Cara Komunikasi dengan Orang Baru

by -68 views

Cara Komunikasi dengan Orang Baru – Hidup sebagai makhluk sosial seperti yang kita ketahui bersama, tentu tidak akan pernah terlepas dari yang namanya komunikasi. Setiap orang pasti memiliki masalah komunikasi yang berbeda-beda, namun suasana akward atau kikuk ketika bertemu orang baru sepertinya merupakan tantangan bagi semua orang ya.

Karena pasti ada saja rasa canggung pada diri kita ketika hendak memulai suatu komunikasi, nah untuk mengatasi hal tersebut yuk kit acari tahu bersama bagaimana cara komunikasi dengan orang baru agar terjalin dengan baik dan luwes. Check This Out!

Cara Komunikasi dengan Orang Baru

Memulai obrolan atau percakapan dengan orang baru yang belum kita kenal merupakan suatu tantangan baru yang terlihat menyenangkan, menarik akan tetapi juga berisiko. Hal tersebut karena kita sendiri belum mengetahui respon seperti apa yang akan kita dapatkan nantinya, nah oleh karena itu untuk berhasil mendapatkan feedback yang baik dari lawan bicara kita harus mengetahui tips dan tricknya.

Berikut adalah berbagai masalah-masalah yang dikhawatirkan oleh kita ketika hendak mencoba berkomunikasi dengan orang baru :

  • Sobat tidak tahu apa yang harus dikatakan ketika mendekati seseorang
  • Sobat terlihat gugup ketika bertemu dengan sebagian orang pertama kali
  • Sobat menjadi terdiam serta terlihat tidak nyaman dengan suasana
  • Beberapa orang akan berfikir kalua sobat menyukai mereka
  • Ketika sobat berhasil memulai percakapan dengan lancar, lalu tiba-tiba terdiam dan tidak tahu apalagi yang harus dikatakan. Pada akhirnya suasana menjadi sunyi dan tidak nyaman
  • Pikiran sobat yang mengatakan bahwa hal tersebut terlalu sulit, sehingga lebih baik melakukan hal lain saja
  • Sobat terlalu memaksa orang untuk masuk dalam pembicaraan

Dari permasalahn yang dikhawatirkan diatas, hal tersebut bisa sobat atasi dengan beberapa cara komunikasi dengan orang baru berikut :

1.Siapkan bahan obrolan

Apabila pertemuan dengan orang baru tersebut direncanakan oleh sobat, maka tidak adanya bagi sobat untuk mempersiapkan obrolan terlebih dahulu. Dengan adanya persiapan tentunya juga akan membuat sobat lebih santai ketika berkenalan nanti.

2.Rileks

Suasana akward atau rasa canggung yang terjadi ketika berkenalan sebenarnya merupakan efek dari ketegangan yang dirasakan dalam diri kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menanamkan dalam pikiran kita bahwa kita akan bertemu dengan orang yang menyenangkan.

3.Bercandalah secara natural

Humor sebenarnya dapat menjadi sebuah solusi untuk memecahkan suasana yang canggung. Namun candaan yang berlebih pada orang yang baru saja kita kenal juga menimbulkan kesan yang freak, apalagi jika candaan tersebut kurang masuk oleh lawan bicara kita. Jadi usahakan humor yang dilontarkan oleh sobat tidaklah berlebihan ya.

4.Jangan bermain ponsel

Bermain ponsel ketika berbicara dengan orang baru pada pertemuan pertama akan membuat situasi lebih buruk. Mungkin bagi sebagian orang akan berfikir, bukankah ponsel bisa menjadi tameng? Sebenarnya hal tersebut tidak salah, namun keadaan tersebut juga tidak akan menghilangkan kecanggungan yang ada. Justru malah membuat keadaan menjadi lebih kaku. Jadi letakan ponsel sobat terlebih dahulu, agar bisa membangun suasana yang nyaman melalui obrolan-obrolan sefrekunsi.

Cara Melatih Kepercayaan Diri Berbicara dengan Orang Lain

Rasa percaya diri merupakan hal yang bisa dilatih agar terus berkembang, jadi bukan perihal nasib atau kodrat ya sobat. Nah berikut ini beberapa cara melatih kepercayaan diri ketika berbicara dengan orang lain, di antaranya adalah :

1.Latihan Berbicara di depan cermin

Berbicara sendiri merupakan salah satu langkah awal untuk melatih bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain, karena melalui self talk dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri sobat.

Anggaplah seseorang yang berada dalam cermin tersebut adalah teman sendiri, dan mulailah berbicara dengan jelas jangan terburu-buru, jangan lupa untuk memperhatikan mimik wajah sobat sendiri.

2.Yakin bahwa kita bisa

Yakinkan pada diri kita sendiri bahwa kita bisa melakukanya, jangan gugup. Karena dengan sikap tenang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri kita. Sobat bisa menganggap lawan bicara kita adalah teman, saudara kandung, atau orang yang sering mengobrol dengan kita.

3.Jangan takut salah

Kita harus bisa menghilangkan rasa minder yang ada pada diri kita untuk berbicara dengan orang lain karena takut salah. Selalu ingat dalam diri kita bahwa salah itu wajar, seorang pembawa acara yang sudah professional saja pasti pernah salah bicara. Yang terpenting adalah sampaikan maksud pembicaraan kita secara baik dan jelas.

Baca juga : https://cilacap.org/cara-komunikasi-yang-baik-dengan-pasangan/

Penutup

Nah jadi itu dia beberapa Cara Komunikasi dengan Orang Baru agar tidak awkard dan canggung. Tips-tips di atas bisa sobat coba praktekan ketika bertemu dengan orang baru, baik itu direncanakan atau tidak. Semoga tips-tips diatas bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semua ya untuk menjalin komunikasi yang lebih baik 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.