Ingin Kuliah di Purwokerto? Ini Universitas Negeri di Purwokerto Terbaik

oleh -22 views
universitas negeri di purwokerto

Selama ini sebutan “Kota Pelajar” masih sangat melekat erat untuk Yogyakarta. Akan tetapi, Purwokerto yang masih satu provinsi dengan Yogyakarta juga punya potensi besar untuk bmenjadi “The Next Kota Pelajar” lho. Hal ini tercermin dari adanya universitas negeri di Purwokerto yang bisa Anda pilih untuk menuntut ilmu. Apa saja? Yuk, simak daftar lengkapnya!

2 Universitas Negeri di Purwokerto Terbaik

universitas negeri di purwokerto
(sumber gambar: unsoed.ac.id)

Sampai saat ini, minat masyarakat Indonesia memang masih sangat tinggi terhadap universitas negeri. Alasan utamanya adalah karena biaya yang lebih terjangkau dan juga kualitasnya yang baik. Purwokerto sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang punya 2 (dua) univ negeri yang bagus. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman juga akrab dengan sebutan UNSOED. Perguruan ini sudah berdiri sejak tahun 1963 dan punya reputasi yang baik di daerah Jawa Tengah. Reputasi ini memiliki total 12 (dua belas) fakultas, 5 jenjang pendidikan, dan ada lebih dari 70 program studi yang bisa Anda pilih.

Untuk daftar fakultas yang bisa Anda pilih adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Peternakan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran. Selain itu, ada juga fakultas lain seperti Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Dengan pilihan fakultas dan prodi yang beragam, kampus ini juga memiliki kualitas pengajaran yang cukup baik. Tidak heran jika UNSOED sudah terkenal bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya sebagai salah satu kampus yang baik. Lingkungan kampusnya juga bagus dan terkesan sejuk sehingga sangat nyaman untuk tempat belajar.

Alamat: Jalan Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

2. Universitas Islam Negeri Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto

Universitas negeri di Purwokerto selanjutnya adalah Universitas Islam Negeri Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto. Ini merupakan kampus Islam yang memiliki 5 fakultas, 21 program studi, dan 7 program studi pasca sarjana (1 doktoral, 6 magister). Meski merupakan kampus Islam, tapi Anda juga bisa mengambil jurusan lain dengan kualitas yang sama baiknya.

Pada awalnya, universitas ini memiliki nama IAIN Purwokerto. Akan tetapi, melalui peraturan Presiden Republik Indonesia No. 41 Tahun 2021, kampus ini resmi berubah nama. Dengan perubahan tersebut, tentu diharapkan universitas ini juga bisa semakin mengembangkan kualitas pendidikan mereka.

Alamat: Jalan A. Yani No.40A, Karanganjing, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Universitas dan Sekolah Tinggi Swasta yang Ada di Purwokerto

universitas negeri di purwokerto
(sumber gambar: wikimedia.org)

Selain universitas negeri di Purwokerto, Anda juga bisa menjumpai universitas swasta serta institut atau sekolah tinggi. Kehadiran berbagai lembaga inilah yang akhirnya membuat Purwokerto memiliki banyak lembaga pendidikan yang berkualitas dan baik. Inilah beberapa universitas dan lembaga tersebut:

1. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan Universitas Muhammadiyah yang memang tersebar dan banyak berdiri di Indonesia. Termasuk salah satunya bisa Anda jumpai di Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau UMP sudah berdiri sejak tahun 1965 dan tergolong lembaga pendidikan tua yang ada di kota ini. UMP juga merupakan perguruan tinggi swasta terbesar yang ada di Jawa Tengah bagian barat.

Akreditasinya sendiri B dan memiliki banyak pilihan fakultas dan program studi. Anda bisa memilih 11 fakultas, 35 program studi, dan 7 program studi pasca sarjana. Rincian fakultas tersebut adalah Fakultas Psikologi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selain itu, juga ada fakultas lain seperti Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, hingga Fakultas Kedokteran. Berbagai fakultas ini bisa Anda pilih sesuai dengan bidang studi yang Anda minati. Tarif untuk berkuliah di kampus ini juga masih terbilang ramah dikantong meski untuk ukuran kampus swasta.

