Tips Membangun Komunikasi Yang Efektif

by -34 views

Cara Komunikasi Efektif – Ketika kedua pihak atau lebih mampu menyimak pernyataan seseorang dan memberikan respons, bisa dalam bentuk pertanyaan atau memberikan kritik dan saran, akan menunjukkan bahwa mereka setuju atau bertentangan. Hal ini adalah salah satu contoh komunikasi yang efisien.

Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam menjalin sebuah hubungan, tidak hanya dengan pasangan saja namun juga dengan teman, rekan kerja maupun keluarga.

Cara Komunikasi Efektif

1. Mendengarkan Lawan Bicara

Dalam berkomunikasi, kita memang diperkenankan untuk mengutarakan pendapat. Namun bukan berarti kita tidak membiarkan lawan bicara untuk mengutarakan pendapatnya, terkadang mendengarkan lawan bicara juga penting.

Anda akan dipandang sebagai sosok egois, karena hanya fokus terhadap diri sendiri. Izinkan pihak lain untuk berbicara dan menjadi pendengar yang baik, sikap tersebut sangat dibutuhkan saat sedang berada di lingkungan kerja yang sifatnya formal.

2. Memberikan Informasi Dengan Jelas

Dalam berkomunikasi juga perlu menyampaikan informasi secara jelas, sehingga tidak menimbulkan salah paham dari pihak lain. Penjelasan informasi dengan jelas dan akurat, tentunya akan membuat lawan bicara memahami apa maksud dari yang ingin disampaikan.

Selain itu dalam dunia kerja misalnya, ketika Anda diminta untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain, maka jangan sampai melakukan kesalahan dalam memberikan informasi, karena hal tersebut bisa menimbulkan salah paham dan berujung konflik antar pihak lain.

3. Mengajukan Pertanyaan

Komunikasi yang efektif juga memerlukan tanggapan dari pihak lain, pernyataan yang telah disampaikan oleh lawan bicara memerlukan tanggapan, bisa dengan mengajukan pertanyaan, jika terdapat pernyataan tidak dimengerti atau mengutarakan tanggapan Anda.

Dengan mengajukan pertanyaan, kita juga bisa dianggap sebagai pendengar yang baik, karena mendengarkan apa yang lawan bicara coba sampaikan.

4. Tunjukan Kesan Ramah

Menunjukkan kesan ramah kepada lawan bicara akan membuat mereka merasa lebih nyaman ketika sedang berbicara dengan kita. Selalu tersenyum ketika lawan bicaramu sedang menjelaskan sesuatu. Tidak hanya senyuman yang bisa ditunjukkan dengan kesan ramah, kamu juga bisa menanyakan kabar dan berbicara dengan nada riang.

Sikap tersebut akan membuatmu lebih terbuka dan paham seperti apa sudut pandang lawan bicaramu.

5. Fleksibel saat Berkomunikasi

Semua orang memiliki karakter yang berbeda- beda. Jadi, jika perbedaan karakter tersebut harus dipahami karena akan memengaruhi dalam melakukan komunikasi efektif dengannya.

Ketika bertemu dengan lawan bicara yang sensitif dan mudah tersinggung, sehingga sulit untuk menggunakan bahasa yang lugas atau kasar. Pahami lawan bicara terlebih dahulu, sehingga bisa menempatkan harus berbicara seperti apa.

Hal yang Diperhatikan Saat Berkomunikasi

Ada beberapa hal perlu diperhatikan saat berkomunikasi dengan orang lain, terutama dengan orang baru Anda kenal ataupun pihak di dalam dunia kerja. Menciptakan suasana komunikatif tentunya sangat penting, agar kedua pihak merasa nyaman saat berpendapat.

1. Tidak Memotong Pembicaraan Seseorang

Komunikasi dapat terjadi, dengan tidak memotong pembicaraan seseorang. Tidak ada seorangpun merasa senang ketika mereka masih berbicara, namun orang lain mencoba memotongnya.

Bukan hanya bersikap tidak sopan, namun sikap tersebut menandakan bahwa Anda tidak dapat membangun komunikasi dengan baik. Sikap seperti ini bisa menimbulkan anggapan negatif orang lain kepada Anda, bahkan dikhawatirkan orang lain malas untuk memberi tanggapan.

Selain itu ada saatnya Anda perlu menjadi pendengar, ketika lawan bicara membutuhkan teman bicara. Namun ada saatnya juga perlu memberikan nasihat atau tanggapan, ketika lawan bicara memintanya.

2. Menguasai Materi

Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda menguasai materi yang ingin dibicarakan, sehingga terjadi kesinambungan antara Anda dan lawan bicara. Komunikasi akan berjalan lebih lancar, jika bisa memahami topik pembicaraan dan memberikan respons yang baik.

Selain itu penguasaan materi juga penting ketika Anda mencoba untuk mengutarakan pendapat, jangan sampai pertanyaan atau tanggapan Anda terhadap lawan bicara berada di luar konteks.

3. Memperhatikan Gaya Bahasa

Komunikasi efektif dapat terjalin, jika Anda memperhatikan gaya bahasa. Hal ini terbilang cukup penting, sebab Anda harus memperhatikan gaya bahasa, lalu menyesuaikannya dengan siapa lawan bicara saat itu.

Ada saatnya Anda perlu menggunakan gaya bahasa sifatnya formal, jika berbicara dengan atasan atau rekan kerja jika usianya lebih tua. Namun tidak masalah jika berbicara informal, bisa kepada teman, keluarga, rekan kerja jika usianya setara, atau pasangan.

Akhir Kata

Itu lah cara komunikasi efektif yang dapat sobat terapkan ketika sedang berbicara dengan orang lain yaa!

Baca Juga: Komunikasi Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.