Pantai di Nusakambangan

by -462 views

Pantai di Nusakambangan – Ingin berlibur ke pantai di Cilacap yang berpasir putih? Nusakambangan jawaban yang tepat! Yapp mungkin bagi sebagian orang hanya tau kalau Cilacap merupakan kota yang kaya dengan pantainya yang indah-indah. Namun perlu sobat ketahui, apabila sobat ingin berwisata ke pantai tapi dengan pasir yang putih maka sobat harus menaiki perahu terlebih dahulu dari Dermaga dan menuju Nusakambangan. Sesampainya disana sobat akan dimanjakan dengan beberapa pantai dengan view yang luar biasa indah, lantas pantai di Nusakambangan ada apa saja ya? nah kali inni admin akan membahas tentang pantai yang ada di Nusakambangan yang harus sobat coba. Yuk kita simak!

Apa itu Nusakambangan?

Sebelum kita membahas terkait pantai di Nusakambangan, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu Nusakambangan itu sendiri. Karena sebagian orang mungkin sering mendengar “Nusakambangan”, tapi mereka tidak tahu nusakambangan itu sebenarnya apa? Hmm lucu juga ya, baiklah langsung saja. Jadi Nusakambangan merupakan sebuah pulau yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah Kabupaten Cilacap. Nusakambangan ini lebih dikenal oleh kebanyakan orang sebagai sebuah tempat terletaknya Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dengan keamanan yang tinggi di Indonesia. Memang benar faktanya, seringkali para narapidana yang divonis hukuman mati di eksekusi di Nusakambangan. Jadi menurut informasi, yang tinggal di ipulau Nusakambangan itu hanya para Narapidana, pegawai Lapas beserta Keluarganya yang berada di bawah pengawasan Kementrian Kehakiman dan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Jadi tidak semua orag bisa sembarangan masuk wilayah lapas tersebut.

Pantai di Nusakambangan

1. Pantai Kalipat

instagram.com/miftahojab_/

Pantai Kalipat berlokasi di Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Cilacap. Bagi sobat yang ingin mengunjungi pantai Kalipat ini sobat harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan perahu dari Dermaga Sleko menuju pulau Nusakambangan. Waktu tempuh sobat menggunakan perahu yaitu kurang lebih 1 jam, sembari menunggu perahu sampai ke Nusakambangan sobat bisa menikmati suasana angin yang syahdu di atas perahu sembari berswafoto jadi dijamin sobat tidak akan bosan selama perjalanan. Tapi jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan diri ya sobat.

Layaknya destinasi lain di pulau Nusakambangan, pantai Kalipat ini belum menerapkan tarif. Sobat hanya perlu menyiapkan biaya untuk meyebrang perahu saja, apabila sobat mengunjungi pantai ini jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan outfit terbaik sobat ya untuk memaksimalkan foto sobat dengan view pantai yang super indah ini 😊

2. Pantai Karangpandan

Pantai karangpandan berada dibagian ujung timur dari pulau Nusakambangan, seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya untuk menuju ke pantai karangpandan ini sobat harus menyebrang terlebih dahulu dari dermaga Teluk Penyu Cilacap hingga menuju Dermaga Nusakambangan. Tidak hanya sampai disitu saja, setelah turun dari perahu sobat masih harus menempuh perjalanan dengan memilih hendak berjalan atau menaiki odong-odong. Jika sobat memilih untuk berjalan kaki maka kurang lebih waktu yang dibutuhkan adalah 30 menit. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, sobat tidak perlu khawatir akan bosan dalam perjalanan. Karena asepanjang perjalanan sobat akan di suguhkan dengan pemandangan benteng bersejarah peninggalan Belanda, namanya juga benteng zaman dahulu maka terlihat seperti tidak terawat bangunanya.

Setelah melewati perjalanan yang terbilang agak lama, rasa lelah sobat akan terbayar dengan view pantai Karangpandan yang memanjakan mata sobat.

3. Pantai Kalikencana

instagram.com/aji_pras21/

Pantai Kalikencana berada di bagian selatan pulau Nusakambangan, menurut admin pantai ini seperti hidden game nya pantai di Cilacap. Karena dengan perjalanan yang harus ditempuh selama 3 jam setelah menaiki perahu, dengan medan hutan yang terbilang masih ekstrim, aliran sungai, goa jepang, dan suara hewan-hewan khas yang asri di dalam hutan namun setelah sampai sobat akan benar-benar dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Bayangkan saja seperti sobat menemukan pantai di balik sebuah hutan, ini keren banget sih wajib sobat datangi!

4. Pantai Permisan

instagram.com/arifslkhdn/

Pantai di Nusakambangan yang ke lima adalah Pantai Permisan, pantai ini dikenal sebagai pantai komando. Pantai Permisan memiliki warna pasir yang unik yaitu bergradasi putih dan hitam, tekstur pasir juga berbeda dengan pantai karangpandan. Pasir di pantai Permisan bertekstur agak kasar dan tercampur dengan serpihan batu-batu karang. Warna laut yang biru disertai ombak yang berdebur karena terbelah karang-karang besar menjadikan suasana dan pemandangan di pantai ini syahdu. Pasalnya pantai ini dikenal sebagai pantai komando karena terdapat sebuah bukit batu karang dengan sebuah monument pisau komando raksasa yang menghujam tepat diatasnya. Hal tersebut menjadi penanda bahwasanya pantai permisan ini digunakan tempat berlatih para prajurit TNI.

5. Pantai Karang Bolong

instagram.com/arie_ardie/

Pantai di Nusakambangan yang terahir sangat unik, pantai ini mempunyai lubang karang buatan manusia. Yap pantai ini merupakan bekas benteng di era belanda, tembok benteng ini dilubangi secara khusus untuk keluar masuk benteng. Pemandangan yang indah dari pantai ini cocok untuk dijadikan opsi berlibur sobat loh.

Baca juga : https://cilacap.org/wisata-pantai-di-cilacap-2/

Akhir Kata

Nah jadi itu dia beberapa pilihan pantai di Nusakambangan yang bisa dijadikan pilihan berwisata oleh sobat. Semoga informasi ini membantu sobat semua yaa! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.