uang lebih agar Anda juga bisa mencoba berbagai kegiatan lain yang tidak kalah seru seperti naik kuda, delman, dan ATV besar maupun kecil.

Untuk fasilitasnya sendiri pantai ini terbilang sudah lengkap dan memadai. Sebut saja:

  • Kamar mandi atau toilet yang memadai
  • Pusat informasi Pantai Jetis
  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Gazebo dan saung-saung untuk tempat duduk
  • Warung makanan maupun minuman sekitar pantai
  • Area untuk camping atau berkemah
  • Penginapan
  • Musholla
  • dan tempat foto yang menarik.

Daya Tarik Pantai Jetis Cilacap

Dengan harga tiket masuk Pantai Jetis Cilacap yang sangat terjangkau, tidak heran jika kemudian wisata ini selalu ramai. Pengunjung bisa melihat beberapa daya tarik pantai ini yang indah dan khas, seperti berikut:

1. Bukit Hijau

Daerah sekitar pantai ini terlihat hijau sehingga sangat menarik untuk Anda lihat dari area pantai. Panorama bukit hijau yang teduh, kontras dengan birunya air membuat pemandangan yang sangat indah. Anda pun bisa menuju area bukit hijau ini dengan menyewa perahu untuk menyebrang.

2. Area Pantai yang Rindang dan Teduh

Pantai Jetis juga terkenal sebagai wisata yang rindang dan juga teduh karena memiliki banyak pohon. Mulai dari pohon kelapa maupun cemara yang merupakan hasil penghijauan kembali dari masyarakat sekitar di tahun 2007. Inilah yang kemudian membuat pantai ini terasa sangat rindang dan juga teduh.

Anda bisa menikmati suasana pinggir pantai bersama keluarga dengan hanya sekedar duduk-duduk saja. Apalagi juga sudah tersedia gazebo dan saung-saung yang siap menjadi tempat untuk berteduh. Ditambah dengan minum air kelapa muda, pasti suasana jadi lebih syahdu!

3. Sungai Dekat Pantai

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah ada sungai yang tidak jauh dari Pantai Jetis. Ini adalah Sungai Ngijo yang menjadi pembatas antara Kabupaten Cilacap dan juga Kabupaten Kebumen. Di area sekitar sungai Anda bisa melihat banyak tanaman pohon kelapa, pohon bakau, salak, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat area sungai ini juga terlihat sangat rindang dan juga teduh.

4. Deretan Wisata Kuliner

Ketika ke pantai ini, Anda juga bisa menikmati perjalanan wisata kuliner yang sangat meriah. Bagi pecinta seafood, tentu ini menjadi surga kenikmatan tersendiri yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Ada banyak pilihan seafood yang bisa Anda cicipi, mulai dari ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, dan lain sebagainya.

5. Pemecah Ombak

Karena memiliki ombak yang tergolong besar, Pantai Jetis akhirnya dibangun sebuah batuan pemecah ombak. Tujuannya agar tidak membahayakan keselamatan pengunjung yang sedang berwisata ke pantai ini. Meski bentuknya tidak beraturan, namun justru inilah yang menjadi daya tarik utama dari pemecah ombak ini karena terlihat sangat estetik.

Ada bagian yang terlihat seperti bangunan jembatan yang memanjang ke arah laut. Selain itu, ada juga bagian yang terlihat berlubang, namun terlihat rapi meski susunannya tidak beraturan. Karena estetikanya ini, Anda pun bisa menggunakannya sebagai tempat berfoto yang Instagramable.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai lokasi, rute, dan harga tiket masuk Pantai Jetis Cilacap. Dengan daya tariknya yang sangat menarik, tidak heran jika pantai ini selalu ramai oleh pengunjung. Jadi, pastikan menyempatkan berkunjung ke pantai ini ya setiap ke Cilacap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.