Resep Tahu Masak Banyumas yang Otentik dan Lezat, Yuk Simak!

oleh -315 views
resep tahu masak banyumas

Banyumas memiliki banyak sekali rekomendasi kuliner yang lezat dan menggugah selera. Salah satunya adalah tahu masak atau yang juga terkenal dengan nama Tahu Gecot. Resep tahu masak Banyumas sendiri sangat banyak yang mencari karena rasanya yang otentik dan khas dan kental dengan citarasa Banyumas. Jika Anda masih belum familiar dengan masakan ini, berikut resep lengkap yang bisa Anda ikuti.

Sekilas Tentang Tahu Gecot atau Tahu Masak

resep tahu masak banyumas
(sumber gambar: rri.co.id)

Bagi warga Banyumas, Tahu Gecot adalah hidangan yang sudah sangat dekat dengan keseharian mereka. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari kuliner khas Banyumas ini adalah tahu dan beberapa komponen pendukung lain. Rasanya sangat khas dan kaya dengan rempah-rempah.

Jika Anda lihat dari penampilannya, mungkin tahu masak Banyumas akan terlihat sangat mirip dengan kupat tahu Magelang. Karena memang keduanya memiliki kemiripan dari penampilannya. Ada ketupat, tahu, irisan kubis, tahu goreng, bumbu uleg, dan bawang goreng dalam sebuah piring dengan rasa yang sama-sama kaya rempahnya. Hanya saja, jika Anda coba cita rasa dari kedua hidangan ini teramat berbeda.

Resep tahu masak Banyumas menggunakan bumbu yang base nya adalah kaang dengan tambahan rempa kencur. Bumbu hidangan ini lebih mirip dengan pecel yang kental rasa kencurnya. Sementara itu, kupat tahu Magelang tidak menggunakan kencur untuk campuran bumbunya.

Dari segi bumbu dasarnya pun keduanya sangat berbeda. Dalam resep tahu masak Banyumas, Anda akan menemukan kacang goreng, bawang goreng, bawang putih, air asam, kencur, gula jawa, serta cabai rawit. Tapi, ada juga keunikan dari penggunaan bumbu ini karena harus tersusun dengan baik dan urut.

Urutan bumbu ini harus Anda patuhi ketika akan menguleg bumbunya. Mulai dari garam dahulu, bawang putih, kencur, cabe rawit, dan bawang goreng. Setelah itu, kacang goreng dan terakhir adalah campuran gula jawa dengan air asam dan juga kecap manis. Biasanya, masyarakat asli Banyumas masih menggunakan teknik urutan bumbu uleg dengan pakem seperti ini. Proses masaknya pun masih tradisional dengan kayu bakar agar lebih otentik.

Nama Gecot yang Punya Makna

Melansir dari laman Historia, nama Tahu Gecot adalah sebuah singkatan dari gagean kencot. Dalam bahasa Banyumas, arti dari ungkapan ini adalah cepat sudah lapar. Bisa dikatakan ini adalah ucapan yang sering masyarakat Banyumas utarakan ketika mereka memang sedang lapar.

Banyak masyarakat juga yang menyebut gecot dengan istilah kencot dengan logat Ngapak yang kental. Dengan singkatan ini, nama Tahu Gencor memiliki makna sebagai sebuah makanan yang sederhana dan mudah untuk dikonsumsi oleh kalangan rakyat kecil yang sedang kelaparan. Kemudahan ini terlihat dari bahan bakunya yang mudah Anda jumpai dan proses memasaknya yang tidak terlalu sulit.

Sementara itu, bagi orang luar Banyumas atau wisatawan yang sedang berkunjung, tahu gecot biasa juga mereka sebut sebagai Tahu Masak Banyumas. Anda sendiri bisa menemukan banyak penjual masakan ini dipinggir jalanan Banyumas dengan mudah. Terutama di saat sore hari sampai dengan malam hari, karena memang hidangan tahu masak sangat cocok untuk kudapa sore dan malam.

Harganya pun terbilang terjangkau, bahkan ada juga yang masih menjual hidangan ini sebesar Rp. 5.000 saja per porsinya. Dengan menggunakan resep yang otentik, Anda bisa merasakan cita rasa asli Banyumas yang lezat dan kaya dengan rempah bumbu.

