Rekomendasi Wisata Alam di Purwokerto Terbaik

by -97 views
wisata alam di purwokerto
(sumber : idnexplore.com)

Purwokerto merupakan ibukota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang menyimpan keindahan berbagai objek wisata alam menarik. Ada banyak destinasi wisata alam di Purwokerto yang layak menjadi tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Apalagi saat ini sudah banyak hadir tempat wisata alam baru di Purwokerto yang memiliki banyak spot foto terbaik. Lalu, apa saja objek wisata alam terbaik di Purwokerto yang layak menjadi pertimbangan untuk menghilangkan penat? Berikut rekomendasi lengkapnya.

Daftar Wisata Alam di Purwokerto untuk Destinasi Liburan Keluarga

Mengunjungi wisata alam di Purwokerto menjadi alternatif terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan serta menghirup udara segar. Berikut daftar wisata alam yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga apabila berkunjung ke Purwokerto.

1. Baturraden Adventure Forest

Rekomendasi wisata alam di Purwokerto pertama adalah Baturraden Adventure Forest yang cocok bagi penyuka petualangan, tetapi masih ragu dengan alam liar. Objek wisata ini menghadirkan sensasi berpetualang di alam bebas dengan bimbingan profesional, sehingga tidak perlu khawatir.

Baturraden Adventure Forest dapat menjadi wisata edukasi untuk keluarga untuk mempelajari tentang cara mencintai alam. Wisatawan akan menikmati sensasi berpetualang di gunung, kabut, sungai, dan hutan sesuai pilihan paket liburan.

Tak hanya itu saja, ada pemandangan hutan pinus dan pegunungan yang akan memanjakan mata pengunjung. Latar belakang pemandangan yang indah tersebut dapat menjadi spot foto Instagramable untuk Anda unggah ke sosial media.

2. Curug Kembar Ketenger

Curug Kembar Ketenger merupakan daftar wisata alam di Purwokerto berikutnya yang layak Anda kunjungi bersama keluarga, rekan, dan pasangan. Objek wisata air terjun yang berada di Dusun Ketenger ini menawarkan kesejukan serta ketenangan.

Wisatawan yang berkunjung akan melihat keindahan air terjun kembar yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 7 meter saja. Air terjun tersebut juga memiliki warna jernih, sehingga ikan yang ada di dalamnya terlihat sangat indah.

Berwisata ke Curug Kembar Ketenger bisa menjadi pilihan terbaik apabila Anda ingin berlibur dengan biaya terjangkau. Hal ini karena wisatawan yang datang tidak perlu membeli tiket masuk, melainkan hanya perlu membayar uang parkir saja.

3. Bukit Tranggulasih

Alternatif wisata alam lainnya di Purwokerto adalah Bukit Tranggulasih yang masih berada di kawasan wilayah Baturraden. Bukit Tranggulasih dulunya merupakan kawasan tidak terawat, namun kini telah berubah menjadi objek wisata yang indah.

Banyak pengunjung rela datang sangat pagi ke objek wisata ini demi menyaksikan keindahan sunrise. Selain itu, Bukit Tranggulasih juga memiliki banyak spot foto terbaik lengkap dengan tulisan menarik karwa warga sekitar.

Tempat wisata ini bisa menjadi sarana liburan yang menenangkan karena pemandangan hijau di sekitarnya mampu menyejukkan mata. Anda bisa berkunjung beramai-ramai untuk membangun tenda camping di area Bukit Tranggulasih guna menghilangkan penat dari keramaian kota.

4. Bukit Bintang Baturraden

Sesuai namanya, objek wisata ini sangat cocok menjadi pilihan untuk menghabiskan malam di Purwokerto sembari melihat gugusan bintang. Bukit Bintang Baturaden merupakan salah satu wisata alam di Purwokerto yang layak Anda pilih untuk bercengkrama di malam hari sambil melihat pemandangn indah.

Objek wisata ini terletak di kawasan wisata baturaden di Jalan Pangeran Limboro, Purwokerto. Biaya masuk ke Bukit Bintang Baturraden sangat terjangkau karena wisatawan hanya perlu membayar tiket seharga 3 ribu rupiah saha per orang.

Wisatawan dapat menikmati keindahan Bukit Bintang Baturraden serta udara dinginnya sembari duduk santai. Bagi Anda yang tidak tahan dingin sebaiknya mengenakan pakaian tebal atau membawa jaket agar merasa lebih nyaman.

5. Curug Jenggala

wisata alam di Purwokerto
(sumber gambar : idnexplore.comm)

Rekomendasi wisata alam di Purwokerto selanjutnya adalah Curug Jenggala yang terletak di Desa Petahunan. Salah satu objek wisata air terjun terletak di lokasi tersembunyi, sehingga belum terlalu ramai pengunjung dan masih terjaga keasriannya.

Objek wisata ini memiliki pemandangan yang menyejukkan mata dan akan membuat pengunjung terpesona. Aliran deras air Curug Jenggala menyuguhkan kesejukan dan membentuk aliran air sungai yang berwarna putih susu.

Selain itu, ada jembatan yang berguna untuk menghubungkan untuk sisi kiri dan kanan sungai. Jembatan tersebut membuat pemandangan Curug Jenggala kian eksotis sekaligus menjadi spot foto yang menarik. Ada juga spot foto menarik yang Instagramable berupa papan kayu berbentuk hati di seberang air terjun.

