Lapas di Nusakambangan

by -361 views

Lapas di Nusakambangan – Bagi sebagian orang mungkin sudah sering mendengar tentang nusakambangan dengan penjaranya yang mengerikan, disebut-sebut masuk dalam kategori lapas dengan keamanan yang tinggi di Indonesia, orang-orang menyebutnya nusakambangan ini sebagai tempat bagi para napi kelas kakap. Namun sobat sendiri sudah tahu belum, ada berapakah Lapas di Nusakambangan? Dan apa saja lapas yang ada di pulau Nusakambangan ini? Pada artikel kali ini admin akan membahas terkait Lapas di Nusakambangan, yuk kita simak untuk cari tahu lebih lengkapnya!

Nusakambangan?

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait Lapas di Nusakambangan, ada baiknya kita bahas tuntas terlebih dahulu terkait Nusakambangan itu sendiri. Nusakambangan merupakan salah satu pulau yang terletak di Provinsi Jawa Tengah lebih tepatnya masuk dalam Kabupaten Cilacap. Mungkin sebagian orang tahu pulau ini bukan karena Lapasnya, melainkan pantai-pantainya yang memang terkenal indah.

Baca juga : https://cilacap.org/pantai-di-nusakambangan/

Nusakambangan sering dijuluki sebagai “Alcatraz” nya Indonesia. Seperti yang sobat ketahui, bahwasanya Alcatraz sebelum ditutup dikenal sebagai penjara dengan tingkat keamanan yang paling tinggi di California, Amerika Serikat sehingga tidak pernah ada satupun narapidana yang berhasil meloloskan diri, penjara ini lah tempat menampung para napi yang berbahaya di Amerika. Seperti itu lah orang-orang menggambarkan Lapas Nusakambangan, memang benar faktanya Nusakambangan menjadi pusat eksekusi mati para narapidana tepatnya berada di Bukit Nirbaya. Orang-orang menyebut bagi para narapidana yang menginjakan kakinya di bukit nirbaya tersebut, maka mereka tidak akan pernah kembali dengan selamat. Jadi nama bukit nirbaya ini dianggap semacam  mimpi buruk oleh para narapidana di sana.

Apa itu Lapas?

Lapas yang merupakan kepanjangan dari Lembaga Pemasyarakatan merupakan lembaga atau tempat yang menjalani fungsi pembinaan terhadap Narapidana. Jadi perlu sobat ketahui sesuai dengan undang-undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan mempunyai tugas dan fungsi sebagai tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan yaitu dengan berdasarkan menganut asas : Pengayoman, Persamaan Perlakuan dan Pelayanan, Pendidikan. Yapsss!

Lapas di Nusakambangan

1. Lapas Pasir Putih

Lapas di Nusakambangan pertama yang akan kita bahas adalah Lapas Kelas II A Pasir Putih, Lapas ini merupakan satu-satunya lapas yang memiliki tingkatan super Maximum Security karena narapidana yang ada di lapas ini merupakan mereka yang mendapatkan hukuman mati sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih ketat. Tidak hanya ketat dalam unsur penjagaan SDM nya saja, dari segi bangunan lapas ini terbuat dari 3 lapis yaitu tembok beton dan dinding dari kawat baja yang amat sangat kuat. Lapas Pasir Putih ini mulai beroperasi pada tahun 2007 dengan kapasitas yang dimiliki yaitu 336 orang.

2. Lapas Terbuka

Apabila di artikan, lapas terbuka merupakan unit strategis dalam rangka mempersiapkan narapidana melaksanakan proses reintegrasi sosial. Jadi di Lapas Terbuka Nusakambangan ini di huni oleh mereka narapidana yang hanya sedang menunggu masa tahananya habis saja atau tersisan 1-3 bulan penjara lagi. Sehingga status penjagaan di lapas ini yaitu “minimum security” karena mereka menganggap narapidana yang ada disini tidak berbahaya. Kapasitas yang dimiliki oleh Lapas Terbuka Kelas II B Nusakambangan ini berjumlah 50 orang saja.

3. Lapas Permisan

Lapas Permisan merupakan kata yang diambil dari bahasa belanda “verdwijnen” yang berarti hilang. Konon berdasarkan sejarahnya, lapas ini merupakan sebuah lapas yang memiliki usia paling tua di pulau Nusakambangan, berdiri sejak tahun 1908 dengan kapasitas yang dimiliki berjumlah 221 orang inilah yang dulunya disebut pernah menjadi tempat pembantaian terhadap anggota PKI. Pasti sobat sudah tahu ya arti dari PKI? Yap PKI merupakan sebuah partai politik di Hindia Belanda atau yang sekarang di sebut Indonesia, PKI merupakan partai komunis non penguasa terbesar di dunia setelah uni soviet dan tiongkok yang dinyatakan sebagai partai terlarang setelah dihancurkan pada tahun 1965.

4. Lapas Kembang Kuning

Lapas di Nusakambangan yang keempat adalah lapas kembang kuning, berdiri sejak tahun 1950 dengan kapasitas yang dimiliki berjumlah 275 orang ini para napi menyebutnya sebagai lapas yang paling seram di Nusakambangan. Enatah kenapa alasanya julukan tersebut.

5. Lapas Batu

Lapas Batu merupakan lapas yang dibangun pada Tahun 1925 pada zaman penjajahan Belanda dengan kapasitas yang dimiliki sebanyak 114 orang,

6. Lapas Besi

Lapas ini di sebut sebagai lapas besi karena bangunan lapas yang sebagian besar terbuat dari material besi. Lapas yang didirikan pada Tahun 1929 ini memiliki kapasitas dengan jumlah 365 orang.

7. Lapas Narkotika

Lapas di Nusakambangan yang terakhir ini merupakan salah satu lapas yang paling baru. Di bangun pada tanggal 28 Maret 2008 dengan kapasitas yang dimiliki yaitu sebanyak 248 orang

Baca juga : https://cilacap.org/wisata-pantai-di-cilacap-2/

Akhir Kata

Bagaimana sobat apakah penjelasan di atas cukup menjadi gambaran bagi sobat semua terkait Nusakambangan serta lapas apa saja yang di Nusakambangan? Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua ya 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.