Resep Tahu Masak Banyumas yang Otentik

resep tahu masak banyumas
(sumber gambar: shop.tokotalk.com)

Karena bahan bakunya yang sederhana dan mudah Anda temukan, Anda pun bisa memasak hidangan tahu masak sendiri di rumah. Bahkan bahan bakunya juga terbilang murah meriah, sehingga siapa saja bisa memasak hidangan ini. Waktu yang Anda butuhkan untuk memasak tahu gecot adalah sekitar 30 menit dengan tingkat kesulitan yang mudah.

Inilah resep tahu masak Banyumas selengkapnya untuk 2 (dua) porsi masak:

1. Bahan-bahan Isian Tahu Masak

Langkah pertama, silakan siapkan dahulu berbagai bahan utama dari hidangan ini. Diantaranya adalah:

  • 4 buah tahu (200 gram), goreng dulu setengah matang dan potong dadu, sisihkan
  • 2 buah ketupat atau lontong
  • 2 lembar kubis, iris tipis atau kasar (pilih sesuai selera)
  • tauge (banyaknya sesuaikan saja dengan selera), kemudian rendam air panas, tiriskan, dan sisihkan terlebih dahulu

2. Bahan Kuah Tahu Masak

Setelah bahan isian selesai Anda siapkan, lanjutkan dengan menyiapkan bahan untuk kuah tahu gecot. Inilah beberapa bahan tersebut:

  • 70 gram gula merah, sisir
  • 500 ml air
  • 2 cm laos, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3/4 sdt garam
  • 4 sdm air asam jawa
  • 1 batang sereh, memarkan

3. Bahan Bumbu Kacang

Resep tahu masak Banyumas juga tidak bisa Anda pisahkan dengan bumbu kacang. Untuk itu, Anda juga perlu menyiapkan bumbu tersebut. Inilah beberapa bahan yang harus Anda siapkan:

  • 3 buah cabai rawit merah (jika suka pedas, bisa Anda tambahkan sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 6 sdm kacang tanah goreng

4. Bahan Pelengkap

Terakhir, setelah semua bahan sebelumnya selesai Anda juga harus menyiapkan bahan pelengkap. Tujuannya agar hidangan tahu masak bisa lebih lezat dan otentik khas Banyumas. Inilah beberapa bahan tersebut:

  • Kerupuk
  • Bawang merah goreng
  • Kecap manis

5. Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah Anda siapkan, maka kini masuk ke cara memasak. Inilah langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Pertama, buat dahulu bumbu kacang tahu masak dengan menguleg semua bahan bumbu kacang. Saat menguleg, teksturnya bisa Anda sesuaikan dengan selera. Jika Anda suka dengan bumbu yang masih bertekstur, maka jangan terlalu halus saat mengulegnya. Jika ingin bumbu yang halus, maka tinggal lanjutkan saja menguleg sampai tidak ada butiran kacang yang masih kasar
  2. Setelah bumbu kacang selesai, lanjutkan dengan merebus semua bahan kuah tahu masak sampai mendidih. Jika sudah muncul aroma rempah yang kaya, silahkan matikan api
  3. Apabila bumbu kacang dan kuah sudah selesai, silakan lanjut pada proses penyajian
  4. Masukkan bumbu kacang ke tiap piring saji dan tambahkan 1 sendok sayur kuah yang sudah matang kemudian aduk rata. Jika sudah bercampur rata, silakan mulai tata isian tahu masak
  5. Masukkan semua bahan isi seperti ketupat atau lontong, irisan kubis, tahu goreng yang sudah Anda potong dadu, dan tauge
  6. Jika sudah tersusun semua, silakan lengkapi dengan bawang goreng dan remahan kerupuk yang sudah Anda siapkan
  7. Untuk sentuhan terakhir, silahkan tuangkan sedikit kecap manis
  8. Selesai! Tahu masak khas Banyumas pun sudah selesai Anda buat.

Untuk memasak resep ini, Anda bisa menggunakan kompor biasa. Namun, jika ingin rasa yang lebih otentik, silakan gunakan kayu bakar saat menggoreng tahu dan membuat kuah tahu masak. Sebab, aroma kayu inilah yang membuat rasa tahu gecot menjadi sangat khas dan otentik.

Demikianlah resep tahu masak Banyumas yang bisa Anda coba di rumah. Sangat mudah bukan? Selain bahan yang sederhana dan terjangkau, cara membuatnya pun sangat simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.