9 Wisata Alam di Purbalingga Paling Indah Cocok untuk Liburan

by -51 views
wisata alam di Purbalingga

Purbalingga adalah salah satu kota yang sangat sayang untuk Anda lewatkan saat pergi ke Jawa Tengah. Pasalnya, ada banyak sekali destinasi wisata menarik di daerah ini, baik itu wisata buatan maupun wisata alam. Apalagi berbagai wisata alam di Purbalingga juga terkenal sangat indah dan cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga. Lalu, apa saja tempat wisata yang indah di Purbalingga itu? 

9 Rekomendasi Wisata Alam di Purbalingga Terindah 

Sebagai bahan referensi, inilah beberapa destinasi wisata alam terbaik yang ada di Purbalingga: 

1. Situ Tirta Marta 

wisata alam di Purbalingga
sumber gambar: visitpurbalingga.com

Tujuan pertama yang bisa Anda datangi saat ke Purbalingga adalah Situ Tirta Marta. Ini merupakan situ atau sumber air alami yang terletak di Desa Karangcegak, Purbalingga. Banyak orang datang ke situ ini karena airnya yang sangat jernih dan juga bersih sehingga sangat cocok sebagai tempat berlibur dan melepas penat. 

Bahkan saking jernihnya Anda bisa mengambil foto di dalam kolam dan hasil fotonya akan terlihat bagus. Selain menghabiskan waktu dengan berenang, Anda pun bisa bersantai di pinggir kolam dan menikmati suasana alam yang bagus dan menenangkan. Apalagi banyak pepohonan di sekitar yang membuat suasana makin teduh dan asri. 

Harga Tiket: Rp 3.000 sampai Rp 15.000 per orang 

Lokasi: Dusun 1, Karangcegak, Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah 

2. Goa Lawa 

Wisata alam di Purbalingga selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Goa Lawa. Berwisata di goa memang bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan bersama keluarga. Nah, Purbalingga juga punya goa yang terkenal akan keindahannya, yaitu Goa Lawa. Nama Lawa sendiri berasal dari banyaknya kelelawar yang dulu mendiami lokasi goa ini. 

Berasal dari letusan Gunung Slamet di zaman purba yang membeku, membuat goa ini memiliki bentuk yang sangat indah dan juga menakjubkan. Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu dengan berkeliling dan melihat berbagai keindahan di goa ini. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa goa ini sedikit berbeda dari goa lainnya. Pasalnya, Anda bisa menjumpai cafe di mulut goa yang bisa menjadi tempat menikmati kopi. 

Harga Tiket: Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per orang 

Lokasi: Desa Sirawak RT 01/07, Karangreja, Dusun IV, Sirawak, Purbalingga, Jawa Tengah 

3. Curug Nini 

Curug memang menjadi salah satu tempat wisata alam yang akan sangat mudah Anda temui di Purbalingga. Ada banyak curug indah yang ada di Purbalingga termasuk Curug Nini yang sangat terkenal akan keindahannya. Curug Nini sendiri berlokasi di daerah Pagerandong dan Cipaku, berada di 2 (dua) desa dan memang menjadi pemisah dari kedua desa tersebut. 

Untuk bisa masuk ke lokasi curug, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu karena lokasinya yang ada di dalam hutan. Tapi nantinya setelah sampai ke lokasi curug Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, di lokasi curug juga ada tebing yang tidak terlalu tinggi. Dengan tebing ini Anda bisa bermain dan melompat dari tebing untuk kemudian berenang. 

Harga Tiket: Rp 5.000 per orang 

Lokasi: Dusun IV, Pager Andong, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 

4. Puncak Igin Wingir 

Rekomendasi wisata alam di Purbalingga selanjutnya adalah Puncak Igin Wingir. Apabila Anda adalah penggemar wisata alam yang tinggi, maka puncak ini bisa menjadi tempat yang tepat. Puncak Igin Wingir sendiri berlokasi di Desa Panususpan, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Pada wisata ini, Anda bisa melihat pemandangan Purbalingga yang indah dari atas. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini dan berujar kalau Puncak Igin Wingir ini mirip dengan Kulonprogo yang sangat hits. 

Lokasi: Desa wisata, Bantarbarang, Rembang, Rajawana, Karangmoncol, Dusun II, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

5. Curug Sumba 

wisata alam di Purbalingga
sumber gambar: ksmtour.com

Selain Curug Nini, Anda pun bisa berkunjung ke Curug Sumba yang berlokasi di Desa Tlahab, Karangreja, Purbalingga. Disini Anda bisa melihat keindahan air terjun alami yang sangat indah dan kolam yang sangat jernih. Warna airnya hijau gradasi biru sangat menyegarkan dan cocok menjadi destinasi liburan bersama dengan keluarga. Pada sebelah kanan dan kirinya, ada tebing yang tidak terlalu tinggi dan bisa menjadi spot untuk bersantai maupun berfoto bersama. 