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Dusun III, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Cipta Husada

Jika Anda tertarik untuk bersekolah dan fokus ke bidang sekolah, sekolah tinggi yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihn. STIKES Bina Cipta Husada adalah sebuah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Cipta Husada. Baru berdiri pada 2005, STIKES ini memang masih tergolong baru.

Meski begitu, popularitasnya sudah terbilang bagus untuk masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. Di STIKES ini, Anda bisa menemukan 5 (lima) program studi yang bisa Anda tekuni sebagai bidang konsentrasi ilmu. Mulai dari Kesehatan Masyarakat (S1), Farmasi (D3), Farmasi (S1), Kebidanan (D3), dan TLM (D4).

Alamat: Jalan Pahlawan No. V/6, Tanjung, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

3. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Selanjutnya, ada Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) yang berdiri pada tahun 2002 lalu. Sesuai dengan namanya, kampus ini memang berada di bawah naungan PT. Telkom Indonesia dan pengelolaannya dilakukan langsung oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Meski masih tergolong baru, namun kampus ini sudah terkenal akan kualitas pendidikannya yang baik.

Kampus ini berfokus pada teknologi informasi, tepatnya Healthcare, Tourism, Small Medium Enterprise (HATS), dan Agro-Industry. Ada 3 (tiga) fakultas yang bisa Anda pilih di kampus ini. Mulai dari Fakultas Informatika, Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro, dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain.

Jika Anda sangat punya ketertarikan yang tinggi dengan dunia teknologi, maka kampus ini adalah pilihan yang baik. Untuk biaya Anda juga tidak perlu takut dan khawatir, karena kampus ini masih terbilang terjangkau untuk ukuran sekolah swasta. Biaya pendidikannya berkisar mulai dari 4,5 juta.

Alamat: Jalan DI Panjaitan No.128, Karangreja, Purwokerto Kidul, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

4. Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Satu lagi kampus yang juga berdiri di tahun 2002 dan berada dibawah naungan yayasan. Kampus itu adalah Universitas Harapan Bangsa Purwokerto atau UHB. Kampus ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dwi Puspita. Pada awal pendiriannya, kampus ini memiliki nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto.

Akan tetapi, kemudian secara resmi berubah menjadi Universitas Harapan Bangsa Purwokerto dan memiliki program studi yang lebih luas tidak hanya di bidang kesehatan saja. Disini Anda bisa menemukan 3 (tiga) fakultas yang bisa Anda tekuni. Mulai dari Fakultas Sains, Fakultas Sosial, dan Fakultas Kesehatan.

Alamat: Jalan Raden Patah No.100, Kedunglongsir, Ledug, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

5. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Purwokerto

Selanjutnya ada Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI Purwokerto. UBSI adalah salah satu cabang dari BSI yang berdiri di tahun 2006. Salah satu penawaran terbaik dari kampus ini adalah pendidikan vokasi dan juga program siap kerja. Inilah yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk masuk kesini karena ingin langsung bekerja. Kalau Anda memiliki minat yang tinggi terhadap bidang teknologi, maka kampus ini bisa jadi opsi yang tepat.

Kampus ini berfokus pada bidang teknologi informatika dan juga ekonomi. Secara total ada 3 (tiga) fakultas dan 19 (sembilan belas) program studi yang bisa Anda pilih. Mulai dari Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Untuk biayanya nanti sangat beragam tergantung pada fakultas dan program studi yang Anda pilih.

Alamat: Jalan HR. Bunyamin No.106, Sumampir Wetan, Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Nah, itulah berbagai kampus yang bisa Anda temukan di Purwokerto. Mulai dari universitas negeri di Purwokerto hingga sekolah tinggi dan institut. Semuanya memiliki penawaran studi yang berbeda-beda dan bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan konsentrasi studi yang Anda inginkan. Untuk informasi lebih lanjut perihal pendaftaran dan biaya, silahkan kunjungi website masing-masing kampus tersebut ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.