4 Destinasi Wisata Baturaden Purwokerto Terbaru yang Hits

oleh -25 views
wisata baturaden purwokerto terbaru

Purwokerto tidak hanya terkenal dengan kulinernya saja, tetapi juga destinasi wisatanya. Anda bisa menjumpai banyak sekali tujuan liburan yang bagus dan juga menarik di daerah ini. Termasuk saat Anda ke Baturaden. Di tahun 2022 ini ada banyak wisata Baturaden Purwokerto terbaru yang sangat hits dan selalu ramai oleh pengunjung. Lalu, apa saja wisata itu? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

4 Destinasi Wisata Baturaden Purwokerto Terbaru

Baturaden Purwokerto adalah sebuah daerah wisata yang sudah terkenal bagi masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya. Destinasi ini berada di sebelah utara Kota Purwokerto dan tepatnya ada di lereng bagian selatan Gunung Slamet. Karena lokasinya yang ada di lereng gunung, tidak heran jika kawasan ini memiliki hawa yang sangat sejuk dan masih sangat asri.

Ini juga yang menyebabkan banyak wisata berdiri dengan keindahan alam yang luar biasa. Daerah ini juga selalu ramai oleh wisatawan dari Jawa Tengah atau luar daerah, khususnya saat libur panjang. Nah, Anda bisa menemukan beberapa wisata baru yang ada di daerah Baturaden, diantaranya adalah:

1. Massapi Cafe and Resto Baturaden

wisata baturaden purwokerto terbaru
(sumber gambar: blogopsi.com)

Jika Anda adalah penggemar wisata kuliner, maka berkunjung ke Massapi Cafe and Resto Baturaden bisa menjadi opsi tepat untuk mengisi liburan. Bukan hanya sekedar tempat makan, cafe dan resto ini menawarkan banyak sekali pilihan kuliner yang lezat dan unik. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus bersantai dan menghabiskan waktu dengan melihat keindahan pemandangan alam di Baturaden.

Wisata ini sendiri terbilang baru karena baru saja dibuka pada 22 Agustus 2021 lalu. Akan tetapi, resto ini langsung berhasil menarik perhatian karena makanannya yang enak dan daya tarik tempatnya yang cocok untuk berlibur. Anda pun bisa mengunjungi resto ini mulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB setiap harinya.

Ada banyak sekali pilihan menu kuliner yang bisa Anda coba. Mulai dari makanan ringan atau camilan, makanan pembuka, makanan penutup, makanan berat, hingga aneka minuman. Harganya pun sangat bervariasi dan masih sangat ramah di kantong, yaitu sekitar Rp 10.000 sampai Rp 60.000 saja. Anda pun bisa memilih untuk duduk di tempat indoor ataupun outdoor.

Jika ingin kesini, sangat direkomendasikan untuk datang pada waktu sore atau menuju malam hari. Pasalnya, Anda bisa melihat pemandangan city light yang sangat menakjubkan dari cafe dan resto ini. Siang hari pun bisa dan Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan karena suasananya sangat sejuk dan cenderung teduh, khas daerah Baturaden. Sangat cocok untuk melepaskan penat sembari menikmati sajian kuliner yang enak.

Lokasi: Daerah Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Pasar Pinggir Alas Baturaden

Wisata Baturaden Purwokerto selanjutnya adalah Pasar Pinggir Alasa Baturaden yang buka pada tahun 2019 silam. Meski sudah hampir 3 tahun, tapi destinasi yang satu ini masih sangat ramai oleh pengunjung dan selalu jadi salah satu tujuan liburan yang hits. Disini Anda akan menemukan sebuah wisata kuliner yang menyajikan menu-menu desa khas Purwokerto.

Jadi memang setiap penjual yang ada akan menyajikan menu tradisional yang bisa Anda cicipi dengan harga yang sangat terjangkau. Saat pertama kali masuk, Anda harus menukarkan uang tunai dengan kepingan yang terbuat dari batok kelapa. Kepingannya juga memiliki harga yang bermacam-macam ada yang bernilai Rp 2.000 ada juga yang Rp 5.000. Jadi jika ingin membeli apapun di pasar ini, Anda harus menggunakan kepingan ini sebagai ganti uang asli.