6. Wisata Pagubugan

Wisata Pagubugan mengangkat konsep eduwisata yang menarik menjadi pilihan liburan bersama keluarga. Objek wisata alam di Purwokerto ini menyediakan banyak fasilitas, seperti taman kelinci dan camping ground.

Salah satu objek terbaik di Wisata Pagubugan adalah Grujugan Bengkok, yaitu sungai kecil dengan aliran air yang kencang. Pemandangan tempat wisata ini sangat memanjakan mata karena alirannya sangat jernih, sehingga cocok jika ingin bermain air.

Bagi pengunjung yang membawa buah hati juga bisa mengajak ke spot eduwisata bercocok tanam. Ada juga kolam renang di tengah sawah yang aman untuk anak sekaligus tidak bising. Biaya masuk Wisata Pagubugan juga sangat terjangkau, yaitu 7 ribu rupiah saja per orang.

7. Wisata Alam di Purwokerto Bukit Agaran

Alternatif wisata alam di Purwokerto selanjutnya, yaitu Bukit Agaran yang memiliki spot Instagramable. Tempat wisata hits ini cocok menjadi pilihan bagi penyuka pemandangan awan indah sebagai latar belakang foto.

Bukit Agaran merupakan spot terbaik untuk melihat pemandangan langit biru yang indah. Pengunjung juga bisa melihat bentangan hutan rimba layaknya lukisan alam yang menakjubkan. Anda bisa mengambil foto sebanyak mungkin untuk mengisi feed sosial media.

Wisatawan yang akan masuk ke Bukit Agaran hanya perlu membayar tiket masuk seharga 5 ribu rupiah saja. Pengunjung bisa melihat pemandangan indah sembari bersantai ria dan bercengkrama bersama keluarga.

8. Taman Satria

Wisata alam di Purwokerto selanjutnya yang dapat Anda incar adalah Taman Satria di Daerah Berkoh. Objek wisata alam ini berupa taman kota Satria yang berasal dari singkatan Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan Aman.

Taman Satria terletak di lokasi strategis di tengah kota Purwokerto bagian selatan yang menampilkan pemandangan menyejukkan mata. Destinasi wisata ini menjadi pilihan terbaik bagi warga Purwokerto untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Selayaknya tempat wisata umum lainnya, Taman Satria juga memiliki fasilitas untuk bermain anak-anak, seperti perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit. Wisatawan bisa berkunjung ke Taman Satria secara gratis karena tidak ada tiket masuk.

9. Wisata Alam Goa Sarabadak

Bagi Anda yang sedang mencari wisata alam di Purwokerto di Pancuran Pitu, Lokawisata Baturraden, maka Goa Sarabadak merupakan destinasi terbaik. Goa Sarabadak merupakan objek wisata alam yang terkenal dan Instagramable.

Tempat wisata tersebut menawarkan pemandangan eksotis serta bentuknya yang mampu menarik perhatian pengunjung. Pemandangan alam dengan perpaduan warna batuan berselimut lumut membuat gua ini semakin indah di mata.

Hal menarik lain dari Goa Sarabadak adalah pengunjung bisa masuk tanpa perlu membayar biaya tiket sepeserpun. Akan tetapi, tempat wisata ini memiliki pintu masuk yang kecil dan susah untuk terjangkau, sehingga belum terlalu terkenal.

10. Bendungan Gerak Serayu

Bendungan Gerak Serayu merupakan objek wisata alam di Purwokerto berupa danau buatan dengan pemandangan yang sangat indah. Destinasi liburan yang berlokasi di daerah Gambarsari, Kebasen, Purwokerto ini merupakan tempat pertemuan dari delta sungai Serayu dan Logawa.

Anda bisa masuk ke tempat wisata ini secara gratis untuk menikmati kesejukan pemandangan alamnya. Bendungan Gerak Serayu ini sebenarnya merupakan sarana irigasi untuk persawahan hingga Kabupaten Banyumas, tetapi bisa menjadi tempat wisata terbaik.

11. Kebun Raya Baturraden Wisata Alam di Purwokerto Paling Favorit

wisata alam di Purwokerto
(sumber gambar : idnexplore.com)

Satu lagi rekomendasi wisata alam di Purwokerto Kebun Raya Baturraden yang berada di Jalan Pancuran Tujuh Wana Wisata, Kemutug Lor. Pengunjung Kebun Raya Baturraden bisa melihat pemandangan berbagai jenis tanaman yang indah.

Anda bisa melihat berbagai jenis koleksi bunga liliana, anggrek, dan lili yang sangat cantik. Kebun Raya Baturraden cocok menjadi destinasi liburan bersama keluarga karena memiliki fasilitas permainan anak yang terbilang sangat lengkap.

Kebun Raya Baturraden juga menyediakan banyak spot foto menarik yang Instagramable untuk mengabadikan momen. Biaya tiket masuk ke objek wisata ini terbilang sangat terjangkau, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja per orang.

Berdasarkan referensi tersebut, manakah wisata alam di Purwokerto yang ingin Anda pilih? Mengunjungi objek wisata alam merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan penat sekaligus menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.