Wisata Hutan Payau Cilacap: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

oleh -479 views
wisata hutan payau cilacap

Cilacap memang memiliki segudang destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Tidak hanya objek yang mainstream seperti pantai, gunung, dan laut, Anda juga bisa mengunjungi hutan. Ya, salah satu destinasi wisata yang bisa Anda pilih ketika berada di Cilacap adalah wisata hutan payau Cilacap.

Meski terdengar asing, namun berwisata di tempat ini nyatanya tetap bisa memberikan Anda pengalaman rekreasi yang menyenangkan lho. Lalu, seperti apa destinasi wisata tersebut? Dimana lokasi dan berapa harga tiketnya? Inilah ulasan selengkapnya untuk Anda.

Berkenalan dengan Hutan Payau

wisata hutan payau cilacap
(sumber gambar: idntimes.com)

Bagi warga Cilacap dan sekitarnya, wisata hutan payau jelas sudah tidak asing lagi bagi mereka. Hutan payau juga populer dengan sebutan lain yaitu hutan bakau dan hutan mangrove. Nama payau berasal dari fakta bahwa semua tumbuhan yang tumbuh di hutan ini menggunakan media tumbuh campuran air laut dan juga air tawar.

Seperti yang kita tahu, percampuran air laut yang asin dengan air tawar akan membuat sifat air menjadi payau. Sementara itu, sebutan hutan bakau berasal dari adanya keberadaan tanaman bakau atau Rhizophora sp. yang berjumlah sangat banyak di hutan ini. Panjang hutan bakau biasanya akan mengikuti panjang pesisir pantai maupun muara dari sebuah sungai.

Adanya hutan ini juga memberikan peranan dan manfaat penting untuk kehidupan manusia. Pasalnya, tanaman bakau atau mangrove akan sangat bermanfaat sebagai tempat hidup dari berbagai biota air seperti udang, ikan, dan hewan lainnya. Selama ada mangrove atau bakau, maka kehidupan biota-biota air bisa terjaga dengan maksimal.

Selain untuk biota air, keberadaan hutan mangrove juga sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat paling besar adalah untuk menahan gelombang air laut dan mencegah erosi. Akar bakau yang kuat bisa mencegah pengikisan daratan dan juga menjaga kualitas air tanah di daratan. Dengan manfaatnya yang besar, tentu sudah menjadi tugas manusia supaya hutan payau tetap senantiasa lestari.

Wisata Hutan Payau Cilacap: Lokasi dan Harga Tiketnya

Nah jika Anda ingin menikmati suasana wisata alam hutan payau, maka Cilacap menjadi daerah yang bisa Anda kunjungi. Pasalnya, sebagai kabupaten terluas di Jawa Tengah Cilacap memiliki destinasi wisata yang sangat beragam, salah satunya adalah hutan bakau. Wisata hutan payau Cilacap juga semakin populer sebagai tempat rekreasi bersama keluarga saat ini.

Hutan payau di Cilacap memiliki luas sekitar 10 hektar yang berisi berbagai tanaman mangrove diatas lahan rawa yang luas. Pengelola dari wisata ini adalah Perum Perhutani KPH Banyumas Barat yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap. Kedua pihak inilah yang bertanggung jawab atas pengelolaan wisata hutan payau. Pada tahun 2012, wisata hutan ini sempat mati suri dan mandeg dan terbengkalai.

Setelah mati suri, di tahun 2015 kondisi hutan payau menjadi jauhh lebih terawat dan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Jika Anda ingin mengunjungi hutan ini, silahkan simak beberapa informasi berikut terkait lokasi dan harga tiketnya:

1. Lokasi Wisata Hutan Payau Cilacap

Letak dari hutan bakau ini terbilang mudah untuk Anda jangkau. Wisata ini lokasi tepatnya adalah di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara. Jarak lokasinya kurang lebih 6 kilometer dari Terminal Bus Cilacap. Untuk menuju lokasi hutan, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja. Pasalnya, jumlah kendaraan umum yang bisa membawa ke hutan payau masih terbatas.

Lokasi hutan bakau juga sudah tercantum di aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps. Ini membuat rute menuju lokasinya terbilang mudah dan Anda hanya perlu mengikuti pentunjuk yang ada di peta saja. Jalanan menuju hutan payau juga sudah memiliki aspal jalan yang halus sehingga tidak sulit untuk ke lokasi ini.

Sesampainya di lokasi, Anda bisa melihat sebuah gapura selamat datang yang berukuran cukup besar. Selain itu tempat parkir untuk kendaraan juga terbilang luas. Anda yang membawa rombongan besar tidak perlu khawatir untuk mencari tempat parkir yang cukup. Dari awal masuk, Anda sudah bisa merasakan hawa yang teduh dan segar.

2. Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati rekreasi di wisata hutan payau Anda juga tidak butuh mengeluarkan biaya besar. Pasalnya harga tiket yang dipatok sangatlah murah sekali. Loket untuk membeli tiket akan berada pada sebelah kiri dari gapura utama. Harga tiket dewasa dan anak-anak adalah sebesar Rp. 11.500 per orangnya. Biaya ini terdiri dari akses masuk sebesar Rp. 5.000 dan juga biaya retribusi sebesar Rp. 6.500. Sementara untuk pengunjung yang membawa anak-anak usia dibawah 5 tahun, maka bisa masuk tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Baca Juga: 3 Cerita Unik dan Sejarah Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah

Daya Tarik Utama Wisata Hutan Mangrove di Cilacap

wisata hutan payau cilacap
(sumber gambar: visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Apabila Anda membayangkan hanya akan melihat tatanan tumbuhan bakau yang rimbun, maka salah besar. Sebab di lokasi ini masih ada daya tarik lain yang bisa Anda nikmati. Beberapa daya tarik tersebut adalah:

1. Menjelajah Teduhnya Hutan Bakau

Ketika berkunjung ke destinasi ini, Anda akan melihat ribuan jenis bakau yang tumbuh dengan subur dan sehat. Karena saking rimbunnya, Anda akan merasakan suasana yang sangat teduh dan adem. Untuk menikmati suasana, Anda bisa menyusuri walking track yang sudah tersedia.

Ketika berjalan-jalan, Anda bisa melihat rimbunnya bakau di bagian kanan dan kiri lokasi hutan payau ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat ada beberapa biota air yang biasanya muncul ke permukaan pada satu waktu. Misalnya saja biota kepiting sawah atau yuyu. Di bagian bawah pohon bakau juga sering menjadi tempat tinggal dari yuyu.

Sembari berkeliling, Anda juga sekaligus bisa merasakan semilir angin yang cukup kencang. Angin ini berasal dari segara anakan yang bermuara ke Samudera Hindia. Perpaduan pemandangan yang menyenangkan dengan semilir angin tentu membuat suasana berlibur menjadi sangat santai dan seru.

2. Berbagai Spot Foto yang Menarik dan Instagramable

Wisaya hutan payau juga menjadi salah satu destinasi yang memiliki banyak spot foto menarik. Meski memang beberapa diantaranya sudah berada dalam kondisi yang tidak terawat, namun jika Anda pandai mengambil gambar dan memilih angle, maka lokasi-lokasi ini tetap layak untuk Anda pertimbangkan sebagai spot foto yang estetik.

Beberapa pilihan spot yang sangat populer adalah rumah apung, dermaga cinta, saung-saung yang berada di pinggiran segara anakan, jembatan layang, jembatan gantar sewu, sampai dengan selfie deck. Jadi selain rekreasi Anda bisa menambah koleksi foto yang bagus ketika di sini.

3. Menikmati Senja di Sore Hari

Selain menghabiskan waktu di sini, Anda juga sekaligus bisa menunggu munculnya senja. Masyarakat sekitar pasti sudah tau jika hutan payau menjadi salah satu spot melihat senja yang indah. Wisata ini memang dibuka sampai pukul 17.00 WIB sore, sehingga memang suasana menjelang malam masih sempat Anda nikmati ketika berada di lokasi. Perpaduan dari jernihnya air laut dan semburat warna matahari yang jingga, tentu akan sangat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

4. Bersantai di Area Saung dan Naik Perahu

Di area hutan payau, Anda bisa melihat banyak saung kosong yang bisa menjadi tempat duduk dan berkumpul bersama rombongan. Sembari bersantai, Anda bisa membeli berbagai makanan dan minuman yang sudah ada penjualnya di sekitar lokasi wisata. Anda juga bisa membawa sendiri bekal dari rumah kemudian Anda nikmati disini. Suasana piknik tentu akan semakin menyenangkan, bukan?

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan naik perahu. Disini terdapat sebuah dermaga kecil dan beberapa perahu yang bisa pengunjung naiki. Di hari weekday, maka biasanya jumlah pengunjung yang antri akan sedikit. Hanya saja jika sudah memasuki weekend, maka lokasi wisata akan lebih ramai dengan pengunjung. Biasanya juga loket untuk dermaga ini seringkali tutup, jadi tergantung pada keberuntungan Anda ketika berkunjung kesini.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang destinasi wisata hutan payau Cilacap yang bisa Anda simak. Bagaimana, sangat menarik bukan destinasi yang satu ini? Dengan berbagai daya tarik yang ditawarkan, tentu hutan bakau ini wajib menjadi salah satu bucket list yang harus Anda kunjungi ketika pergi ke Cilacap. Tidak hanya menikmati suasana hutan yang sejuk, namun juga bisa merasakan rekreasi di wisata lingkungan yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.