Saat kesini jangan kaget dengan banyaknya pengunjung karena memang selalu ramai oleh wisatawan. Hanya saja memang pasar ini tidak buka setiap hari. Anda hanya bisa mengunjungi pasar alas pada tiap hari Sabtu dan Minggu serta saat hari libur nasional atau tanggal merah. Buka pukul 06.00 pagi sampai 13.00 WIB siang.

Lokasi: Jalan Raya Baturaden Barat Karangtengah, Dusun II, Kebumen, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

3. Kolam Renang GWK (Gallery Water Karangmangu) Baturaden

wisata baturaden purwokerto terbaru
(sumber gambar: tiketmasukwisata.com)

Wisata Baturaden Purwokerto terbaru selanjutnya adalah kolam renang GWK Baturaden. Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan dan bermain air. Bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya wisata kolam renang ini juga pasti sudah cukup populer mengingat peresmiannya diadkan pada tahun 2019 lalu. Sampai saat ini, GWK Baturaden masih jadi salah satu tujuan liburan yang hits di Purwokerto.

Di tempat ini ada 3 (tiga) kolam renang yang bisa Anda gunakan dengan kedalaman yang berbeda. Selain itu, ada juga fasilitas penunjang lain seperti wahana main air roller coaster, perosotan, ayunan, gazebo untuk tempat bersantai, kolam renang mini, spot foto yang bagus, dan lain sebagainya. Fasilitas lain seperti musholla, kamar mandi, dan warung makan yang berjejer di sekitar area GWK juga bisa Anda temukan dengan mudah.

Bahkan tersedia juga persewaan tikar bagi para pengunjung yang kebetulan tidak membawanya. Jika ingin bermalam ada juga tempat camping atau berkemah yang bisa Anda nikmati dengan keluarga. GWK Baturaden sendiri buka setiap hari termasuk hari libur tanggal merah.

Anda bisa datang ke sini mulai pukul 08.30 sampai 17.00 WIB. Harga tiketnya juga masih tergolong terjangkau, yaitu:

  • Rp 20.000 untuk hari biasa (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat)
  • Rp 25.000 untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional

Lokasi: Jalan Raya Baturaden Km. 10, Karang Mangsu, Dusun III, Karangtengah, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Caping Park (Taman Langit)

Meski peresmiannya terjadi di tahun 2018 lalu, tapi sampai saat ini Caping Park tetap menjadi salah satu destinasi yang hits di Purwokert. Caping Park merupakan sebuah taman yang memiliki banyak koleksi bunga yang indah. Tidak hanya taman bunga, Anda pun bisa menemukan teater outdoor, taman bermain, kafe, bahkan kebun binatang mini di tempat ini. Salah satu keunggulan utama dari Caping Park adalah adanya jembatan kaca.

Jembatan inilah yang membuatnya mendapatkan julukan sebagai Taman Langit. Bukan sekedar jembatan kaca biasa, panjang dari jembatan ini adalah sepanjang 9 meter yang membuat Anda bisa berfoto dengan background tanaman bunga yang sangat indah. Tidak heran jika ini menjadi salah satu spot foto paling menarik bagi wisatawan yang datang kesini. Disini Anda tidak hanya bisa melihat keindahan tapi juga melepaskan penat.

Bagi anak-anak pun taman ini bisa jadi tempat liburan yang seru karena tidak hanya bermain, tetapi mereka juga bisa sambil belajar. Baik itu belajar tentang macam-macam bunga, ataupun hewan. Jadi tidak hanya bisa sebagai wisata yang asik tapi juga memiliki nilai edukatif. Caping Park sendiri buka setiap hari dan untuk harga tiketnya adalah sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa. Sementara untuk akhir pekan adalah sebesar Rp 25.000.

Lokasi: Jalan Raya Baturaden Barat KM. 8, Desa Kebumen, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Itulah informasi lengkap tentang 4 (empat) wisata Baturaden Purwokerto terbaru yang bisa Anda simak. Berbagai destinasi ini bisa menjadi tujuan liburan yang seru dan menyenangkan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Jadi, saat pergi ke Purwokerto jangan lupa untuk menyempatkan diri ke berbagai wisata ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.