7 Wisata Pantai di Cilacap yang Mempesona Wajib Dikunjungi

oleh -184 views
wisata pantai di cilacap

Jika Anda merupakan pecinta wisata pantai, maka Cilacap wajib masuk ke daftar destinasi liburan Anda. Pasalnya, Cilacap memiliki banyak sekali wisata pantai yang indah mempesona. Liburan Anda tentu bisa sangat berkesan dan seru jika berkunjung ke daerah ini. Lalu, apa saja rekomendasi wisata pantai di Cilacap itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ini 7 Wisata Pantai di Cilacap yang Indah

Apabila berlibur di Cilacap, inilah beberapa wisata pantai yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Teluk Penyu

wisata pantai di cilacap
(sumber gambar: pariwisataindonesia.id)

Salah satu destinasi pantai yang sangat populer di Cilacap adalah Teluk Penyu. Pantai ini menawarkan keindahan panorama khususnya matahari terbit atau sunrise yang sangat luar biasa. Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih datang ke pantai ini saat pagi hari. Selain menikmati pemandangan, ketika ke Teluk Penyu Anda juga bisa bermain air di sekitar pantai.

Sebab, pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup aman sebagai tempat bermain. Pasir putihnya juga terbilang halus dan tidak sakit untuk Anda mainkan. Bagi Anda yang ingin menginap, sudah ada banyak sekali penginapan di sekitar Pantai Teluk Penyu dengan variasi harga bisa disesuaikan dengan budget. Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7.500 saja per orang. Sangat murah bukan?

Lokasi: Pandanarang, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

2. Pantai Sodong

Rekomendasi wisata pantai di Cilacap selanjutnya yang menawarkan pemandangan mempesona adalah Pantai Sodong. Daya tarik utama dari pantai ini adalah pemandangannya yang indah ditambah dengan adanya pohon pinus yang tersebar di sekitar pantai. Pohon-pohon pinus inilah yang membuat suasana pantai menjadi lebih teduh dan sejuk.

Anda yang berkunjung ke pantai ini bisa menikmati pemandangan tersebut dengan duduk di gazebo yang atapnya menggunakan daun rumbia. Tidak disarankan untuk bermain air di pantai ini karena ombaknya yang tergolong cukup besar. Meski begitu, tetap ada daerah pantai yang memiliki ombak cukup tenang sehingga Anda bisa memilih tempat tersebut jika memang ingin bermain air.

Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan ketika di pantai ini. Mulai dari naik perahu, naik motor ATV, bahkan naik kuda. Bagi yang suka berfoto, tidak perlu khawatir karena ada banyak spot foto menarik dengan pemandangan bagus. Untuk masuk ke Pantai Sodong, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja.

Lokasi: Jalan Laut, Sawah, Ladang, Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

3. Pantai Kamulyan

Hampir sama dengan pantai Teluk Penyu, daya tarik utama dari pantai ini adalah pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah. Inilah yang membuat banyak wisatawan rela berangkat pagi demi bisa melihatnya indahnya sunrise di pantai in. Ketika menikmati pemandangan, Anda bisa sambil membeli kopi maupun makanan atau minuman hangat lain yang dijual disekitar panai.

Selain pemandangan matahari terbit, Pantai Kamulyan juga menawarkan panorama kapal yang sedang berlayar lalu lalang. Dari lokasi pantai ini, terlihat juga Pulau Nusakambangan yang terlihat indah dari kejauhan. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan jogging di jalur lari yang memang sudah tersedia.

Pasir pantai ini sendiri berwarna hitam sehingga terlihat sangat eksotis. Ombaknya juga tergolong besar, sehingga tidak terlalu aman untuk tempat bermain air. Untuk memasuki pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

Lokasi: Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

4. Pantai Widarapayung

wisata pantai di cilacap
(sumber gambar: travelspromo.com)

Bagi warga sekitar Cilacap pasti sudah tidak asing dengan nama pantai yang satu ini. Bukan tanpa alasan, daya tarik dari pantai ini adalah pasir hitamnya yang berkilau dan terlihat kontras dengan birunya air laut. Inilah yang membuat banyak wisatawan rela datang jauh-jauh demi melihat panorama indah tersebut.

