Rekomendasi Wisata Banjarnegara yang Lagi Hits, Apa Aja Ya?

oleh -61 views
wisata banjarnegara yang lagi hits

Banjarnegara adalah salah satu daerah yang punya banyak destinasi wisata yang menarik. Anda bisa menghabiskan waktu liburan disini dan tidak akan merasa bosan. Apalagi saat ini ada banyak sekali wisata Banjarnegara yang lagi hits. Lalu, apa saja rekomendasi wisata itu? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

9 Wisata Banjarnegara yang Lagi Hits

Sebagai referensi liburan, inilah beberapa destinasi wisata yang sedang hits dan booming di Banjarnegara:

1. Surya Yudha Park

wisata banjarnegara yang lagi hits
(sumber gambar: tiket.com)

Liburan sambil bermain air memang sangat menyenangkan, apalagi kalau ada banyak wahana air yang seru dan menyenangkan. Nah, saat ke Banjarnegara Anda juga bisa merasakan liburan seperti itu dengan berkunjung ke Surya Yudha Park. Ini merupakan taman hiburan air yang menyediakan banyak permainan menyenangkan.

Pertama, Anda bisa berenang di area waterboom nya yang memiliki banyak kolam renang. Tidak hanya satu, ada beberapa opsi kolam dengan persotoan dan berbagai permainannya. Kedua, ada juga wisata outbond yang bisa Anda gunakan untuk bermain bersama. Selain itu, masih ada juga arena untuk olahraga, rafting, sampai dengan hotel. Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, yaitu Rp 25.000 saja per orangnya.

Lokasi: Jalan Raya Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

2. Kawah Candradimuka

Wisata selanjutnya yang sedang booming di Banjarnegara adalah Kawah Candradimuka. Banyak masyarakat sekitar yang percaya bahwa kawah ini adalah tempat Gatot Kaca pertama kali mendapatkan kekuatan saktinya. Tidak heran jika selalu banyak pengunjung yang ingin menikmati keindahan sekaligus melihat seperti apa tempat legendaris ini.

Apalagi kawah ini juga buka selama 24 jam dan pemandangannya sangat indah. Anda bisa melihat tebing-tebing hijau dan pepohonan yang sangat asri. Suasananya juga sangat sejuk dan alami. Harga tiket masuknya juga sangat murah, yaitu Rp 5.000 saja per orangnya.

Lokasi: Jalan Sidomulyo, Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

3. Museum Kailasa Dieng

Jika Anda sedang mencari destinasi liburan yang juga edukatif, maka Museum Kailasa Dieng bisa jadi opsi terbaik. Memang museum ini masih tergolong baru, tapi koleksi benda bersejarahnya sudah cukup banyak. Disini Anda bisa melihat banyak sekali benda sejarah seperti artefak, arca, arkeologis, dan lain sebagainya. Sangat cocok untuk wisata sekaligus tempat belajar bagi anak-anak. Apalagi tiketnya juga sangat murah, yaitu Rp 5.000 saja per orangnya.

Lokasi: Jalan Karangsari, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

4. Anglir Mendung

Wisata Banjarnegara yang lagi hits selanjutnya adalah Anglir Mendung yang merupakan sebuah kolam renang. Karena berlokasi di tengah hutan lindung, suasana wisata ini sangatlah sejuk, teduh, dan juga sangat asri. Benar-benar tempat liburan yang sangat dekat dengan alam. Cocok untuk Anda yang mencari destinasi berlibur tapi juga bisa memberikan ketenangan dan melepas lelah dari aktivitas kesibukan.

Tidak hanya kolam renang, tersedia juga taman bermain yang bisa anak-anak gunakan. Jika Anda ingin lebih lama menikmati suasana di sini, ada bumi perkemahan yang cukup luas. Anda bisa berkemah dengan menyewa spot di perkemahan tersebut. Untuk masuk ke wisata ini Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja per orangnya.

Akan tetapi, karena masih sangat alami, track untuk bisa kesini memang sedikit menantang dan membutuhkan tenaga lebih. Jadi sebaiknya bawalah perlengkapan yang memadai dan kondisi badan yang prima agar perjalanan bisa nyaman dan aman.

Lokasi: Jalan Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah.

5. Arung Jeram Sungai Serayu

wisata banjarnegara yang lagi hits
(sumber gambar: klikdieng.com)

Jika Anda adalah penyuka wisata dengan tingkat tantangan yang tinggi, arung jeram Sungai Serayu bisa jadi pilihan yang pas. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Desa Radengan dan menggunakan arus Sungai Serayu yang memang sangat deras. Selain itu, sungai ini juga punya aliran yang berkelok-kelok sehingga sangat cocok menjadi objek arung jeram.