Karena itulah banyak wisatawan yang datang untuk bersantai bersama keluarga dan berfoto bersama meskipun tidak berenang. Dari segi fasilitas, tempat ini pun sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, gazebo, area parkir yang cukup luas, hingga warung jajanan dan minuman. 

Harga Tiket: Rp 5.000 per orang 

Lokasi: Kemojing, Desa Tlahab, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

6. Gunung Slamet 

Gunung Slamet juga menjadi destinasi wisata alam yang sangat wajib untuk Anda kunjungi, terutama jika Anda adalah penggemar kegiatan mendaki. Ketinggian gunung ini adalah 3428 Mdpl dan lokasinya terletak diantara 5 kabupaten, yaitu Brebes, Pemalang, Banyumas, Tegal, dan juga Purbalingga.  

Bagi para traveler, gunung ini cukup terkenal dengan medannya yang cukup berat sehingga Anda harus benar-benar mempersiapkan tenaga yang ekstra agar bisa sampai ke puncak Gunung Slamet. Inilah yang menjadi alasan kenapa pemula yang baru mulai mendaki tidak disarankan untuk langsung ke Gunung Slamet. Selain itu, sebelum mendaki pastikan Anda benar-benar mempersiapkan tubuh yang fit, perbekalan yang cukup, termasuk obat-obatan. Dengan begitu, kegiatan mendaki bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Harga Tiket: Rp 5.000 per orang 

Lokasi: Purbalingga 

7. Sungai Klawing 

Selanjutnya, Anda juga bisa berkunjung ke Sungai Klawing untuk menikmati keindahannya. Disini Anda bisa melihat keindahan sungai dengan arusnya yang terkenal deras. Inilah yang kemudian juga membuat Sungai Klawing menjadi lokasi yang sangat cocok untuk tempat arung jeram dan juga menjadi tempat untuk riverboarding. 

Bahkan saking terkenalnya, sungai ini menjadi tuan rumah kejuaraan riverboarding tingkat nasional. Dari acara inilah popularitas sungai ini menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Untuk paket arung jeram juga akan memiliki tarif yang bervariasi tergantung perlengkapan. Mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 180.000 untuk perorangan. 

Lokasi: Hulu Gunung Slamet, Purbalingga 

8. Curug Tempuran 

Wisata alam di Purbalingga yang satu ini bisa Anda datangi tanpa membayar tiket sepeserpun alias gratis. Ini adalah Curug Tempuran yang punya pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Disini Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang di sekitar area air terjun. Hanya saja, jika memang Anda masih pemula atau tidak terlalu pandai berenang, sebaiknya hindari area kolam yang dekat dengan pusat air terjunnya. 

Pasalnya, area bawah dari air terjun curug ini memiliki kedalaman yang cukup dalam. Inilah yang kemudian membuat area ini akan berbahaya jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk berenang dengan baik. Selain berenang, Anda pun bisa menghabiskan waktu dengan bersantai dan berfoto-foto di area curug. 

Lokasi: Jalan Raya Binangun No 18, Pengalusan, Area Sawah & Hutan, Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 

9. Curug Nagasari 

Terakhir, ada Curug Nagasari yang menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Perlu Anda ketahui bahwa curug ini adalah curug tertinggi yang ada di Purbalingga. Dengan ketinggiannya itu, aliran air curug ini terlihat sangat indah dan juga menyegarkan. Bahkan bagian tebing dari curug ini tampak seperti lukisan yang abstrak. 

Dengan keindahannya itu, tidak heran jika tempat ini selalu ramai oleh wisatawan. Curug ini juga berada di daerah yang masih sangat asri.  Inilah yang membuat Anda harus melakukan trekking sejauh 600 m dengan medan yang cukup menantang. Tapi tentu jarak trekking itu akan terbayar lunas dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Pada salah satu sisinya, Anda juga bisa melihat gua kecil. 

Harga Tiket: Rp 7.000 per orang 

Lokasi: Dusun Pucungrumbak, Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 

Itulah beberapa tempat wisata alam di Purbalingga terbaik yang bisa Anda kunjungi. Berbagai destinasi ini sangat cocok menjadi tempat berlibur yang seru bersama keluarga. Selain berlibur, Anda pun bisa sekaligus melepas penat dengan keindahan alam yang luar bisa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.