Pantai Widarapayung juga terbilang memiliki lokasi yang cukup panjang. Pasalnya, pantai ini membentang dan termasuk dalam 3 desa sekaligus, yaitu Desa Kulon, Desa Widarapayung Wetan, dan Desa Sidayu. Jadi memang sangat panjang sekali garis pantainya. Pantai ini juga letaknya tidak jauh dari Gunung Standil, sehingga Anda yang ingin menikmati pemandangan gunung juga, bisa mengunjungi kedua destinasi ini sekaligus.

Di sekitar pantai, Anda juga bisa melihat banyak pohon yang tumbuh subur, seperti cemara maupun kelapa. Untuk menghabiskan waktu, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan mulai dari mencari kepiting, befoto, hingga menunggang kuda. Untuk masuk ke pantai ini Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja per orangnya.

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

5. Pantai Nusakambangan

Berbeda dari beberapa pantai lainnya, jika ingin pergi ke pantai ini maka Anda harus terlebih dahulu menaiki perahu dan menyebrang. Dari Teluk Penyu, Anda harus naik perahu nelayan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah sampai, Anda pun masih harus berjalan menyusuri jalanan berbatu dan setapak dengan pemandangan hutan yang masih asri.

Nantinya Anda juga melewati pemandangan Benteng pendem yang sangat indah dari kejauhan. Pemandangan yang tidak henti itulah yang menemani Anda sampai akhirnya tiba di Pantai Nusakambangan. Pasir pantainya berwarna putih dan halus, serta ombak lautnya tidak terlalu besar. Sangat cocok sebagai lokasi untuk bersantai bersama keluarga.

Di sekitar pantai ada kumpulan karang yang terlihat kokoh dan masih terjaga kualitasnya. Selain itu, jika Anda ingin membeli makanan atau minuman juga tidak perlu khawatir karena ada beberapa penjual yang menjajakan dagangan mereka. Untuk bisa memasuki area pantai ini Anda harus membayar biaya sebesar Rp. 7.500 per orangnya. Tentunya biaya ini masih harus ditambah dengan harga untuk menyewa perahu dari Teluk Penyu tadi ya!

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

6. Pantai Kali Kencana

Wisata pantai di Cilacap yang satu ini memang tidak mudah untuk Anda datangi. Pasalnya, memang pantai ini bagaikan sebuah surga yang tersembunyi dan terletak di Pulau Nusakambangan. Untu bisa menuju pantai ini Anda harus melewati rute yang cukup rumit berupa hutan dengan medan yang tidak mudah. Selain hutan, Anda juga harus menyebrangi sungai dan jalanan yang cukup licin.

Kurang lebih Anda harus berjalan selama kurang lebih 3 jam supaya bisa sampai di pantai ini. Akan tetapi, rasa lelah yang Anda rasakan nanti akan terbayar lunas dengan pemandangan Pantai Kali Kencana yang sangat indah. Suasananya masih sangat asri dan alami sekaligus sunyi.

Tidak heran jika banyak orang yang mengunjungi pantai ini untuk mencari ketenangan dan melepas penat dari bisingnya rutinitas sehari-hari. Untuk masuk ke area pantai Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, hanya cukup membayar sewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Nusakambangan. Jadi, biayanya bisa berbeda tergantung pada harga sewa perahu.

Lokasi: Pulau Nusakambangan (bagian Selatan), Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

7. Pantai Menganti

Wisata pantai di Cilacap lainnya yang patut Anda kunjungi adalah Pantai Menganti. Daya tarik pantai ini adalah keberadaan tebing yang berwarna hijau lumut dan terlihat sangat eksotis dan cantik. Selain pemandanganna yang indah, wisatawan juga akan dimanjakan dengan beberapa objek kunjungan lain ketika ke pantai ini.

Ada air terjun dan juga goa yang letaknya masih jadi satu dengan Pantai Menganti. Inilah yang membuat Anda bisa sekaligus mengunjung kedua objek wisata tersebut ketika ke pantai ini. Untuk masuk ke area pantai, Anda hanya cukup membayar tiket seharga Rp. 10.000 saja per orangnya. Sangat terjangkau bukan? Mengingat Anda juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya.

Lokasi: Jalan Lingkar Selatan, Kebonkelapa, Menganti, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Cilacap yang sayang untuk Anda lewatkan. Jangan lupa juga untuk membawa pulang oleh-oleh dari Cilacap yang khas dan unik. Mulai dari makanan tempe mendoan, lanting, rempeyek yutuk, sale pisang, maupun berbagai souvenir yang terbuat dari cangkang kerang. Berbagai buah tangan tersebut dijual dengan harga yang cukup bersahabat sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menguras kantong. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.