Sepanjang aliran Anda juga bisa melihat banyak batu-batu besar yang memecah aliran air. Suaranya juga senantiasa bergemuruh dan membuat andrenalin bisa senantiasa terpacu saat Anda bermain rafting di sungai ini. Ketika Anda naik arung jeram, pemandangan area sekitar juga sangat indah karena banyak sekali pepohonan hijau dan juga rimbun.

Soal safety atau keamanan Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada pemandu berpengalaman yang akan menemani dan memastikan keamanan Anda sudah terpenuhi. Dari segi peralatan pun sudah lengkap sehingga Anda tinggal berarung jeram saja tanpa khawatir. Untuk bisa mencoba wahana ini, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 200.000 per orangnya.

Lokasi: Jalan Desa Randengan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Curug Sikopel

Wisata Banjarnegara yang lagi hits selanjutnya adalah Curug Sikopel. Curug merupakan sebutan lain dari air terjun. Jadi, ketika pergi ke Curug Sikopel Anda akan melihat sebuah air terjun yang sangat indah meski tidak terlalu tinggi dan besar. Selain itu, aliran airnya juga deras sehingga bisa sangat menyegarkan ketika Anda berada di bawahnya menunggu terkena siraman air tersebut.

Selain air terjun yang indah, panorama alam sekeliling curug ini pun sangat indah. Anda bisa melihat pepohonan yang sangat rindang dan juga hijau. Kontras dengan langit biru, putihnya arus air, dan batu-batu, Anda dibuat takjub dengan pemandangan disini. Ada mitos yang menyebutkan kalau Anda bisa awet muda jika Anda mandi disini. Untuk masuk ke wisata ini, harga tiketnya juga sangat murah meriah hanya Rp 2.000 saja.

Lokasi: Jalan Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

7. Gunung Lanang

Dari puncak gunung ini, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat luar biasa. Dimana ada hamparan hijau hutan dan sawah yang memanjakan mata. Bisa terlihat juga view keseluruhan Banjarnegara dari atas. Namun untuk bisa melihatnya Anda harus naik dulu ke punck dan harus mendaki lebih dulu.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir meskipun harus mendaki. Karena jalurnya sendiri tidak terlalu terjal dan sulit. Akan sangat disarankan untuk berangkat pagi agar tidak siang hari terik mendakinya. Salah satu hal yang sering pengunjung lakukan adalah menunggu waktu sore lebih dulu di puncak. Tujuannya tentu agar bisa melihat keindahan sunset atau matahari terbenam nantinya.

Disini Anda bisa menghabiskan waktu dengan berfoto-foto dan menikmati semilir angin dan pemandangan. Dijamin sangat healing dan membuat rasa lelah dan letih hilang. Apalagi untuk bisa masuk ke wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja per orangnya.

Lokasi: Jalan Wiradrana, Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

8. Kawah Sikidang Dieng

Sampa saat ini kawah Sikidang Dieng masih menjadi salah satu destinasi wisata yang lagi hits di Banjarnegara. Tidak heran kalau Anda bisa berjumpa dengan banyak pengunjung lainnya setiap kali datang kesini. Apalagi lokasinya juga sangat mudah untuk Anda akses dan pemandangannya juga luar biasa. Jika Anda kesini dan kebetulan sedang mendung, maka kawah akan berubah menjadi lebih berkabut dan menambah keindahan sekitar.

Tapi memang perlu Anda ingat jika wisata ini hanya buka sampai sore hari saja. Anda juga dilarang untuk melewati garis batas dan hanya boleh melihat kawasan kawah dari jauh. Boleh mengambil foto tapi harus benar-benar hati-hati. Untuk masuk, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja per orangnya.

Lokasi: Jalan Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

9. Taman Serunglimas (Interactive Zoo)

Terakhir, Anda juga bisa pergi ke Taman Serulingmas yang selalu ramai oleh pengunjung. Wisata ini menawarkan area yang sangat luas dan ada banyak wahana yang bisa Anda lihat. Ada banyak satwa yang bisa Anda lihat dari jarak dekat. Jadi tidak hanya bisa berlibur saja, tetapi anak-anak juga bisa sekaligus mempelajari banyak jenis satwa disini.

Tidak hanya hari libur saja, tetapi hari biasa pun Anda bisa melihat area ini ramai oleh banyak pengunjung. Anda juga boleh untuk mengambil foto sehingga bisa menjadi kenang-kenangan yang memorable untuk anak-anak akan waktu liburan mereka. Untuk masuk ke taman ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 15.000 (Senin-Jum’at) dan Rp 20.000 (Minggu dan Tanggal Merah).

Lokasi: JM5P+QQC, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

Nah itulah beberapa wisata Banjarnegara yang lagi hits. Anda bisa berkunjung ke berbagai wisata tersebut ketika waktu libur tiba. Happy holiday!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.