Alur Pendaftaran Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

oleh -31 views
Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Sebagai salah satu kota besar yang ada di Jawa Tengah, Purwokerto memang memiliki kondisi ekonomi, sosial, dan pendidikan yang baik. Buktinya Anda bisa melihat banyak sekolah dan universitas yang ada di daerah ini dengan kualitas yang baik. Baik itu lembaga yang bersifat negeri maupun swasta. Salah satunya adalah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto.

Profil Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
(sumber gambar: unupurwokerto.ac.id)

Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto juga populer dengan sebutan UNU Purwokerto. Lembaga ini adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang ada di Purwokerto dan berada di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Masih tergolong baru, universitas ini berdiri pada 30 November 2016 yang lalu. Meski begitu, univesitas ini sudah cukup populer dengan kualitasnya bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya.

Pendirian UNU Purwokerto sendiri ditandai dengan adanya Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Setelah itu, menteri Prof. H. Mohammad Nasir menyerahkan SK ini kepada Rektor UNU, yaitu Prof. Dr. Ir. Achmad Sodiq. Dari penyerahan SK inilah kemudian secara resmi berdiri sebuah lembaga universitas swasta di Purwokerto dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama.

Pendirian univ ini juga memiliki tujuan yang jelas. Hal ini tertuang dalam visi dan misi UNU Purwokerto. Berikut adalah visi dan misi UNU Purwokerto:

1. Visi UNU Purwokerto

Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto memiliki visi untuk menjadi sebuah universitas yang unggul di tahun 2032 dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah, berjiwa wirausaha, dan berwawasan global serta pengembangan IPTEKS untuk kemaslahatan umat.

2. Misi UNU Purwokerto

Dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, ada beberapa misi yang UNU Purwokerto usung. Berikut adalah beberapa misi tersebut:

  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri. Menuju terciptanya masyarakat madani yang ber Bhineka Tunggal Ika
  • Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni berlandaskan nilai-nilai keislaman yang berorientasi global. Hal ini bertujuan untuk menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban
  • Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumberdaya manusia bermoral yang memiliki nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal, kompetensi akademik berwawasan global, kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan, kemampuan memecahkan masalah untuk pembangunan masyarakat Indonesia.

Dengan visi dan misi tersebut, maka tampak bahwa UNU Purwokerto memiliki tujuan yang jelas dan ingin berkontribusi untuk Indonesia. Kontribusi tersebut diwujudkan langsung dari pendidikan yang ada di UNU Purwokerto.

Fakultas dan Prodi

Secara total, ada 3 (tiga) fakultas yang bisa Anda temukan di UNU Purwokerto. Ketiga fakultas tersebut adalah Sains dan Teknologi, Sosial Humaniora, dan Agama Islam. Dalam tiga fakultas ini, ada beberapa prodi atau program studi yang bisa Anda pilih. Inilah rincian fakultas dan prodik dari Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto:

1. Fakultas Sains dan Teknologi

Untuk fakultas sains dan teknologi terbagi atas 7 (tujuh) program studi, yaitu Agroteknologi, Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, Peternakan, Biologi, Matematika, dan Ilmu Perikanan.

2. Fakultas Ilmu Humaniora

Sementara untuk fakultas ilmu humaniora, terbagi atas 6 (enam) program studi, yang terdiri dari Akuntansi, Manajemen, Administrasi Publik, Hukum, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Hukum Syari’ah.

3. Fakultas Agama Islam

Terakhir untuk fakultas Agama Islam akan terbagi menjadi 4 (empat) program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan Pendidikan Agama Islam.

Selain fakultas, ada juga lembaga dan unit yang ada di Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Untuk lembaga, di universitas ini Anda bisa menemukan lembaga kampus berupa LP3M atau Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu dan LPPM atau Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

LP3M sendiri memiliki tugas untuk melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu. Sementara LPPM memiliki tugas untuk melaksanakan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kedua lembaga ini memiliki peran yang penting di kampus baik untuk kampus itu sendiri maupun masyarakat. Selain lembaga, UNU Purwokerto juga memiliki 3 (tiga) unit yang penting, yaitu UPT Perpustakaan, UPT SI, dan UPT Bahasa.

Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
(sumber gambar: unupurwokerto.ac.id)

Jika Anda ingin berkuliah di UNU Purwokerto, ada 2 (tiga) alur pendaftaran yang bisa Anda ikuti. Pertama adalah lewat pendaftaran online, dan kedua adalah cara offline atau langsung datang ke UNU Purwokerto. Berikut adalah alur pendaftaran keduanya:

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru Secara Online

Untuk mendaftarkan diri secara online, berikut adalah langkah yang bisa Anda tempuh:

  • Kunjungi laman atau website pmb.unupurwokerto.ac.id
  • Kemudian lanjutkan dengan pilih menu daftar dan isi formulir pendaftaran dengan lengkap sesuai data yang dibutuhkan
  • Setelah itu, cek email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan diri. Dalam email nantinya Anda akan mendapatkan ID, token ujian, dan juga password
  • Jika sudah, masukkan ID dan Password ke menu Login agar Anda bisa mengikuti proses ujian atau seleksi secara online
  • Kemudian silahkan upload beberapa dokumen berikut:
    • Bukti pembayaran pendaftaran sejumlah Rp 500.000 ke Bank BRI No. Rek : 007701-001874-30-0 a.n. UNU Purwokerto
    • Surat rekomendasi dari Banom / Muslimat NU yang sudah mendapatkan stempel. Untuk download templatenya, silahkan kunjungi link berikut ini
    • Surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pembayaran. Untuk template, bisa Anda unduh melalui link berikut ini
  • Melakukan pengisian formulir biodata diri dengan lengkap sekaligus mengupload semua berkas dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut meliputi KK, KTP, Ijazah/ SKL, SHUN, akta kelahiran dengan format pdf jika foto berformat jpg atau png, dan Pas Foto (baju putih, background sesuai KTP). Semua berkas tersebut harus memiliki ukuran maksimal 2 MB. Apabila Anda mengajukan beasiswa tertentu, maka lengkapi juga berkas beasiswa yang tersedia
  • Pendaftaran selesai!

2. Pendaftaran Mahasiswa Baru Secara Offline (Datang Ditempat)

  • Siapkan dahulu semua berkas atau dokumen yang dibutuhkan baik berupa berkas asli atau file scan semua berkas. Mulai dari Melakukan pengisian formulir biodata diri dengan lengkap sekaligus mengupload semua berkas dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut meliputi KK, KTP, Ijazah/ SKL, SHUN, akta kelahiran dengan format pdf jika foto berformat jpg atau png, dan Pas Foto (baju putih, background sesuai KTP). Semua berkas tersebut harus memiliki ukuran maksimal 2 MB
  • Kemudian silahkan datang ke Sekretariat PMB UNU Purwokero / Winduaji
  • Di tempat pendaftaran Anda akan dibantu oleh staff atau panitia yang bertugas
  • Akses laman atau website pmb.unupurwokerto.ac.id
  • pilih menu daftar dan isi formulir pendaftaran dengan lengkap sesuai data yang dibutuhkan cek email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan diri. Dalam email nantinya Anda akan mendapatkan ID, token ujian, dan juga password
  • Jika sudah, masukkan ID dan Password ke menu Login agar Anda bisa mengikuti proses ujian atau seleksi secara online
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar biaya pendaftaran Rp 100.000,- ke Bank BRI No. Rek : 007701-001874-30-0 a.n. UNU Purwokerto dan lanjutkan dengan mengupload bukti pembayaran tersebut
  • Tunggu verifikasi pendaftaran oleh staff atau petugas agar bisa memilih prodi
  • Lanjutkan dengan menunggu Verifikasi bayar  pendaftaran oleh Staff Keuangan/ Bendahara PMB untuk memastikan pembayaran masuk ke rekening UNU Purwokerto
  • Jika sudah silahkan cetak kartu pendaftaran
  • Mengisi formulir biodata lengkap dan upload berkas setelah semua berkas discan oleh panitia dengan format pdf kecuali foto (jpg/png), dengan ukuran maksimal 2 MB.
  • Membayar Registrasi Ulang yaitu Paket Almamater dan SPP 50% ke rekening UNU Purwokerto dan upload bukti pembayaran
  • Tunggu verifikasi bayar registrasi ulang oleh Staff Keuangan/ Bendahara PMB.
  • Setelah diverifikasi panitia bahwa berkas sudah lengkap, maka Registrasi Ulang dinyatakan Selesai dan Mendapatkan NIM.

Lokasi dan Kontak Lengkap Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Alamat lengkap dari UNU Purwokerto adalah Jalan Sultan Agung No.42, Windusara, Karangklesem, Kec. Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Kode Pos 53145. Untuk alamat email yang bisa Anda hubungi adalah ppmb.unupwt@gmail.com. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi UNU melalui WA Center di nomor 0811-346-220.

Itulah informasi lengkap yang bisa Anda simak mengenai Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Mulai dari profil, fakultas dan prodi, sekaligus alur pendaftarannya. Semoga bisa membantu Anda yang ingin mendaftarkan diri ke kampus ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.